Comscore Tracker

Bikin Look Motor Jadi Keren, Ini Kelebihan Setang Fatbar

Look motor jadi keren, bermanuver pun lebih nyaman 

Jakarta, IDN Times - Setang merupakan komponen motor yang berguna untuk mengatur kendali motor saat melaju. Tapi fungsinya tak hanya sampai di situ saja, setang juga dapat memberikan look atau tampilan motor jadi lebih bergaya.

Setang fatbar adalah salah satu jenis setang motor yang tak hanya memberikan nilai fungsional saja, tapi juga menambah unsur estetika pada motor hingga tampilannya jadi lebih keren.

Kamu tertarik untuk mencoba setang fatbar pada motormu? Berikut informasi seputar setang fatbar.

1. Apa itu setang fatbar?

Bikin Look Motor Jadi Keren, Ini Kelebihan Setang FatbarIlustrasi stang fatbar (www.renthal.com)

Setang fatbar adalah jenis setang yang bagian tengahnya memiliki diameter yang lebih besar daripada bagian ujungnya. Jenis setang ini pada bagian tengahnya dibuat lebih menebal alih-alih menggunakan palang, sehingga stang jadi lebih kokoh meski tanpa palang.

Penamaan setang fatbar berawal dari Renthal, produsen setang motor, yang mengeluarkan produk setang yang gemuk pada bagian tengahnya. Setang tersebut dinamakan fatbar.

Pabrikan lain kemudian mengikuti jejak Renthal dengan memproduksi setang flatbar hingga kini.

Baca Juga: Daftar Harga Vespa Matic Terbaru, Harga Mulai Rp39 Juta

2. Perbedaan setang fatbar low dan fatbar high

Bikin Look Motor Jadi Keren, Ini Kelebihan Setang FatbarIlustrasi stang fatbar high (www.renthal.com)

Setang fatbar ini terbagi menjadi dua tipe, yakni fatbar high dan fatbar low. Perbedaan yang paling mencolok dari dua tipe setang fatbar ini adalah bagian rise-nya. Bagian rise pada fatbar high dibuat lebih meninggi, sedangkan rise pada fatbar low lebih rendah dan cenderung sedikit mendatar dibandingkan fatbar high.

3. Perbedaan seetang fatbar dan twinwall?

Bikin Look Motor Jadi Keren, Ini Kelebihan Setang FatbarIlustrasi stang twinwall (www.renthal.com)

Sebenarnya antara setang fatbar dan stang twinwall memiliki perbedaan yang mencolok satu sama lain. Untuk setang fatbar pada bagian tengahnya dibuat lebih menebal, sedangkan setang twinwall ketebalan bagian tengahnya normal.

Selanjutnya, setang fatbar memiliki satu pipa saja dan stang twinwall dibuat dengan memiliki dua pipa. Selain, ietu stang twinwall dipasang palang pada bagian tengah atas nya yang merupakan penstabil gerakan agar seetang lebih kokoh. Sedangkan setang fatbar dibuat tanpa ada palang di bagian tengah dan atasnya.

4. Kelebihan setang fatbar?

Bikin Look Motor Jadi Keren, Ini Kelebihan Setang FatbarIlustrasi stang fatbar (www.renthal.com)

Untuk kamu yang memang sedang tertarik untuk menggunakan setang fatbar pada motor kesayanganmu, tiga kelebihan setang fatbar ini bisa jadi acuan untuk lebih yakin dalam memilih jenis setang ini, di antaranya adalah:

  • Membuat berkendara hingga bermanuver jadi lebih nyaman

Menggunakan setang fatbar pada motor dirasa lebih membuat sensasi berkendara jadi lebih nyaman bagi penggunanya. Hal ini dirasa demikian karena setang fatbar memiliki diameter yang besar serta adanya penambahan riser.  Tumpuannya yang besar, membuat setang fatbar juga sangat nyaman untuk motor melakukan manuver.

  • Memberi kesan lebih sporty dan maskulin

Setang fatbar biasa digunakan pada motor sport tanpa fairing, motor touring, hingga motor adventure. Sehingga penggunaan setang fatbar pada motor akan memberikan tampilan yang sporty serta gagah nan maskulin pada motor secara instan.

  • Jika bengkok dapat diluruskan kembali

Seringkali terjadi kebengkokan pada setang motor akibat dari motor yang jatuh atau kecelakaan. Pada setang jenis fatbar, setang fatbar yang bengkok akibat jatuh hingga kecelakaan dapat diluruskan kembali dengan aman sehingga stang jadi tak terbuang sia-sia.

Penulis: Syahrial Maulana Sudarto

Baca Juga: Setang Motor Terasa Berat, Ternyata Begini Penyebabnya

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya