Comscore Tracker

Cara Mengganti Nama Toko di Shopee Melalui Laptop, PC dan HP

Baca ini supaya kamu tahu

Beberapa hal menjadi alasan para seller atau penjual yang membuka toko di Shopee harus mengubah nama tokonya di Shopee. Apalagi jika tujuannya untuk meningkatkan branding dan dan untuk mendapatkan banyak pembeli. Maka dari itu informasi ini menjadi salah satu hal yang wajib diketahui.

Pada saat membuka toko online di Shopee, kamu mungkin belum terpikirkan nama yang dirasa pas, cantik, estetik, dan menarik perhatian. Namun, setelah memiliki banyak follower dan toko menjadi makin laris, nama toko menjadi hal yang sangat penting.

Karena menjadi sangat penting, maka kamu sebaiknya mengganti nama yang lebuh ciamik. Pasalnya, nama toko ini akan selalu muncul saat kamu melakukan transaksi dengan konsumenmu. Nama toko kamu bahkan akan tercetak sebagai pihak pengirim ketika akan melakukan pengiriman barang.

Maka dari itu kamu perlu menyimak cara mengganti nama toko di Shopee yang sudah IDN Times rangkum. Berikut caranya

Baca Juga: Tips Belanja Murah untuk Ciptakan Rumah Impian ala Shopee

1. Cara Mengganti Nama Toko di Shopee lewat PC/Laptop

Cara Mengganti Nama Toko di Shopee Melalui Laptop, PC dan HPilustrasi aplikasi e-commerce (IDN Times/Dwi Agustiar)

Untuk melakukan penggantian nama toko di Shopee kamu, kamu bisa memanfaatkan Shopee Seller Centre ini adalah cara yang ditawarkan oleh Shopee untuk kamu yang ingin mengubah nama toko menjadi lebih profesional sehingga menarik hati pembeli.

Berikut adalah caranya:

  1. Login Shopee seller centre melalui laptop atau PC.
  2. Klik menu Akun lalu masukkan password atau kata sandi agar bisa mengakses berbagai hal yang ada di dalamnya.
  3. Jika sudah, pilih menu ubah yang terdapat di sebelah kanan layar. Tepatnya di samping opsi Profil Saya.
  4. Setelah itu, masukkan nama atau username baru yang kamu inginkan. Ingat, penuhi ketentuan username supaya penggantian nama toko berhasil. Ketentuan dari username tersebut adalah sebagai berikut:
    • Username harus terdiri atas 5 karakter hingga 30 karakter.

    • Username juga harus mencakup angka, huruf, titik, garis bawah dan tanpa spasi. Jadi misalnya username yang kamu inginkan adalah Toko XYZ, maka di Shopee harus ditulis Toko_XYZ.

    • Username yang terbaru tidak diijinkan mengandung atau menggunakan unsur yang menunjukkan indikasi melanggar Hak atas Kekayaan Intelektual dari suatu brand atau merk.

  5. Apabila username baru yang dimasukkan itu dinilai sah, maka akan muncul pop up di layar yang isinya adalah untuk konfirmasi perubahan username. Jadi, pop up ini akan menanyakan keyakinan mengganti username tersebut dan sekaligus akan diingatkan bahwa nanti link toko akan berubah.

  6. Pada pop up tersebut, klik saja Simpan dan Login Kembali.

  7. Selanjutnya, kamu sebagai penjual akan diarahkan ke halaman Log In. Di sini, kamu harus melakukan Log In ulang seperti biasanya. Selesai.

2. Syarat Mengganti Nama Toko di Shopee lewat PC/Laptop

Kamu bisa melakukan penggantian username hanya sebanyak 1 kali dalam 30 hari. Jadi, setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka dalam 30 hari kedepan tombol ubah tidak akan bisa di klik.

Akan tetapi, kamu masih bisa melihat pesan yang memberitahukan kapan kiranya penggantian nama bisa dilakukan untuk lain kalinya. Dengan begitu, untuk mengubah nama toko kembali kamu harus menunggu sampai tenggat waktu yang diberikan oleh pihak Shopee Seller Centre.

Namun sebenarnya kamu bisa mengganti nama tokomu di Shopee lebih dari 1 kali dalam 30 hari. Akan tetapi kamu harus menghubungi pihak Customer Service Shopee.

Baca Juga: Perbedaan Star dan Star Plus di Shopee yang Belum Banyak Diketahui

3. Cara Mengganti Nama Toko di Shopee lewat HP

Cara Mengganti Nama Toko di Shopee Melalui Laptop, PC dan HPilustrasi aplikasi e-commerce (IDN Times/Dwi Agustiar)

Aplikasi yang dimaksud tentu saja adalah Shopee. Artinya, penggantian nama toko selain bisa melalui PC atau Laptop bisa juga dilakukan menggunakan HP. Berikut adalah caranya.

  1. Akses akun Shopee kamu seperti biasanya.
  2. Setelah aplikasi Shopee terbuka, langsung klik Saya yang posisinya ada di pojok sebelah kanan layar bawah.
  3. Selanjutnya, pilih Pengaturan Akun dan akan muncul beberapa menu di situ.
  4. Klik Profil Saya, lalu pilih Username.
  5.  Setelah di klik, tampilan layar akan langsung berubah dan kamu bisa memasukkan nama baru yang diinginkan. Harus diingat, memasukkan username baru ini ada ketentuannya ya, sebagai berikut:
    • Username harus terdiri atas 5 karakter hingga 30 karakter.
    • Username juga harus mencakup angka, huruf, titik, garis bawah dan tanpa spasi. Jadi misalnya username yang kamu inginkan adalah Toko XYZ, maka di Shopee harus ditulis Toko_XYZ.
    • Username yang terbaru tidak diijinkan mengandung atau menggunakan unsur yang menunjukkan indikasi melanggar Hak atas Kekayaan Intelektual dari suatu brand atau merk.
  6. Jika sudah yakin dengan username yang baru saja dimasukkan, bisa klik Simpan.
  7. Setelah itu, layar kamu akan menampilkan halaman Ubah Profil seperti sebelumnya dan juga akan muncul pesan pop up yang isinya adalah Berhasil Diubah seperti ini
  8. Selesai, sekarang nama toko kamu telah berubah sesuai dengan yang diinginkan.

4. Syarat Mengganti Nama Toko di Shopee lewat HP

Sama seperti dengan mengubah nama toko di Shopee lewat Shopee Seller Centre, mengubah nama toko lewat aplikasi Shopee juga hanya bisa dilakukan 1 kali dalam 30 hari.

Melakukan perubahan nama toko ini masih akan ditinjau oleh pihak Shopee maksimal selama 2X24 jam setelah proses pengajuan dilakukan.

Itulah cara mengganti nama toko di shopee lengkap dengan syaratnya yang sudah IDN Times rangkum, dengan mengubah nama tokomu bisa meningkatkan penjualan dan tentu saja melakukan branding dengan tepat. Selamat menikmati!

Topic:

  • Khairul Ilham
  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya