Comscore Tracker

Mengenal Proposal Usaha, Kunci Awal untuk Memulai Bisnis 

Proposal usaha dapat dipakai untuk prospek investor

Jakarta, IDN Times - Memulai bisnis dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun, dalam memulainya tentunya seseorang harus memiliki pedoman atau dasar rencana terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari adanya kehilangan tujuan saat membangun usaha tersebut. 

Maka dari itu, untuk memulai bisnis, ada baiknya membuat proposal usaha agar bisnis yang dijalani lebih terstruktur dan terarah. Namun, apa sebenarnya proposal usaha itu? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Proposal Bisnis Plan, Semua Berawal dari Sini!

1. Apa itu proposal usaha?

Mengenal Proposal Usaha, Kunci Awal untuk Memulai Bisnis pexels.com/rawpixel.com

Proposal usaha adalah dokumen tertulis yang berisi gambaran dan proyeksi untuk mendirikan atau mengembangkan sebuah peluang usaha. Dengan proposal ini, pebisnis dapat terbantu untuk mendapatkan pembiayaan, mempertajam strategi, serta mencapai tujuan.

Di dalamnya, berisi gambaran dan rencana bisnis yang nantinya menjadi acuan pebisnis dan juga sebagai alat untuk mendapatkan investor atau pemodal. Jadi, kalau proposal usaha menarik, investor atau pemodal bersedia untuk menanamkan modal di bisnis kamu.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis dengan Modal Kecil, Cocok untuk Menambah Penghasilan

2. Pentingnya menyusun proposal usaha

Mengenal Proposal Usaha, Kunci Awal untuk Memulai Bisnis unsplash.com

Proposal usaha menjadi penting untuk disusun karena bisa sebagai kerangka untuk mendirikan suatu usaha. Itu juga sebagai bahan perbandingan antara rencana sebelumnya dengan target yang ingin dicapai.

Selain itu, dapat juga sebagai acuan rancangan strategi bisnis dan pengembangan bisnis, juga sumber catatan mengenai anggaran yang dibutuhkan.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis dengan Modal Kecil, Cocok untuk Menambah Penghasilan

3. Kelebihan memiliki proposal usaha

Mengenal Proposal Usaha, Kunci Awal untuk Memulai Bisnis Instagram

Jika seorang pebisnis memiliki proposal usaha, maka beberapa keuntungan akan didapatkan. Beberapa di antaranya adalah, proposal ini dapat digunakan untuk mendata persaingan pada lapangan, risiko yang akan dihadapi, dan membantu pebisnis dalam mengambil langkah antisipasi risiko tersebut.

Selain itu, juga dapat menjadi materi yang diajukan untuk meyakinkan dan menjalin kerjasama dengan investor, serta sebagai syarat untuk mengajukan pinjaman modal kepada pihak bank.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya