Comscore Tracker

Cara Mudah Membersihkan Filter Udara Motor, Gak Perlu ke Bengkel

Kalau bisa dikerjakan montir, kenapa digarap sendiri?

Jakarta, IDN Times - Servis sepeda motor gak selalu harus ke bengkel. Sebab banyak bagian yang bisa kamu lakukan sendiri, seperti membersihkan filter udara. Caranya gak rumit karena gak banyak bagian motor yang harus dibongkar.

Karena itu alat yang dibutuhkan juga tidak banyak, hanya obeng saja. Selebihnya adalah niat tulus dan kemauan keras. Nah, berikut cara singkat membersihkan filter udara seperti dikutip dari laman resmi Wahana Motor. 

1. Cari tahu posisi filter udara

Cara Mudah Membersihkan Filter Udara Motor, Gak Perlu ke BengkelIlustrasi CVT sepeda motor matik (Dok. IDN Times)

Letak filter udara pada motor bebek, sport, dan matic berbeda. Pada motor bebek dan sport, biasanya filter udara berada di bawah jok. Sementara filter udara pada skutik biasanya ada di atas bagian CVT. 

Setelah menemukan lokasinya, langkah berikutnya adalah membuka bagian penutup filter udara. Kamu membutuhkan obeng untuk melakukannya.  

Baca Juga: Jangan Mencuci Motor Kalau Mesinnya Masih Panas, Ini Alasannya

2. Keluarkan lalu bersihkan filter udara

Cara Mudah Membersihkan Filter Udara Motor, Gak Perlu ke BengkelWahana Honda

Setelah boks filter terangkat, langkah berikutnya adalah melepaskan filter. Jika filter terlihat kotor, bersihkan dengan cara memukul-mukulnya secara perlahan ke lantai. Lakukan dengan hati-hati sampai semua kotorannya rontok.

Jika kotoran membandel, kamu bisa menyemperotkan angin ke arah filter. Pastikan tekanan anginnya tidak terlalu kencang agar tidak merusak filter udaranya. Setelah bersih, pasang kembali filter udara ke tempat semula.

3. Kenapa filter udara harus secara rutin dibersihkan?

Cara Mudah Membersihkan Filter Udara Motor, Gak Perlu ke BengkelIlustrasi service sepeda motor honda di bengkel AHASS (Dok. IDN Times)

Filter udara harus secara rutin dibersihkan agar pasokan udara tidak terganggu kotoran pada filter. Sebab, jika pasokan udara terganggu, maka pembakaran di dalam mesin pun akan terganggu. Akibatnya performa mesin bisa melorot.

Karena itu, untuk memastikan udara yang masuk ke ruang mesin bersih, gantilah filter udara setiap 10.000-16.000 kilometer. Harga filter udara tidak terlalu mahal kok, hanya puluhah ribu rupiah saja.  

So, siapkan obengmu!

Baca Juga: Lampu Belakang Motor Kok Sering Mati? Curigai Tiga Bagian Ini

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya