Comscore Tracker

3 Keuntungan Menggunakan Flat Pedal, Lebih Nyaman Saat Gowes

Konon pedal jenis flat lebih nyaman digunakan

Jakarta, IDN Times - Jangan kaget kalau ada goweser yang suka meng-upgrade sepeda mereka. Sebab, jika ingin mengejar performa, upgrade sepeda memang tak terhindarkan. Nah, salah satu komponen yang sering di-upgrade adalah pedal.

Selain untuk menambah kenyamanan, meng-upgrade pedal juga bisa mendongkrak performa kayuhan, loh. Karena itu pedal biasanya selalu ada dalam daftar komponen yang akan di-upgrade.

Banyak jenis pedal yang bisa kamu temukan di pasaran, salah satunya adalah pedal jenis flat. Nah, berikut keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan pedal flat.

1. Meningkatkan keyakinan saat coba teknik baru

3 Keuntungan Menggunakan Flat Pedal, Lebih Nyaman Saat Gowesthewinningbike.com

Secara umum, pesepeda yang lebih baru bisa merasakan manfaat dari penggunaan
pedal flat untuk dengan cepat memahami keterampilan dasar bersepeda, misalnya
pengereman dan keseimbangan.

Mempraktikan beberapa teknik membutuhkan tingkat keyakinan dan kepercayaan. Pedal flat memudahkan goweser untuk menurunkan kaki dari pedal dengan cepat ketika diperlukan. 

Dengan pedal flat, kamu bisa lebih yakin untuk mencoba teknik baru, karena kamu punya keleluasaan untuk lanjut coba atau berhenti dulu dengan mudah.

Baca Juga: Deretan Sepeda Gunung Polygon, Harganya Gak Bikin Meringis

2. Mengurangi distraksi

3 Keuntungan Menggunakan Flat Pedal, Lebih Nyaman Saat Gowesunsplash.com/Elle Cartier

Menggunakan pedal dengan clip bisa menjadi distraksi tersendiri karena proses injak-lepas pedalnya. Padahal ketika mencoba teknik baru  dalam bersepeda, fokus adalah kunci yang penting.

Dengan pedal flat, goweser gak perlu memusingkan bagaimana cara kaki bisa menahan sepeda dengan cepat kalau teknik baru yang dicoba tidak berhasil.

Goweser juga punya lebih banyak waktu untuk fokus menguasai teknik baru dibanding dengan menghubungkan sepatu dengan pedal.

3. Menawarkan kenyamanan

3 Keuntungan Menggunakan Flat Pedal, Lebih Nyaman Saat Gowesautoinfohq.com

Pedal flat juga menawarkan kenyamanan. Saat latihan, kemungkinan kita akan sering naik-turun sepeda. Ini tentu lebih mudah dilakukan dengan pedal flat.

Menggunakan pedal clipless juga terkadang membuat kita sulit bereksperimen dengan posisi kaki di atas pedal.

Beberapa gowes lebih memilih posisi kaki di tengah yang berorientasi pada kenyamanan. Ada juga goweser yang suka kaki dengan posisi sedikit
lebih ke depan untuk meningkatkan performa dan kelincahan.

Pedal flat mengizinkan goweser untuk dengan mudah menjajal posisi-posisi kaki di atas pedal sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Frame Sepeda Titanium Banyak Diburu

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya