Comscore Tracker

Begini Cara Membersihkan Kaca Helm Saat Musim Hujan

Jangan lupa bersihkan kaca helm kamu ya!

Jakarta, IDN Times – Berkendara saat hujan memang ngeri-ngeri sedap. Ngeri karena air hujan bisa membuat jalanan menjadi licin dan pandangan terbatas. Sedap karena udara yang basah oleh hujan terasa lebih menyegarkan.

Namun, bagi pengendara sepeda motor, sangat disarankan untuk menepi ketika hujan. Sebab melibas hujan itu banyak risikonya. Kalau pun harus menerobos hujan, lengkapi dirimu dengan helm.

Nah berikut ada beberapa tips yang bisa membuat kaca helmmu tetap jernih selama musim hujan.  

1. Lapis dengan cairan khusus

Begini Cara Membersihkan Kaca Helm Saat Musim Hujanfatosdesconhecidos.com

Berkendara saat hujan bisa membuat kaca helm menjadi berkabut. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menyemprotkan cairan khusus ke kaca helm. Cairan ini bisa kamu beli secara online.

Semprotkanlah cairan tersebut pada visor bagian luarnya. Tetapi, sebelum disemprot, pastikan kaca helm bebas dari debu dan kotoran lainnya. Setelah disemprot, ratakan cairan tersebut dengan lap lalu tunggu hingga kering.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jas Hujan, Biar Gak Lepek di Tengah Jalan

2. Bersihkan dengan pasta gigi

Begini Cara Membersihkan Kaca Helm Saat Musim Hujanaskthedentist.com

Selain untuk membersihkan gigi, ternyata pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca helm, lho! Caranya pun mudah, yakni dengan mengoleskan pasta gigi tersebut ke permukaan bagian dalam helm, kemudian lap bersih dengan kanebo basah. Mudah, bukan?

3. Pasang lapisan anti embun

Begini Cara Membersihkan Kaca Helm Saat Musim Hujanbcca.scot

Nah, untuk cara yang paling praktis dan awet yaitu bisa dengan memasang lapisan anti embun pada kaca helm lho. Lapisan anti embun ini tersedia di toko-toko otomotif guys, jadi gak harus ribet lagi deh kalau hujan turun.

4. Bersihkan dengan minyak kayu putih

Begini Cara Membersihkan Kaca Helm Saat Musim Hujanbrownbarnbotanicals.com

Selain untuk menghangatkan badan pada saat musim hujan, minyak kayu putih ternyata juga bisa digunakan untuk menghindari kaca helm yang berkabut lho. Hanya dengan mengusapkan minyak kayu putih dengan lap halus niscaya helm tidak akan mudah berkabut saat musim hujan tiba. 

5. Lap dengan air hangat

Begini Cara Membersihkan Kaca Helm Saat Musim HujanUnsplash/Bruno Martins

Air hujan yang memiliki kadar asam tinggi harus segera dilap agar tidak membuat kaca helm cepat rusak. Dengan cara air panas yang diberi sabun khusus kemudian tinggal lap saja helm yang terkena air hujan. Semua debu dan kotoran akan langsung hilang dan membuat helm jadi kinclong lho.

Topic:

  • Angela Monica
  • Dwi Agustiar

Just For You