Comscore Tracker

20 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian menurut ahli dari dalam dan luar negeri

Istilah promosi pasti sudah tidak asing lagi di telingamu. Kata promosi biasanya kita temukan di iklan-iklan produk penjualan dalam berbagai bentuk. Bisa berupa pamflet, selebaran, spanduk, hingga promosi produk di internet dan media sosial.

Namun, tahukah kamu apa itu promosi? IDN Times akan merangkum sejumlah pengertian promosi menurut para ahli dari dalam dan luar negeri supaya kamu makin paham. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya.

1. Pengertian promosi menurut para ahli dari dalam negeri

20 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli TerlengkapMeningkatkan loyalitas sebagai manfaat promosi (canva.com)

Pengertian promosi menurut para ahli dari dalam negeri dikemukakan oleh beberapa ahli ekonomi atau ekonom di Indonesia. Berikut ini beberapa pengertiannya:

1. Suryana

Promosi adalah sebuah cara mengomunikasikan barang dan jasa yang ditawarkan agar konsumen dapat mengenal dan membeli.

2. Fandy Tjiptono

Menurut Tjiptono, promosi merupakan bentuk komunikasi pemasaran berupa aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, memengaruhi, membujuk atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dna produknya supaya bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan tersebut.

3. Kusmono

Menurutnya, promosi adalah usaha yang dilakukan pasar untuk memengaruhi pihak lain supaya berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran.

4. Basu Swastha Dharmmesta

Menurut Swastha, promosi adalah arus informasi persuasi satu arah yang dibuat untuk memengaruhi seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

5. Djaslim Saladin dan Yevis Marty Oesman

Menurut Saladin dan Oesman, promosi merupakan bentuk komunikasi informasi penjual dan pembeli yang tujuannya untuk mengubah sikap dan tingkah laku pembeli, dari yang sebelumnya tidak mengenal menjadi mengenal, sehingga menjadi pembeli dan mengingat produk tersebut.

6. Sistaningrum

Menurut Sistaningrum, promosi merupakan upaya atau kegiatan perusahaan dalam memengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensial agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan saat ini atau di masa mendatang.

7. Indriyo Gitosudarmo

Menurut Gitosudarmo, promosi merupakan kegiatan yang ditujukan untuk memengaruhi konsumen supaya mereka menjadi kenal terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang, lalu membeli produk tersebut.

8. Rambat Lupiyoadi

Menurut Lupiyoadi, promosi adalah variabel dalam bauran pemasaran yang penting untuk dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan produk jasa. Kegiatan promosi bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dan konsumen, tetapi juga sebagai alat memengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan jasa sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

9. Swastha dan Irawan

Menurut mereka, promosi adalah arus informasi satu arah dengan tujuan mengarahkan seorang atau organisasi terhadap tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

10. Djaslim Saladin

Menurut Saladin, promosi adalah unsur di dalam bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk konsumen tentang produk perusahaan.

11. Buchari Alma

Menurutnya, promosi adalah suatu komunikasi yang memberikan penjelasan dan meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa dengan tujuan memperoleh perhatian, mendidik, mengingatkan, dan meyakinkan calon konsumen.

2. Pengertian promosi menurut para ahli dari luar negeri

20 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli TerlengkapMemperluas marketing tradisional sebagai manfaat promosi (canva.com)

Beberapa ekonom dari luar negeri juga memberikan penjelasan dan pendapatnya tentang pengertian promosi. Pengertian promosi menurut para ahli luar negeri di antaranya:

1. Herper Boyd

Menurut Boyd, promosi merupakan sebuah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep, dan gagasan.

2. Louis E. Boone dan David L. Kurtz

Menurut Boone dan Kurtz, promosi adalah sebuah proses menginformasikan, membujuk, dan memengaruhi suatu keputusan pembelian.

3. Jeff Madura

Menurut Jeff Madura, promosi merupakan tindakan menginformasikan atau mengingatkan tentang spesifikasi produk atau merek.

4. Philip Kotler

Menurut Kotler, promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara berkomunikasi dengan pasar menggunakan komposisi bauran promosi promotional mix.

5. Stanton

Menurut Stanton, promosi adalah kegiatan memberikan informasi kepada konsumen serta memengaruhi dan mengimbau khalayak ramai.

6. Thomas W. Zimmerer

Menurut Zimmerer, promosi merupakan segala bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk memengaruhi mereka supaya membeli barang atau jasa tersebut, mencakup publisitas, penjualan perorangan dan periklanan.

Baca Juga: Kenali 5 Perbedaan Firma dan CV, Belum Banyak yang Tahu!

3. Pengertian promosi menurut kamus

20 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli TerlengkapMenarik pelanggan baru sebagai manfaat promosi (canva.com)

Setelah memahami pengertian promosi menurut para ahli, kamu juga perlu mendalami pengertian promosi menurut kamus besar seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Merriam-Webster. Berikut pengertiannya:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, promosi adalah perkenalan dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya atau reklame.

2. Merriam-Webster

Menurut Merriam-Webster, promosi merupakan suatu tindakan memajukan pertumbuhan atau mengembangkan sesuatu, khususnya seperti kelanjutan penerimaan dan penjualan produk melalui iklan, publisitas, dan diskon.

3. Cambridge Dictionary

Menurut Cambridge Dictionary, promosi adalah kegiatan untuk mengiklankan sesuatu atau sebuah periklanan yang ditujukan untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa.

Demikianlah pengertian promosi menurut para ahli terlengkap dari dalam dan luar negeri serta pengertian menurut kamus. Supaya lebih paham, pelajari materi tentang promosi dalam periklanan di buku-buku ekonomi atau manajemen pemasaran.

Baca Juga: 25 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli Terlengkap, Simak Yuk

Topic:

  • Yogama Wisnu
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya