Comscore Tracker

Trik Aman Melepas Tangan Saat Bersepeda? Perhatikan 4 Hal Ini

Terlihat keren tapi sangat berisiko

Jakarta, IDN Times - Ingat kejadian yang menimpa selebritas Luna Maya saat bersepeda beberapa hari lalu? Yups, saat itu Luna terjatuh setelah melakukan trik lepas setang. Akibat insiden ini, Luna Maya dikabarkan mengalami retak tulang.

Trik lepas setang memang berisiko, karena itu tidak boleh sembarangan melakukannya. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan trik ini, berikut 4 di antaranya. 

1. Perhatikan kondisi jalan

Trik Aman Melepas Tangan Saat Bersepeda? Perhatikan 4 Hal Iniamihungry.com

Salah satu hal yang harus diperhitungkan saat lepas setang adalah kondisi jalan. Sebab, saat lepas setang, otomatis kamu harus bisa seimbang.

Hempasan angin, polisi tidur, dan lubang di jalan bisa jadi penyebab goweser mudah kehilangan keseimbangan. So, kalau mau lepas setang, sebaiknya dilakukan di jalan yang halus, ya!

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Menjajal Sepeda BMX, Berani Mencoba?   

2. Kondisi sepeda

Trik Aman Melepas Tangan Saat Bersepeda? Perhatikan 4 Hal Inibossibicycles.com

Faktor lain yang bisa membuat goweser jatuh saat melakukan trik lepas tangan saat bersepeda adalah kondisi sepeda yang tidak sepenuhnya fit, seperti tekanan ban tidak ideal atau rims peyang. Masalah ini bisa membuat laju sepeda menjadi tidak stabil. Karena itu pastikan dulu kondisi sepedamu dalam keadaan 100 persen fit sebelum melakukan lepas tangan saat bersepeda, ya.

3. Koordinasi otot tubuh

Trik Aman Melepas Tangan Saat Bersepeda? Perhatikan 4 Hal IniGlobal Cycling Network

Di dalam tubuh ada yang namanya core muscle alias otot-otot inti. Otot-otot ini berperan penting untuk menjaga keseimbangan.

Walaupun terkesan sepele, namun keseimbangan juga bisa diuntungkan jika otot perut dan pinggang kuat serta terlatih.

4. Ingat, lepas stang itu berbahaya

Trik Aman Melepas Tangan Saat Bersepeda? Perhatikan 4 Hal Inibikeradar.com

Meski terlihat keren, faktanya lepas setang adalah trik yang berisiko tinggi. Apalagi ketika kamu tidak memperhatikan poin-poin di atas. Karena itu, lakukan trik ini jika kamu sedang berada di jalan yang sepi dan jalan yang rata. Jangan melakukan trik ini jika kamu tidak cukup percaya diri, ya!

Baca Juga: 3 Sepeda Brompton Termurah, Ada yang Dibanderol Rp14 Jutaan 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya