Comscore Tracker

Tips Menerjang Banjir dengan Motor

Lakukan persiapan sebelum menerjang banjir

Jakarta, IDN Times - Salah satu cara aman melewati banjir saat naik sepeda motor adalah dengan menghindarinya. Yup, hindari banjir sebisa mungkin. Tapi sering kali kita terpaksa harus menerjang banjir karena tidak ada jalan lain yang bisa dilewati.

Nah, kalau terpaksa harus menerjang banjir dengan sepeda motor, ada beberapa tips yang bisa kamu coba biar aman dan motor gak mogok.

1. Berkendara dengan perlahan

Tips Menerjang Banjir dengan MotorGenangan banjir di kawasan Pasar Induk Rau, Serang, Banten, Selasa (14/9/2021). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Ketika musim hujan dan kamu ingin menerjang banjir, cobalah untuk berkendara dengan perlahan. Dengan berkendara secara perlahan, kamu bisa mengantisipasi adanya jalan berlubang, batu, maupun saluran air yang tidak terlihat.

Jika kamu berkendara dengan kencang ketika menerjang banjir, kamu berisiko terjatuh dan terseret air. Selain itu, dengan berkendara perlahan, kamu bisa mengantisipasi air masuk ke dalam sistemkelistrikan motor yang bisa menyebabkan mogok.

Baca Juga: Mau Beli Jas Hujan? Check List Dulu 5 Poin Ini

2. Pastikan sepatbor dan fairing terpasang

Tips Menerjang Banjir dengan MotorIlustrasi sepatbor depan motor (istockphoto.com)

Sepatbor dan fairing pada sepeda motor berfungsi untuk membelah arus air sehingga dapat meminimalisasi air masuk ke dalam mesin sepeda motor yang menyebabkan mogok. Oleh karena itu, pastikan sepatbor dan fairing motormu lengkap terpasang pada sepeda motor ketika menerjang musim hujan dan banjir.

Baca Juga: Begini Cara Mencuci Sepeda Motor yang Benar

3. Menutup beberapa komponen penting

Tips Menerjang Banjir dengan MotorGenangan banjir di kawasan Pasar Induk Rau, Serang, Banten, Selasa (14/9/2021). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Tips menerjang banjir dengan motor selanjutnya adalah kamu bisa menutup beberapa komponen penting seperti saluran udara dan sistem kelistrikan menggunakan plastik dan karet. Selalu siapkan plastik dan karet ketika berkendara di musim hujan dan di jalanan yang sering banjir. Tutup komponen-komponen seperti filter udara, tutup oli, dan kabel besi dengan rapat dan jangan biarkan ada celah. Dengan begitu air tidak bisa masuk dan merusak bagian mesin sepeda motor saat menerjang banjir.

Baca Juga: Tips Menerjang Banjir dengan Mobil Matic

4. Matikan mesin sepeda motor

Tips Menerjang Banjir dengan MotorBanjir merendam Jalan Dr Mansyur Medan, Kamis (18/8/2022) pagi. Sejumlah kendaraan mogok karena nekat menerjang banjir (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Jalanan yang kamu lewati ketika musim hujan bisa saja terjadi banjir yang tingginya melebihi badan motor. Oleh karena itu, alangkah baiknya ketika menerjang genangan air tersebut, kamu mematikan mesin motor agar meminimalisasi risiko mesin rusak dan mogok.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Merawat Sepeda Motor di Musim Hujan

5. Menunggu air sampai surut

Tips Menerjang Banjir dengan Motorilustrasi suasana hujan (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Cara terbaik ketika berkendara di musim hujan dengan jalanan yang banjir adalah menunggu hingga air tidak terlalu tinggi. Hal ini adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan demi bisa menyelamatkan mesin motor, walaupun harus mengorbankan waktu. 

Selain menunggu, kamu juga bisa mencari jalan alternatif yang tidak banjir, dengan risiko biasanya adalah jalanan menjadi lebih jauh ataupun macet karena orang-orang pun melakukan hal yang sama.

Itulah 5 tips menerjang banjir dengan motor yang bisa kamu ikuti ketika berkendara saat musim hujan. Tetap perhatikan keselamatan dalam berkendara. Selain itu, perhatikan juga keamanan mesin-mesin ketika mencoba menerjang banjir. Jangan sampai ketika menerjang banjir, justru mesin motormu mati atau mogok karena air memasuki ruang mesin dan merusaknya.

Temukan informasi dan tips menarik lainnya seputar otomotif hanya di IDN Times. Kamu juga bisa temukan informasi seputar mobil yang sayang untuk kamu lewatkan.

Penulis: Deden Usman Hafidi

Baca Juga: 9 Cara Membersihkan Mobil Setelah Terendam Banjir dengan Mudah

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya