Comscore Tracker

Sejarah Coca-Cola Jadi Brand Minuman Kelas Dunia 

Apa yang membuat Coca-Cola menjadi terkenal ya?

Jakarta, IDN Times - Kita semua pasti pernah meminum atau setidaknya mencoba minuman bersoda Coca-Cola. Kini usia Coca-Cola sudah 133 tahun sejak kali pertama ditemukan pada 8 Mei 1886.

Adalah seorang dokter dan apoteker bernama Dr John S Pemberton yang menemukan Coca Cola di Atlanta, Georgia. Dr Pemberton menguji minuman tersebut pada pelanggan di apotek setempat, Jacobs’ Pharmacy, yang kemudian menjadi sangat populer dan dijual dengan harga lima sen per gelas.

1. Nama Coca-Cola pemberian teman Dr Pemberton

Sejarah Coca-Cola Jadi Brand Minuman Kelas Dunia coca cola

Meski ditemukan oleh Dr Pemberton, nama Coca Cola diciptakan oleh teman dan mitra bisnis Dr Pemberton, Frank M Robinson. Bahkan tulisan Coca Cola yang menjadi ikon sekarang ini adalah tulisan Robinson dengan jenis huruf Spencerian.

Robinson sengaja menonjolkan huruf 'C' agar terlihat menarik.

2. Formula rahasia Coca-Cola yang menjadi bisnis besar

Sejarah Coca-Cola Jadi Brand Minuman Kelas Dunia coca cola

Enam tahun berselang sejak Coca-Cola ditemukan, Asa Candler membeli hak bisnis Coca-Cola dan formula rahasianya.

Formula rahasia Coca-Cola ini berharga sangat mahal. Dalam sejarah Coca-Cola disebutkan bahwa pada 5 Desember 1919, sebuah konsorsium pengusaha yang dipimpin Ernest Woodruff, ayah Robert W. Woodruff, membeli The Coca-Cola Company seharga US$25 juta dan langsung memasukannya ke pasar saham New York. Woodruff menjadikan formula rahasia sebagai jaminan pinjaman.

Ia kemudian meminta putra Candler menuliskan rumus tersebut dan meletakkan kertasnya di lemari besi di Guaranty Bank, New York. Woodruff baru menebus dan mendapatkan formula rahasia Coca-Cola 6 tahun berselang. Ia membawanya pulang ke Atlanta dan menyimpannya di Trust Company Bank.

Setelah 86 tahun, formula rahasia dipindahkan ke World of Coca-Cola di Atlanta. Ribuan orang mengunjungi Vault of the Secret Formula setiap tahunnya.

Coca-Cola sempat mendapatkan kontroversi karena pertama kalinya dalam 99 tahun mengubah formulanya. Produk yang disebut sebagai New Coke banyak diprotes konsumen. Produk yang dibuat dengan formula awal berganti nama menjadi Coca-Cola Classic kembali diluncurkan ke pasaran 79 hari kemudian.

3. Perubahan bentuk Coca-Cola

Sejarah Coca-Cola Jadi Brand Minuman Kelas Dunia pixabay.com

Coca-Cola dalam kemasan botol pertama kali dibuat pada tahun 1899 dengan menggunakan botol berbentuk Hutchinson. Pada 1915 prototipe kontur botol Coca-Cola didesain oleh Alexander Samuelson

Selanjutnya Coca-Cola pertama kali menyediakan kemasan kaleng seberat 12 ons pada 1960.

4. Bentuk promosi Coca-Cola di awal penjualan

Sejarah Coca-Cola Jadi Brand Minuman Kelas Dunia coca cola

Pada saat dipegang Candler, Coca-Cola dipromosikan dengan cara membuat berbagai macam benda-benda cenderamata berlogo Coca-Cola. Benda-benda tersebut kemudian dibagi-bagi di lokasi-lokasi penjualan penting yang berkesinambungan.

Gaya periklanan yang inovatif, seperti desain warna-warni untuk bus, lampu gantung hias dari kaca, serta serangkaian cenderamata seperti kipas, tanggalan dan jam dipakai untuk memasyarakatkan nama Coca-Cola dan mendorong penjualan.

Pada 1900, sorang penyanyi opera bernama Hilda Clark menjadi selebriti pertama yang menjadi bintang iklan Coca-Cola dalam berbagai media, termasuk nampan, poster, dan pembatas buku.

Upaya mengiklankan merek Coca-Cola ini pada mulanya tidak mendorong penggunaan kata Coke, bahkan konsumen dianjurkan untuk membeli Coca-Cola dengan kata-kata berikut: "Mintalah Coca-Cola sesuai namanya secara lengkap; nama sebutan hanya akan mendorong penggantian produk dengan kata lain".

Tetapi konsumen tetap saja menghendaki Coke, dan akhirnya pada tahun 1941, perusahaan mengikuti selera popular pasar. Tahun itu juga, nama dagang Coke memperoleh pengakuan periklanan yang sama dengan Coca-Cola, dan pada tahun 1945, Coke resmi menjadi merek dagang terdaftar.

5. Iklan Coca-Cola menyedot perhatian

Sejarah Coca-Cola Jadi Brand Minuman Kelas Dunia coca cola

Kampanye iklan Things Go Better with Coke dimulai pertama kalinya pada 1963. Di radio, para musisi pop seperti the Supremes, Ray Charles, Aretha Franklin, Jan and Dean, Roy Orbinson dan The Coasters menyanyikan lagunya dengan keunikan mereka masing-masing.

8 Tahun berselang Coca-Cola kali pertama diperkenalkan sebagai iklan radio lalu diproduksi sebagai iklan televisi, I’d Like to Buy the World a Coke terkenal di seluruh dunia dan menjadi iklan Coca-Cola yang paling populer.

6. Tagline, logo dan kepopuleran Coca-Cola

Sejarah Coca-Cola Jadi Brand Minuman Kelas Dunia coca-colacompany.com

Pada 1921 Coca-Cola menggunakan slogan ‘Haus Tidak Mengenal Musim’ (Thirst Knows No Season) berhasil membuat Coca-Cola yang awalnya dikenal sebagai minuman musim panas, menjadi minuman yang dapat dinikmati sepanjang tahun

Coca-Cola lalu menjadi produk pertama yang tampil sebagai sampul majalah Time pada 1950.

Selanjutnya 1969 Coca-Cola semakin mengukuhkan merek mereka dengan memperkenalkan sebuah tampilan grafis yang baru dengan warna merah dan putih yang selalu menjadi bagian dari logonya untuk semua sistem Coca-Cola.

Baca Juga: Coca Cola Forest, Upaya Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Ekonomi

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya