Comscore Tracker

Tiga Motor Yamaha 2 Tak Ini Masih Diburu

Ketiganya pernah menjadi raja jalanan

Jakarta, IDN Times - Motor-motor 2 tak kini tak lagi diproduksi. Sebab gas buang motor jenis ini tak memenuhi syarat regulasi yang ditetapkan pemerintah. Sehingga mau tidak mau pabrikan pun menyuntik mati satu demi satu motor-motor 2 tak.

Namun motor-motor ini tak langsung hilang dari jalanan. Sebab pencinta 2 tak ternyata masih banyak. Lihat saja di bursa motor bekas, harga motor-motor 2 tak justru menggila. Bahkan beberapa waktu lalu ada RX King yang terjual hingga ratusan juta!

Nah, berikut motor-motor 2 tak yang hingga kini masih menjadi incaran. Apa saja, ya?

1. Yamaha F1ZR

Tiga Motor Yamaha 2 Tak Ini Masih DiburuFacebook

Yamaha F1ZR pernah menjadi motor yang paling ditakuti di trek balap karena akselerasinya njenggat banget. Saking terkenalnya, motor ini masih tetap diburu kalangan riders.

F1ZR memiliki dua tipe. Ada tipe Sporty semi-otomatis tanpa harus menarik kopling yang cocok buat rider pemula. Ada pula tipe Full Clutch (edisi balap) diperuntukkan untuk rider profesional.

Kalau dari segi harga, yang lebih mahal biasanya yang Special Edition itu macam Caltex, Marlboro dan lainnya.

Bicara spesifikasi, Yamaha F1ZR dibekali mesin satu silinder 2-tak 110,4 cc. Racikan pada jantung pacu seperti bore x stroke 52,0 x 52,0 mm berasio 7,1:1 hingga karburator Mikuni (VM 20 X 1), membuat motor ini mudah menghasilkan tenaga sebesar 11,8 Hp di 7.500 RPM.

Sementara torsi maksimal yang dihasilkan 10,7 Nm pada 6.500 RPM tersalurkan lewat transmisi 4-percepatan. Bobot motor ini juga ringan yakni 95 kg saja.

Walaupun sempat terlupakan, motor ini masih jadi incaran loh, bahkan saat ini harganya melonjak naik di kisaran Rp6-Rp12 jutaan tergantung kondisinya juga.

Baca Juga: Daftar Motor Bebek Yamaha Mulai Rp16 Jutaan!

2. RX King

Tiga Motor Yamaha 2 Tak Ini Masih Diburuinstagram.com/vvip_rxking

Motor RX King jadi salah satu motor yang mempunyai citra kurang baik di masa lalu. Namun sekarang, motor ini jadi incaran anak muda yang hobi racing dan para kolektor motor.

RX King memiliki ciri khas tersendiri yaitu bodinya yang ramping dan tenaga besi tua sangat kencang yang gak dimiliki motor 2-tak lainnya, wajar saja kalau motor ini diincar anak muda dan kolektor.

Di lain sisi, motor ini sempat digandrungi sebagai legenda di masanya, sebab di setiap ajang racing, motor ini selalu merajai motor-motor lainnya.

Hal tersebut gak lepas dari spesifikasi Yamaha RX King yang gahar dengan menggunakan mesin 2-tak berkapasitas 132cc dengan sistem pendingin udara.

Performanya sangat responsif, dan memiliki tarikan mantap yang dioptimalkan sistem transmisi manual 5-percepatan dengan mode perpindahan gigi 1-N-2-3-4-5.

Motor ini mampu memuntahkan tenaga maksimum 18.5 PS pada 9.000 RPM dan torsi 1.54 kfg.m pada 8.000 rpm. Urusan kecepatan, motor ini juaranya.

Sebagai motor legendaris berusia hampir 30 tahun, harga motor ini sangat mahal, bahkan pernah ada yang menawar Rp300 juta untuk RX King keluaran 1997 karena masih berada di angka kilometer nol.

Namun, biaya restorasinya juga gak mahal, cukup Rp10 juta kamu bisa melakukan restorasi motor RX King ini.

3. Yamaha TZM 150

Tiga Motor Yamaha 2 Tak Ini Masih Diburuwheelsage.org

Yamaha meluncurkan Yamaha TZM 150 pada pertengahan tahun 90-an tepatnya di antara tahun 1996 hingga 1998. Motor ini dibawa ke Indonesia oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Di awal kemunculannya, motor ini dijual seharga Rp 14 jutaan, namun harus berhenti produksi karena minimnya angka pembelian.

Mesin TZM 150 ini dilengkapi transmisi 6-percepatan yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 35,3 tk pada 10.500 RPM dan torsi maksimal mencapai 25 Nm pada 9.500 RPM.

Dengan spesifikasi mesin bertenaga, motor ini mampu menandingi kompetitor di kelasnya seperti PGR 150, Ninja 150, dan NSR 150.

Mesin TZM 150 yang dilengkapi dengan transmisi 6 percepatan ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 35,3 tk pada 10.500 RPM dan torsi maksimal mencapai 25 Nm pada 9.500 RPM.

Hingga sekarang, harga motor ini naik tapi peminatnya banyak, hal itu merupakan faktor motor ini cukup sedikit unitnya di Indonesia.

Jika dilihat dari berbagai sumber, motor ini dibanderol menembus harga Rp60 jutaan untuk yang modif, dan Rp50 jutaan untuk yang non-modif.

Baca Juga: Kisah Capung Merah, Pelambung Nama Yamaha di Dunia Otomotif

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya