Comscore Tracker

Melihat Sejarah Morris, Mobil Mr Bean yang Tetap Eksis Hingga Kini

Mobil mungil dengan tenaga besar!

Jakarta, IDN Times – Siapa tak kenal Morris? Mobil kecil yang kerap muncul di serial Mr Bean ini sangat ikonik. Desainnya mungil dan lucu. Tapi mobil berpintu dua ini sangat fungsional, loh. 

Morris mengawali perjalanannya dari sebuah pabrik di Longbridge dan Cowley, Inggris. Pada 1957, seorang desainer mobil berdarah Inggris-Yunani, Sir Alec Issigonis, berhasil membuat desain awal Morris.

Dua tahun kemudian, persisnya Agustus 1959, mobil mungil pertama Morris meluncur. Kehadiran mobil mini hatchback dua pintu ini langsung menyita perhatian. Nah, berikut perjalanan Morris dari generasi ke generasi.

1. Mobil mini yang menjuarai balap reli

Melihat Sejarah Morris, Mobil Mr Bean yang Tetap Eksis Hingga Kinimalaysiaminilover.com

Generasi pertama Morris dimulai dari 1959 hingga 1967. Pada awal kemunculannya, mobil kecil ini masih menggunakan mesin yang kecil pula, yaitu 848 cc dengan transmisi manual 4 percepatan.

Walaupun menggunakan mesin kecil, Morris beberapa kali menjadi juara ajang reli Monte Carlo pada tahun 1964, 1965 dan 1967. Tak hanya itu, Morris pada saat itu berhasil mematahkan stigma masyarakat mengenai mobil berdesain kompak dengan mesin melintang dan berpenggerak roda depan. Kecil kecil cabe rawit!

2. Tak ada perubahan signifikan pada generasi kedua

Melihat Sejarah Morris, Mobil Mr Bean yang Tetap Eksis Hingga Kinibringatrailer.com

Tak ada perubahan yang signifikan pada generasi kedua Morris ini. Namun, ada beberapa detail bentuk mobil yang membedakannya dari generasi pertama. MINI Morris generasi kedua ini lahir pada 1967.  

3. MINI generasi ketiga menggunakan pintu dan jendela yang lebih besar

Melihat Sejarah Morris, Mobil Mr Bean yang Tetap Eksis Hingga Kiniswva.co.uk

Untuk generasi ketiga ini MINI Morris tampil lebih modern. Ciri fisik yang dapat dilihat adalah ukuran pintu dan jendela mobil yang lebih besar dari dua generasi sebelumnya. Generasi ketiga ini resmi mengaspal pada 1969. Dan pada saat itu juga mobil ini menggunakan nama MINI, karena nama pabrikan Austin dan Morris sudah tidak digunakan lagi.

Baca Juga: Mini John Cooper Works GP Mendebut, Bisa Menyentuh 300 HP

4. Generasi keempat semakin modern dengan lampu indikator dan lampu mundur

Melihat Sejarah Morris, Mobil Mr Bean yang Tetap Eksis Hingga Kinigettinlow.com

Pada 1976 MINI kembali memperkenalkan generasi keempatnya. Pada generasi ini, terdapat beberapa perubahan, seperti subframe bagian depan yang menggunakan baut tunggal dengan karet bushing pada bagian chasis belakang. Tak hanya itu, MINI generasi keempat sudah menggunakan lampu indikator dan dilengkapi dengan lampu mundur.

5. Telah menggunakan rem cakram pada generasi kelimanya

Melihat Sejarah Morris, Mobil Mr Bean yang Tetap Eksis Hingga Kinimetro.co.uk

Tak butuh waktu lama, MINI kembali mengeluarkan generasi kelimanya pada 1984. Generasi kelima ini kembali mendapatkan pembaruan. Salah satunya, mobil ini dibekali rem cakram berukuran 8,4 inci. Namun, bentuk yang digunakan masih menggunakan model yang sama.

6. Perubahan terbesar pada generasi keenam

Melihat Sejarah Morris, Mobil Mr Bean yang Tetap Eksis Hingga Kiniautozine.org

Pembaruan terbesar terjadi pada generasi keenam ini. Resmi diluncurkan pada 1990, MINI ditenagai mesin berkapasitas lebih besar, yaitu 1.275 cc dengan menggunakan karburator HIF.

Enam tahun kemudian, MINI memperkenalkan varian terakhir model dua pintu. Mobil Mr.Bean ini sudah dilengkapi dengan twin port injection dan tambahan radiator pada bagian depannya.

Namun, sangat disayangkan pada 2001 MINI memutuskan untuk berhenti memproduksi mobil mungil Mr.Bean dan akan bertransformasi menjadi NEW MINI.

Baca Juga: Ultah MINI di GBK, Dihadiri Banyak Komunitas MINI 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya