Comscore Tracker

Fakta Seputar Mazda Astina, Mobil Sport Harga Rakyat

Mobil liftback ini punya daya tarik tersendiri

Jakarta, IDN Times - Mazda Astina menjadi salah satu mobil yang punya fitur menarik dan canggih pada zamannya. Mobil liftback ini menjadi pelopor penggunaan lampu depan pop up. Jika dilihat sekilas, tampilan depannya mirip Mazda Miata generasi pertama, namun cenderung mengotak.

Mazda Astina pertama kali diluncurkan pada tahun 1991 oleh PT National Motors., Co yang menjadi bagian dari Indomobil Group. Iklannya pada saat itu berbunyi "Mazda Hadirkan Teknologi Masa Depan Saat Ini". Berikut adalah profil dari Mazda Astina.

1. Mazda Astina hadir dengan desain yang ikonik

Fakta Seputar Mazda Astina, Mobil Sport Harga Rakyatde.motor1.com

Mazda telah menghadirkan berbagai inovasi baru dalam mobil ini, salah satunya adalah penggunaan lampu depan pop up yang mirip dengan Mazda RX-7 dan garis potongan pada bagian belakangnya. Pada kap depan, desainnya dibuat lebih menekuk ke atas, membuatnya lebih stabil saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Kemudian pada belakangnya terdapat spoiler berukuran kecil yang mampu memberikan gaya down force saat ngebut. Terpasang juga wiper pada kaca belakang agar kita bisa melihat dengan lebih jelas dari kaca spion saat sedang hujan.

Baca Juga: Mazda RX-7 Mobil Balap Bermesin Rotary yang Legendaris  

2. Bagaimana spesifikasi mesin Mazda Astina?

Fakta Seputar Mazda Astina, Mobil Sport Harga RakyatMazda Astina (pinterest.com)

Untuk urusan performa tidak perlu diragukan lagi. Pada zamannya, Mazda Astina sudah bisa bersaing dengan Mitsubishi Eterna. Pasalnya, mobil ini dibekali mesin BP05 berkapasitas 1.800 cc DOHC. Dengan mesin seperti ini, Mazda Astina mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 Hp per 5.500 rpm dan torsi 150 Nm per 4.000 rpm.

Menariknya, Mazda Astina punya performa mesin yang responsif, terutama saat berada di putaran bawah. Selain itu, Mazda Astina juga cenderung stabil walau digeber dalam kecepatan tinggi. Sayangnya, mobil ini belum dilengkapi dengan teknologi hemat bahan bakar. Mesinnya relatif boros bensin, terlebih jika kita menggunakannya untuk ngebut. 

3. Berapa harga bekas Mazda Astina sekarang?

Fakta Seputar Mazda Astina, Mobil Sport Harga RakyatMazda Astina (pinterest.com)

Mazda Astina bekas biasanya dibanderol mulai dari Rp 30 juta. Tanpa perlu merogoh kocek yang dalam, kamu bisa mendapatkan mobil sport generasi 90-an loh. Mesinnya tangguh dan enak diajak kebut-kebutan.

Walau banyak orang yang menganggap bahwa mobil ini susah dirawat, kenyataannya tidak sesulit itu. Untuk urusan sparepart orisinil mungkin sudah mulai jarang ditemui, namun kamu bisa menggunakan part substitusi dengan sejumlah model Ford atau Hyundai.

Baca Juga: 5 Pilihan Mobil Bekas Terbaik, Cocok Buat Jadi Mobil Pertamamu! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya