Comscore Tracker

8 Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot, Mudah dan Praktis!

Cukup pakai bahan sederhana di rumah

Jakarta, IDN Times - Karat pada knalpot motor tentu mengganggu fungsi serta tampilannya. Munculnya karat pada motor disebabkan oleh beberapa faktor seperti jarang membersihkan motor, gak mengelap knalpot ketika kena air, dan masa pakai yang terlalu lama.

Jika knalpot berkarat gak segera diatasi, ini dapat menimbulkan kebocoran pada mesin sehingga kinerjanya kurang optimal. Untuk itu, simak cara menghilangkan karat pada knalpot berikut ini, ya. 

1. Gunakan pasta gigi

8 Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot, Mudah dan Praktis!ilustrasi pasta gigi dan sikat gigi (pixabay.com/stevepb)

Cara menghilangkan karat pada knalpot yang pertama adalah menggunakan pasta gigi. Caranya, oleskan pasta gigi di bagian knalpot yang berkarat, lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian, gunakan sikat gigi untuk mengangkat karat dengan cara menyikatnya. Terakhir, lap knalpot hingga bersih.

2. Minuman bersoda

8 Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot, Mudah dan Praktis!ilustrasi minuman bersoda (pexels.com/breakingpic)

Kamu pun bisa menghilangkan karat pada knalpot dengan minuman bersoda. Caranya cukup simpel, tuang dan diamkan minuman bersoda pada knalpot selama 15 menit, lalu siram dengan air. Ulangi cara tersebut sampai karat mulai hilang, lalu keringkan dengan lap.

3. Baking soda

8 Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot, Mudah dan Praktis!ilustrasi baking soda (pixabay.com/evita-ochel)

Baking soda dipercaya mampu menghilangkan karat pada knalpot, lho. Pertama, campurkan baking soda dan perasan jeruk nipis, kemudian oleskan pada karat knalpot. Diamkan selama 10 menit sampai karat terangkat, terakhir, tinggal lap dengan kain kering.

Baca Juga: Wow! 5 Komponen Ini Bisa Bantu Menghilangkan Karat pada Motor

4. Pembersih porselen

8 Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot, Mudah dan Praktis!ilustrasi produk pembersih (unsplash.com/kellysikkema)

Siapa sangka pembersih porselen termasuk salah satu bahan untuk menghilangkan karat pada knalpot. Cara menggunakan hampir sama dengan pasta gigi. Cukup oleskan pembersih porselen pada karat knalpot dan diamkan 10 menit. Kemudian, lap memakai kain atau siram air, lalu keringkan

5. Menggunakan bensin

8 Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot, Mudah dan Praktis!Pom bensin Pertamina (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Bensin bisa dipakai sebagai salah satu cara menghilangkan karat pada knalpot. Proses penggunaannya sangat mudah. Cukup usapkan bensin pada bagian knalpot yang berkarat, lalu diamkan hingga karat mengelupas. Jika sudah, sikat dan gosok hingga karat hilang.

6. Oli gemuk atau stempet

8 Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot, Mudah dan Praktis!Ilustrasi grease atau gemuk (flickr.com/Brian Wotherspoon)

Cara menghilangkan karat pada knalpot berikut bisa  dengan oli gemuk atau stempet. Pertama, hidupkan motor hingga knalpot panas, kemudian oleskan oli gemuk atau stempet pada knalpot menggunakan kayu. Tunggu oli dan karat leleh bersamaan, lalu bersihkan.

7. Oli bekas

8 Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot, Mudah dan Praktis!Ilustrasi oli mesin mobil (Astra Peugeot)

Oli bekas bisa masuk dalam salah satu bahan untuk membersihkan karat pada knalpot motor. Praktiknya sama seperti pada penggunaan oli gemuk.

Cukup panaskan motor lalu oleskan oli bekas pada knalpot. Kemudian, tunggu hingga karat dan oli mencair.

8. Krim pembersih karat

8 Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot, Mudah dan Praktis!Ilustrasi pembersih (Pixabay/ds_30)

Cara membersihkan karat pada motor yang terakhir adalah menggunakan krim pembersih karat. Namun, cara ini memiliki beberapa tahapan.

Pertama lepaskan knalpot motor, amplas karat hingga bersih, tuangkan air, dan keringkan. Selanjutnya, oleskan krim pembersih karat pada knalpot, kemudian siram dengan bensin. Setelah tahap ini, perhatikan apakah karat sudah hilang. Jika belum hilang, silakan oleskan krim pembersih karat kembali dan tuang bensin hingga bersih, lalu pasang knalpotnya.

Demikian beberapa cara membersihkan karat pada motor yang efektif dan bisa dilakukan di rumah. Namun,  kalau kamu belum merasa puas, silakan datang ke bengkel untuk mendapat penanganan profesional.

Masih ada banyak tips otomotif lainnya di IDN Times. Yuk, cek terus untuk tahu informasi lainnya.

Baca Juga: 7 Perbedaan Knalpot Standar Vs Racing

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya