Comscore Tracker

Mengenal Mobil Coupe yang Mewah dan Gagah

Bentuk mobil unggulan mobil sport

Jakarta, IDN TIMES - Mobil Coupe telah menjadi bodystyle populer dalam jangka waktu yang sangat lama. Tidak lupa juga bahwa sebagian besar mobil sport dan beberapa mobil mewah dibuat dalam bentuk coupe.

Tapi apa sebenarnya yang membuat mobil menjadi coupe? Apa saja jenis-jenis mobil coupe dan bagaimana perkembangannya?

Baca Juga: Ini Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Bensin, Sudah Tahu?

1. Jadi, apa sih mobil coupe itu?

Mengenal Mobil Coupe yang Mewah dan Gagahbmw.co.id

Biasanya, coupe adalah mobil dengan dua pintu. Sebenarnya ada beberapa variasi istilah yang dibuat oleh masing-masing pabrikan dalam mendefinisikan mobil coupe. Namun secara umum, istilah coupe digunakan untuk menggambarkan mobil hard-top dua pintu dengan atap yang miring di bagian belakang.

Beberapa mobil coupe ditawarkan dengan empat ketimbang dua pintu seperti pada umumnya. Tetapi, ini jarang terjadi karena biasanya hanya merek mobil premium asal Jerman. Coupe biasanya lebih besar dari superminis atau city car, tapi lebih kecil ketimbang jenis saloons.

Saat ini, ada banyak coupe yang ukurannya sedikit lebih kecil (dari segi panjang dan tinggi) daripada hatchback keluarga biasa. Mobil coupe dirancang sedemikian rupa untuk memiliki performa yang tinggi.

Coupe berasal dari bahasa Prancis (ejaannya coupé) yang pertama kali digunakan untuk menggambarkan gerbong kereta pada abad ke-19 yang kursinya menghadap ke belakang.

2. Contoh-contoh mobil coupe

Mengenal Mobil Coupe yang Mewah dan GagahPorsche 911 Turbo S (Dok. IDN Times)

Coupe dua pintu dan dua penumpang sering kali merupakan kendaraan berperforma tinggi seperti Audi TT, Porsche 911, dan Mazda Miata. Beberapa coupe dua penumpang memiliki tata letak mesin tengah dengan powerplant di belakang penumpang, seperti Acura NSX 2020 dan Chevrolet Corvette 2020 yang telah didesain ulang. Coupe ini sering memiliki penyimpanan di bagian depan kendaraan, dengan area bagasi kedua di bagian belakang.

All-New Corvette sebenarnya memiliki kapasitas kargo yang cukup besar, dengan ruang yang lega di bagasi bagian depan dan mampu menampung dua tas golf di bagian belakang. Oleh karena itu, mobil coupe menjadi pilihan yang sangat bagus untuk pergi liburan di akhir pekan.

3. Mobil coupe tidak terbatas pada sedan saja

Mengenal Mobil Coupe yang Mewah dan Gagahfoxnews.com

Gaya bodi dua pintu tidak terbatas pada mobil sedan saja, karena beberapa jajaran SUV selama bertahun-tahun menggunakan model dua pintu, meskipun garis atap coupe yang dihilangkan dengan alasan tertentu. SUV dua pintu yang paling populer adalah Jeep Wrangler, yang terus diproduksi sejak era 1940-an. Line up yang lebih baru meliputi hardtop dan convertible Land Rover Range Rover Evoque dan Nissan Murano Cross Cabriolet yang sayangnya berumur pendek.

Selama beberapa dekade terakhir ini, pemasar memperluas definisi coupe untuk memasukkan sedan empat pintu rendah seperti BMW 4 Series Gran Coupe, Mercedes-Benz CLS dan Audi A7. Mobil empat pintu ini memiliki garis panjang dan rendah, membuat BMW dan Audi dengan cerdik menyembunyikan bagian hatchback. Namun terlepas dari profil mereka yang sporty dan ukuran rendah, banyak orang menganggap kendaraan ini adalah sedan, selama pintunya ada empat, bukan dua.

Baca Juga: Mobil-mobil Keren Ini Terpaksa Disuntik Mati, Sayang Banget..

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya