Comscore Tracker

Impresi Pertama Menjajal Honda ADV 160, Enak Buat Manuver!

Posisi ridingnya berubah sedikit dari Honda ADV 150

Jakarta, IDN Times - Hari ini IDN Times kebagian menjajal produk terbaru dari PT Astra Honda Motor (AHM), yaitu Honda ADV 160 (6/7/2022). Pengetesan dilakukan di AHM Safety Riding and Training Centre, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Motor yang baru diluncurkan pada awal Juli 2022 ini merupakan penerus dari Honda ADV 150. Berbagai hal baru disematkan pada Honda ADV 160 ini. Mulai dari desain baru, fitur baru, sampai ke mesin baru.

FYI, Honda ADV 160 dijual dengan harga Rp36 juta unutk varian CBS (Combi Brake System) dan Rp39,25 juta untuk varian tertingginya yaitu ABS (Anti-lock Braking System).

1. Posisi riding terasa lebih sporty

Impresi Pertama Menjajal Honda ADV 160, Enak Buat Manuver!Posisi berkendara Honda ADV 160 lebih rendah dari ADV 150 (Dok. AHM)

Saat pertama kali duduk di atas Honda ADV 160, jurnalis IDN Times merasakan kalau riding positionnya lebih sporty dibanding Honda ADV 150. Hal itu kemungkinan besar karena tinggi jok yang sekarang lebih rendah, serta posisi setang yang lebih rendah akibat penggunaan raiser baru.

Dengan posisi jok yang lebih rendah 15 mm dari generasi sebelumnya, pengendara dengan postur tubuh di bawah 165 cm sekarang jauh lebih pede karena kedua kaki bisa menapak sempurna.

Baca Juga: Honda ADV 160 Diluncurkan, Bagaimana Nasib ADV 150?

2. Lincah diajak bermanuver

Impresi Pertama Menjajal Honda ADV 160, Enak Buat Manuver!Honda ADV 160 enteng diajak manuver (Dok. AHM)

Setelah itu ketika dibawa jalan, Honda ADV 160 ini terasa lincah saat dibawa bermanuver di trek yang sudah disediakan oleh AHM. Medan jalan yang disediakan memang enggak bisa digunakan untuk mengetes kemampuan adventure sepenuhnya dari motor ini, tetapi ada beberapa tikungan dan trek yang cukup menantang seperti jalan menanjak dan speed trap.

Ketika melewati berbagai tikungan, motor ini terasa lincah diajak berbelok. Begitu melewati speed trap, suspensi depannya terasa empuk sementara yang belakang cukup keras. Tapi kemungkinan saat melewatinya dengan keadaan berboncengan, suspensi belakangnya akan menjadi lebih empuk.

3. Akselerasi cukup responsif

Impresi Pertama Menjajal Honda ADV 160, Enak Buat Manuver!Mengetes akselerasi Honda ADV 160 (Dok. AHM)

Urusan tenaga, Honda ADV 160 memiliki akselerasi yang cukup responsif. Ketika melintasi trek dengan rintangan menanjak, motor ini dengan mudah bisa melewatinya tanpa kesulitan.

Saat melewati trek lintasan lurus, IDN Times mencoba memacu motor lebih cepat dan memperoleh kecepatan maksimum sekitar 84 km/jam. Raihan angka ini tentu saja dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti bobot pengendara dan panjang trek lintasan. Secara keseluruhan, Honda ADV 160 sangat menyenangkan diajak riding, apa lagi buat touring ya!

Baca Juga: Adu Spesifikasi Honda ADV 160 vs Yamaha NMAX

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya