Comscore Tracker

Jangan Masukkan Jaket dan Sarung Tangan di Helm Basah, Bahaya!

Memangnya bahaya ya?

Jakarta, IDN Times - Memasukkan jaket dan sarung tangan ke dalam helm seusai riding sepertinya sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian rider. Kebiasaan tersebut biasanya dilakukan karena bagasi tunggangannya memiliki kapasitas yang tidak begitu besar. 

Tentu hal itu merupakan kebiasaan buruk bagi pengendara motor, sebab berisiko berbahaya. Terlebih lagi kalau helm tersebut dalam kondisi basah akan keringat. Hmm... kira-kira apa ya risikonya?

1. Menimbulkan rasa gatal di kepala

Jangan Masukkan Jaket dan Sarung Tangan di Helm Basah, Bahaya!Ilustrasi menggunakan helm (budgetdirect.com.au)

Pada dasarnya jaket dan sarung tangan memang dikenakan di bagian luar tubuh. Karena itu, kedua safety riding tersebut sudah pasti terdampak debu dan kotoran yang kemungkinan besar sangat bahaya bagi kesehatan.

Apabila, kamu memasukan jaket dan sarung tangan ke dalam helm yang basah akan keringat. Maka, kumpulan bakteri otomatis menyatu di dalamnya, sehingga kepala kamu bakal terasa sangat gatal saat menggunakan helmnya lagi. Parahnya, kondisi itu bisa menimbulkan ketombe di kepala dan rambut, lho.

Baca Juga: Cara Membersihkan Kaca Helm

2. Helm menjadi bau apek

Jangan Masukkan Jaket dan Sarung Tangan di Helm Basah, Bahaya!Pexels.com/Giorgio de Angelis

Kondisi helm yang basah akan menjadi semakin lembab, apabila kamu memasukkan jaket dan sarung tangan ke dalamnya. Sebaiknya hal ini jangan dibiarkan terlalu lama ya, guys. Selain bisa menyebabkan kepala gatal, hal ini juga mampu menyebabkan helm bahkan jaket dan sarung tangan juga menjadi bau apek.

Sebab endapan jaket dan sarung tangan ini mampu menutupi sirkulasi udara pada helm. So, gak heran kalau helm bakal mengeluarkan bau gak sedap yang sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Bahkan membuat kamu gak pede saat melepas helm, karena rambut juga bisa ikut tercium bau tersebut.

3. Jangan menyimpan jaket dan sarung tangan di helm lagi

Jangan Masukkan Jaket dan Sarung Tangan di Helm Basah, Bahaya!Ilustrasi helm (xtremehelmets.com)

Sekarang kamu sudah tahu risiko menyimpan jaket dan sarung tangan di helm yang basah. Maka sebaiknya, kamu hindari kebiasaan tersebut lagi. Kamu bisa menyimpan jaket ke dalam tas atau tetap mengenakannya saja. Hal ini lebih baik dibanding kepala kamu harus gatal, berketombe, dan bau apek.

Baca Juga: Jangan Pelit! Ini 4 Tanda Helm Sudah Wajib Diganti  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya