Comscore Tracker

6 Tips Membangun Bisnis Kafe bagi Pemula, Siap Jadi Entrepreneur? 

Yuk, siapkan jiwa bisnismu! 

Membangun bisnis kafe adalah hal yang cukup menarik untuk kamu geluti. Banyak para entrepreneur meraih kesuksesan dengan terjun ke dunia kuliner. Kamu pun bisa menjadi entepreneur dengan mencoba membangun bisnismu sendiri. 

Bukan hal yang mudah dalam mengembangkan bisnis tersebut. Persaingan pasar dan ide selalu menjadi kendala yang menimbulkan semangat mundur. Atasi ini dengan cara yang inovatif agar kamu bisa bersaing secara sehat.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis kafemu. 

1. Promosikan kafe via medsos, vlogger, hingga startup makanan

6 Tips Membangun Bisnis Kafe bagi Pemula, Siap Jadi Entrepreneur? Pexels.com/Ree

Promosi yang menarik harus kamu terapkan dalam usaha kafemu. Buat ide yang unik agar pelanggan mau berkunjung ke kafemu. Pasang spanduk yang menarik dengan gambar yang menggoda.

Promosikan pula di Instagram, Facebook, serta media sosial lainnya dengan menambahkan promo yang menarik. Untuk lebih berkembang, jalin kerja sama dengan startup makanan atau para vlogger agar bisnismu cepat dikenali semua orang.

2. Variasikan rasa dengan packaging unik

6 Tips Membangun Bisnis Kafe bagi Pemula, Siap Jadi Entrepreneur? Pexels.com/Johnny Pan

Menampilkan menu harus kamu perhatikan dengan baik. Kembangkan ide untuk varian rasa yang unik agar orang-orang mau datang. Kamu bisa mempercantik desain packaging agar menarik pelanggan.

Semua orang mudah tergoda dengan makanan yang dibungkus dalam desain yang unik. Bikin orang penasaran terhadap menu di kafemu. Kamu bisa tambahkan quotes di desain packaging. Jangan berhenti untuk menciptakan inovasi rasa terbaru yang membuat kafemu beda dengan yang lainnya.

3. Desain kafe dengan seni dan spot foto

6 Tips Membangun Bisnis Kafe bagi Pemula, Siap Jadi Entrepreneur? Pexels.com/Ba Phi

Selain nyaman dan bersih, desain kafemu harus dibuat menarik. Kamu bisa mendesain kafe dengan menambahkan art dan spot foto terbaik. Untuk menghemat biaya, gunakan barang-barang bekas yang masih bisa dipergunakan untuk mempercantik kafemu.

Barang-barang bekas jika dirancang dan di cat kembali akan terlihat bagus. Cari inspirasi di internet untuk desain cafe yang inovatif dan produktif dari bahan bekas. Tambahkan nuansa kayu dan tanaman hias agar tampilannya lebih green house dan Instagramable.

Baca Juga: 15 Desain Kafe Minimalis untuk Kamu yang Baru Memulai Bisnis

4. Racik kopi sebagai penarik pelanggan

6 Tips Membangun Bisnis Kafe bagi Pemula, Siap Jadi Entrepreneur? Pixabay.com/Fancycrave1

Kopi selalu diburu oleh semua orang, baik pria dan wanita. Kadang kala ada tipe orang yang berkunjung ke kafemu hanya memesan secangkir kopi saja.

Menjadikan kopi sebagai minuman penarik pelanggan merupakan ide yang bagus. Racik kopimu dengan bahan-bahan yang unik dan menambah cita rasanya menjadi lebih nikmat. Kamu bisa mencoba brown sugar atau bubble untuk menarik pelanggan.

5. Pikirkan nama kreatif yang kekinian

6 Tips Membangun Bisnis Kafe bagi Pemula, Siap Jadi Entrepreneur? Pexels.com/Hoang Loc

Kamu perlu menambahkan nama yang unik dan kreatif dalam merek kafe dan menu. Kebanyakan orang akan mudah mengingat merek yang diberi nama yang unik. Kamu bisa memadu padankan nama itu dengan sesuatu yang sedang viral atau kata dari bahasa asing.

Anak-anak muda lebih tertarik dengan kafe yang punya nama kekinian dan menu yang kadang membuat mereka tertawa. Hal ini memberi kesan berbeda dalam pikiran setiap pelanggan. 

6. Sesuaikan harga dengan target pelanggan

6 Tips Membangun Bisnis Kafe bagi Pemula, Siap Jadi Entrepreneur? Pexels.com/Elevate

Harga merupakan faktor penting dalam mengembangkan usahamu ini. Target kafemu kebanyakan konsumen dari generasi muda. Jadi sesuaikan harga menu di kafemu agar cocok di kantong anak muda. Kebiasaan mereka yang sering nongkrong di tempat ramai dapat kamu manfaatkan untuk menambah pelanggan pada kafemu.

Selalu ingat bahwa dalam mengembangkan bisnis kafe harus disertai sikap pantang menyerah dan berani mencoba hal-hal baru. Sebagai seorang entrepreneur, kamu harus mampu bersaing secara sehat dengan sikap inovatif yang ada pada dirimu.

Baca Juga: Bingung Mau Bisnis Apa? 6 Tanda Passion Cocok Dijadikan Bisnis

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya