Comscore Tracker

5 Cara Mudah Mengencangkan Rantai Motor

Rantai motor yang kendur bisa mengganggu saat berkendara

Jakarta, IDN TIMES - Rantai merupakan salah satu komponen penting pada motor bebek dan sport. Fungsinya adalah untuk menyalurkan tenaga penggerak dari mesin ke roda agar motor bisa melaju secara maksimal di jalanan.

Karena pemakaian yang cukup sering, rantai motor bisa kendur saat digunakan, loh. Ini bisa mengganggu kenyamanan kita saat berkendara. Terlebih, rantai motor yang kendur jika dibiarkan bisa saja putus.

Kamu perlu mengencangkan rantai motor jika dirasa sudah perlu. Oleh karena itu, berikut adalah lima cara mudah mengencangkan rantai motor.

Baca Juga: 4 Penyebab Rantai Motor Putus, Cek Secara Berkala Ya!

1. Atur posisi motor, kemudian turunkan standar tengah

5 Cara Mudah Mengencangkan Rantai Motorbukalapak.com/Standar motor

Pertama, atur posisi motor senyaman mungkin. Kemudian, gunakan standar tengah agar motor bisa terangkat secara sempurna.

Berbeda dengan bagian samping, standar tengah memungkinkan kamu untuk meraih berbagai sudut pada motor dengan posisi yang nyaman dan mudah.

2. Mengendurkan mur as roda

5 Cara Mudah Mengencangkan Rantai Motorhttps://adkhd.com

Kamu perlu menyiapkan kunci ring untuk mengendurkan mur as roda pada bagian kanan dan kiri. Kemudian, putar salah satu bagian tersebut menggunakan kunci di salah satu sisi dan lainnya untuk menahan putaran.

Mungkin kamu akan merasakan kerasnya memutar bagian tersebut. Untuk itu, kamu bisa sambil mengentakkan atau bisa memukul kunci tersebut agar bisa berputar.

Setelah kunci bisa terputar, maka proses selanjutnya akan semakin mudah. Jangan mengendurkan terlalu lama karena bisa membuat roda terlepas. Di sini kita hanya perlu mengendurkan roda belakang agar mudah dimaju atau mundurkan.

3. Mengendurkan baut pada braket kaliper

5 Cara Mudah Mengencangkan Rantai MotorPixabay

Bagian ini berlaku jika kamu menggunakan rem cakram. Jika tidak, maka lewatkan saja.

Jadi, kamu perlu mengendurkan briket dari kaliper rem belakang. Baut briket ini biasanya terletak di bagian swing arm suspensi belakang di sisi kanan roda. Kamu bisa menggunakan kunci ring untuk mengendurkannya.

4. Putar mur adjuster rantai

5 Cara Mudah Mengencangkan Rantai MotorIlustrasi Rantai Sepeda Motor (Dok. IDN Times)

Setelah semua baut berhasil dikendurkan, maka kamu sudah bisa mulai menyetel rantai. Pertama, kamu perlu memutar dua mur adjuster yang ada di ujung swing arm roda motor. Ini sangat penting, karena kamu perlu memutar bagian sisi kiri dan kanan dengan seimbang, tidak boleh berbeda.

Jika putarannya berbeda, maka bisa berakibat roda belakang menjadi tidak seimbang. Jadi, jangan langsung memutar mur adjuster ini dengan banyak putaran. Mulailah secara bertahap, putar mengikuti arah jarum jam. Jika sudah, kamu bisa mengeceknya kembali menggunakan tangan.

5. Kencangkan kembali semua baut

5 Cara Mudah Mengencangkan Rantai Motorotomotif.kompas.com

Jika rantai sudah dirasa pas dan tidak kendur, maka kamu bisa mengencangkan kembali semua baut dan mur tadi secara bertahap. Periksa kembali jika ada bagian yang masih kendur.

Bagi kamu pengguna motor bebek dengan rem tromol, lakukan penyetelan ulang di bagian tersebut. Hal ini karena setelah melakukan penyetelan rantai motor mengakibatkan roda belakang semakin tertarik kebelakang sehingga rem tromol tersebut akan tertarik ke bagian dalam.

Baca Juga: 4 Pelumas Rantai Motor Pilihan, Melumasi Hingga Tocker

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya