Comscore Tracker

5 Alasan Mobil Listrik Layak Dipertimbangkan, Hemat dan Bebas Polusi

Bisa mendukung kelestarian lingkungan, lho

Penggunaan mobil listrik saat ini sudah mulai masif digunakan di berbagai belahan dunia. Bahkan, di beberapa negara seperti Korea Selatan, mobil listrik sudah sangat populer.

Namun, tampaknya masyarakat di Indonesia masih berpikir dua kali untuk mengganti mobilnya ke mobil listrik. Padahal, mobil listrik punya sejumlah kelebihan dibandingkan dengan mobil konvensional. Berikut lima alasan kenapa kamu layak mempertimbangkan mobil listrik.

1. Hemat secara biaya

5 Alasan Mobil Listrik Layak Dipertimbangkan, Hemat dan Bebas Polusiilustrasi mengisi mobil listrik (pexels.com/@mikebirdy)

Jika membandingkan mengenai urusan otomotif, maka biasanya akan cenderung berfokus pada harga. Antara mobil biasa dan mobil listrik tentu memiliki pengeluarannya tersendiri.

Clean Choice Energy melansir, mobil listrik dalam berbagai survey sering diklaim memiliki harga yang jauh lebih hemat. Hal ini dapat dilihat dari biaya charge mobil listrik yang jauh lebih murah dibandingkan BBM konvensional. Selain itu, mobil listrik juga tak membutuhkan perawatan berlebih selayaknya mobil dengan BBM konvensional.

2. Ramah lingkungan

5 Alasan Mobil Listrik Layak Dipertimbangkan, Hemat dan Bebas Polusiilustrasi mobil (pexels.com/@mikebirdy)

Patut diakui bahwa memang keberadaan mobil listrik saat ini seolah menjadi solusi untuk mensiasati masalah lingkungan. Hal ini karena memang penggunaan mobil konvensional dengan BBM berhasil menyumbang polusi setiap harinya.

Berbeda halnya dengan mobil listrik, tentunya akan jauh lebih ramah lingkungan. Karena motor listrik sama sekali tidak menghasilkan gas buang atau polusi. Dengan demikian, penggunaannya dapat dipertimbangkan.

Baca Juga: 5 Hal Ini Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Listrik

3. Baterai yang cenderung tahan lama

5 Alasan Mobil Listrik Layak Dipertimbangkan, Hemat dan Bebas Polusiilustrasi mobil listrik (pexels.com/@bank)

Penggunaan mobil listrik tentunya memiliki baterai tersendiri di dalamnya. Baterai ini dapat dikatakan cukup tahan lama, dengan masing-masing durasi charging yang berbeda-beda.

Dikutip dari Drive Clean, rata-rata baterai mobil listrik dapat tahan untuk penggunaan lebih dari 500 kilometer. Selain itu, usia baterainya juga bisa mencapai 10-15 tahun, sehingga tentunya jauh lebih awet dan tahan lama.

4. Suara mobil yang tak berisik

5 Alasan Mobil Listrik Layak Dipertimbangkan, Hemat dan Bebas Polusiilustrasi berkendara (pexels.com/@jeshoots-com-147458)

Jika menyalakan mobil, tentunya akan ada suara yang dihasilkan secara otomatis. Biasanya suara mobil konvensional yang menggunakan BBM akan cenderung berisik, sebab sumber tenaganya yang secara rata-rata berasal dari mesin bensin atau pun diesel.

Berbeda halnya dengan penggunaan mobil listrik yang tentu tidak menggunakan mesin-mesin konvensional tersebut. Tak heran jika suaranya pun akan lebih lembut dan tidak berisik.

5. Fitur lebih aman, nyaman, dan modern

5 Alasan Mobil Listrik Layak Dipertimbangkan, Hemat dan Bebas Polusiilustrasi mobil listrik (pexels.com/@mrborys)

Mobil listrik termasuk jenis kendaraan yang saat ini tengah diganderungi. Selain sebagai inovasi yang ramah lingkungan, namun mobil listrik juga menawarkan banyak fitur menarik.

Fitur tersebut bukan hanya dari segi mesin saja yang lebih senyap dan hemat biaya. Namun, hal-hal lain seperti desain juga kerap disebut-sebut lebih modern dan nyaman, sehingga tentunya menjadi primadona tersendiri.

Dengan berbagai fitur yang memang dimiliki oleh mobil listrik, maka tak mengherankan jika penggunaannya populer. Banyak orang yang juga sudah mulai beralih dengan menggunakan mobil listrik sebagai pilihannya. Berminat ganti ke mobil listrik?

Baca Juga: 6 Kelebihan Mobil Hybrid yang Bikin Unggul dari Mobil Konvensional 

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya