Comscore Tracker

Jokowi Sampaikan 3 Prioritas Presidensi G20 RI di Forum Ekonomi Dunia

Salah satunya soal distribusi vaksin yang lebih merata

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo menyampaikan tiga prioritas Indonesia sebagai Presidensi G20. Salah satu yang menjadi fokus Indonesia adalah meningkatkan distribusi vaksin COVID-19 yang merata.

“Masyarakat dunia sedang cemas dan khawatir dengan keadaan dunia. Kecemasan ini harus kita jawab dengan aksi-aksi yang nyata,” kata Jokowi dalam World Economic Forum yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (20/1/2022).

Jokowi mengatakan Indonesia berusaha agar Presidensi G20 tahun 2022 ini bisa menjadi bagian penting untuk menjawab pesan tersebut dengan menjadi katalis bagi pemulihan ekonomi global yang inklusif.

1. Jokowi ingin arsitektur global lebih tertata dan lebih inklusif

Jokowi Sampaikan 3 Prioritas Presidensi G20 RI di Forum Ekonomi DuniaPresiden Jokowi hadiri World Economic Forum (YouTube Sekretariat Presiden)

Jokowi menyampaikan, dengan tema Presidensi G20 “Recover Together, Recover Stronger”, Indonesia akan mengedepankan kerja sama dan inklusivitas, serta menyediakan platform terobosan dan upaya transformasi di berbagai bidang.

Kemudian, mantan Wali Kota Solo ini menyebut Indonesia akan fokus pada tiga prioritas. Pertama yaitu menata kembali arsitektur global agar lebih inklusif dan tanggap terhadap krisis.

“Produksi vaksin ditingkatkan dengan distribusi yang merata, investasi dan pendanaan yang dibutuhkan harus dapat di mobilisasi secara cepat. Upaya untuk mencegah krisis selanjutnya,” tutur Jokowi.

Baca Juga: Penting! Manfaat G20 untuk Masa Depan Anak Muda

2. Optimalisasi teknologi digital jadi prioritas kedua Indonesia

Jokowi Sampaikan 3 Prioritas Presidensi G20 RI di Forum Ekonomi DuniaPresiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Fokus kedua, lanjut Jokowi, adalah optimalisasi teknologi digital untuk transformasi ekonomi. Orang nomor satu di Indonesia ini dampaknya dirasakan oleh masyarakat, terutama oleh UMKM.

“Literasi dan kemampuan digital masyarakat harus ditingkatkan. Keamanan data harus tetap dijaga,” jelasnya.

3. Jokowi prioritaskan transisi energi yang lebih ramah lingkungan

Jokowi Sampaikan 3 Prioritas Presidensi G20 RI di Forum Ekonomi Dunia(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Lalu prioritas ketiga yaitu transisi energi yang lebih ramah lingkungan. Menurut Jokowi, teknologi mampu mendorong produksi berbasis ekonomi.

“Tiga prioritas tersebut merupakan kesempatan dan peluang investasi yang perlu kita manfaatkan secara optimal. Presidensi G20 Indonesia harus memberikan dampak konkret bagi pemulihan dan pertumbuhan ekonomi nasional. Manfaatnya juga harus dirasakan bagi masyarakat luas,” terang Jokowi.

“Kita ingin manfaatkan kerja sama G20 untuk meningkatkan perdagangan, meningkatkan indutrilisasi, meningkatkan penguasaan teknologi di Indonesia dan dunia,” dia menambahkan.

Baca Juga: Jokowi Minta Jajarannya Waspadai Ketidakpastian Ekonomi Global

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya