Comscore Tracker

5 Tips Mudah Bersihkan Noda Muntahan di Jok Mobil Berbahan Fabric

Gak perlu ke salon mobil kok

Melakukan road trip menggunakan mobil ke luar kota bersama anak memang seru. Namun, gak jarang pula terjadi hal-hal yang gak diinginkan, seperti mabuk perjalanan. Anak balita yang begitu aktif di dalam mobil membuat tubuhnya sering terguncang-guncang, sehingga rasa mual dan mendadak muntah pun sering gak bisa dihindari.

Bila jok mobilmu terbuat dari kulit mungkin masih cukup mudah membersihkan noda muntahan anak. Tapi, gimana kalau jok mobil kamu terbuat dari bahan fabric? Eits, jangan panik dulu. Berikut ada 5 langkah mudah untuk membuatnya bersih kembali tanpa harus ke salon mobil.

1. Bersihkan noda muntahan dengan tisu atau kain lap

5 Tips Mudah Bersihkan Noda Muntahan di Jok Mobil Berbahan Fabricauto.ndtv.com

Jangan menunggu lama. Begitu anak selesai muntah, segera bersihkan bekas muntahan tersebut dengan tisu basah. Kalau kamu cuma ada stok tisu kering, bisa juga kok kamu pakai. Tapi ingat, jangan digosok-gosokkan ke jok mobilmu, ya. Sebab tisu kering lebih mudah tercabik yang justru akan bikin jok mobilmu makin kotor terkena serpihan tisu.

Kalau muntahan sudah terangkat, lap lagi bekas noda muntahan dengan tisu atau kain lap. Gosok-gosok perlahan pada bagian noda agar makin banyak cairan muntahan yang terserap oleh tisu atau kain lap.

2. Bila bau muntahan masih tercium, jangan disemprot dengan pengharum ruangan

5 Tips Mudah Bersihkan Noda Muntahan di Jok Mobil Berbahan Fabricinsidefmcg.com.au

Menyemprotkan pengharum ruangan pada noda muntahan hanya akan membuat aroma bekas muntahan makin gak karuan. Jika aroma tak sedap masih tercium, kamu cukup mengusap-usapnya lebih sering dengan tisu atau kain lap. Buka pintu atau kaca jendela untuk lebih cepat mengusir bau.

Baca Juga: 22 Tempat Liburan di Pulau Jawa yang Bisa Kamu Kunjungi Cuma dengan Naik Mobil

3. Agar noda muntahan benar-benar hilang, bersihkan dengan cairan "carpet and upholstery cleaner"

5 Tips Mudah Bersihkan Noda Muntahan di Jok Mobil Berbahan Fabriccarreviewsncare.com

Carpet and upholstery cleaner ini banyak mereknya. Kamu bisa pilih sesuai selera. Untuk menghilangkan noda muntahan dengan cleaner tadi, kamu bisa ikuti 4 langkah berikut.

  1. Siapkan sikat kecil dan kain berbahan mikrofiber.
  2. Semprot cairan pembersih secukupnya ke noda bekas muntahan.
  3. Sikat bagian tersebut secara perlahan, gak perlu ditekan terlalu kuat.
  4. Bersihkan dengan kain mikrofiber kering, gosok-gosok dengan lembut sampai noda menghilang.

4. Bila sudah bersih, kamu bisa gunakan vacuum cleaner untuk menyedot sisa-sisa noda yang ada

5 Tips Mudah Bersihkan Noda Muntahan di Jok Mobil Berbahan Fabricbestvacuumresource.com

Kalau punya mobil, vacuum cleaner khusus mobil memang sebaiknya kamu punya sih. Selain untuk membersihkan interior mobil secara berkala, kamu juga bisa menggunakannya untuk membersihkan area bekas muntahan di jok mobil.

5. Keringkan area yang telah bersih dengan hair dryer

5 Tips Mudah Bersihkan Noda Muntahan di Jok Mobil Berbahan Fabricreddit.com

Untuk mempercepat proses pengeringan bagian jok mobil yang basah selepas dibersihkan, bukalah pintu atau jendela mobil agar bagian jok terkena angin dan cahaya matahari. Tapi bila kebetulan cuaca sedang berawan, kamu bisa juga memanfaatkan pengering rambut. Hair dryer akan membuat permukaan jok mobilmu lebih cepat kering.

Nah, itu tadi 5 tips mudah untuk membersihkan noda bekas muntahan pada jok mobilmu yang terbuat dari fabric. Gampang, kan? Kamu jadi gak perlu buru-buru ke salon mobil, deh.

Baca Juga: Ini Risiko Menstarter Mobil Saat Tombol AC dalam Posisi On

Intan Deviana Safitri Photo Verified Writer Intan Deviana Safitri

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You