Comscore Tracker

Waspada, Karpet Mobil Bisa Sebabkan Kecelakaan!

Jangan sepelekan karpet mobil, ya.

Jakarta, IDN Times – Karpet mobil memang gak berperan penting pada kinerja mesin, tapi komponen ini sangat dibutuhkan. Sebab, karpet mobil bisa melindungi kerangka bawah mobil dan mempercantik kondisi kabin. Meski begitu, kamu harus tetap waspada, karena ternyata karpet mobil bisa menyebabkan kecelakaan.

Sebagian dari kamu mungkin akan bertanya-tanya, kok bisa sih? Ya, hal tersebut bisa saja terjadi karena kelalaian pengemudi terhadap kabin. Rupanya, kasus ini sudah sering terjadi, bahkan mengakibatkan kerusakan parah pada mobil.

1. Karpet tersangkut pedal gas

Waspada, Karpet Mobil Bisa Sebabkan Kecelakaan!Carfromjapan.com

Sebagai pengemudi, tentu kamu harus peka akan hal di sekitar mobil, termasuk bagian bawah yang berfungsi sebagai pijakan. Sebelum berkendara, alangkah baiknya kamu memperhatikan kondisi karpet mobil. Sebab, jika posisi kerpet tersangkut pedal gas, maka itu bisa menjadi penyebab kecelakaan.

Dalam posisi tersebut, pedal gas akan tertekan terus menerus walaupun kaki pengemudi sudah diangkat. Akibatnya, mobil akan terus melaju hingga hilang kendali dan terjadilah kecelakaan. Wah, bahaya banget ya. Makanya, jangan coba-coba menyepelekan karpet mobil ya guys.

Baca Juga: Alasan Mobil Listrik Lebih Mahal dari Mobil Konvensional

2. Memilih karpet yang tepat

Waspada, Karpet Mobil Bisa Sebabkan Kecelakaan!Pinterest.com

Guna mengantisipasi hal tersebut, maka kamu sangat diharapkan untuk memilih karpet yang tepat. Jadi, jangan hanya memerhatikan kabin agar keren saja, setidaknya kamu memasang karpet dengan posisi dan ukuran yang tepat. Kamu sebaiknya memilih karpet mobil yang melewati pedal gas, agar gak mengganjal dan tersangkut.

Selain itu, kamu juga gak boleh meletakan barang di ruang kaki maupun jok bawah pengemudi. Hal ini dapat memicu gangguan pengoperasian pedal karena memungkinkan barang berpindah-pindah, bahkan mengubah posisi karpet mobil. Jika seperti itu, kakimu bisa terganggu karpet sehingga menyusahkan pergerakan dalam mengontrol pedal gas maupun rem.

3. Geser persneling ke posisi netral

Waspada, Karpet Mobil Bisa Sebabkan Kecelakaan!Perseneling mobil matic (Dok.IDN Times/istimewa)

Kalau mengalami hal ini, kamu bisa langsung mengurangi laju kendaraan dengan cara menetralkan mobil. Entah, mobil bertransmisi kopling atau matik, segeralah geser persneling ke posisi netral, lalu menyalakan lampu hazard agar pengendara lain mengetahui mobilmu dalam keadaan darurat.

Intinya, kamu juga harus tetap rileks dan jangan panik agar kamu gak ambil tindakan yang salah. Perlu diingat, kamu juga jangan mematikan mesin mobil, karena hal ini dapat sistem mobil lainnya gak berfungsi, seperti setir yang terkunci dan mobil susah untuk dikendalikan. So… semaksimal mungkin, kamu harus hindari karpet mobil yang tersangkut, ya.

Baca Juga: Berburu Mobil Lebih Aman Pakai Layanan Inspeksi Mobil Bekas

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya