Comscore Tracker

Terapkan 5 Tips Ini kalau Mau Berhasil Nabung Rp100 Juta dalam Setahun

Komitmen itu penting ya guys

Jakarta, IDN Times – Bagi sebagian orang, menabung masih menjadi suatu hal yang sulit dilakukan. Apalagi, bila nominal yang ingin dicapai besar, misalnya Rp100 juta, rasa-rasanya menabung semakin berat untuk dilakukan.

Namun, bila ada niat dan tekad yang kuat, nyatanya menabung Rp100 juta dalam setahun bukanlah hal yang mustahil dilakukan.

Mau tau gimana caranya nabung Rp100 juta dalam setahun? Berikut IDN Times bagikan tipsnya yang dikutip dari Mekari.

Baca Juga: 10 Tips Menabung 1 Juta per Bulan, Buruan Coba!

1. Kurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting

Terapkan 5 Tips Ini kalau Mau Berhasil Nabung Rp100 Juta dalam SetahunIlustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Mengurangi pengeluaran yang tidak dibutuhkan memiliki dampak yang cukup besar lho bagi keuanganmu. Misalnya, kurangi belanja online untuk sesuatu yang tidak dibutuhkan, kurangi kongkow di cafe secara berlebihan, dan mengurangi hal kurang penting lainnya.

Dengan begitu, kamu bisa menghemat beberapa lembar rupiah sehingga target menabung Rp100 juta setahun dapat lebih cepat dan lebih mudah tercapai.

Baca Juga: 10 Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan, Terapkan yuk!

2. Hindari pinjaman online

Terapkan 5 Tips Ini kalau Mau Berhasil Nabung Rp100 Juta dalam Setahunilustrasi pinjaman online (IDN Times/Aditya Pratama)

Belakangan ini, banyak orang menggunakan pinjaman online sebagai solusi untuk mengatasi masalah keuangan bila dalam keadaan yang kepepet. Padahal, sebenarnya cara ini harus dihindari, apalagi jika kamu ingin menabung Rp100 juta dalam setahun.

Pinjol memiliki bunga yang cukup tinggi  sehingga bukannya memberikan solusi tapi malah kamu akan terjebak untuk membayar bunga pinjaman seumur hidupmu.

3. Pastikan menabung di awal

Terapkan 5 Tips Ini kalau Mau Berhasil Nabung Rp100 Juta dalam Setahunilustrasi gaji (pexels.com/Karolina Grabowska)

Saat waktu gajian tiba, biasanya kamu mudah tergoda untuk langsung membelanjakan uang tersebut. Namun, jika ingin mencapai tujuan menabung dengan cepat, ada baiknya bila gaji tersebut kamu masukan tabungan terlebih dahulu.

Atau jika tujuan keuangannya untuk DP rumah, atau usaha, lebih baik letakan di deposito atau reksadana, logam mulia, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Menabung di Rumah Meski Punya Uang Sedikit

4. Cari pemasukan tambahan

Terapkan 5 Tips Ini kalau Mau Berhasil Nabung Rp100 Juta dalam Setahunilustrasi dropshipper (pexels.com/Kampus Production)

Menabung sebesar Rp100 juta dalam setahun tentu bukanlah hal yang mudah. Namun, itu juga bukanlah suatu hal yang mustahil.

Supaya target menabung Rp100 juta mu lebih mudah tercapai, kamu juga bisa mencari pemasukan tambahan. Tak perlu melakukan pekerjaan yang berat dan melelahkan. Kamu bisa mencoba menjadi dropshiper, reseller, atau freelancer tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar.

5. Komitmen pada tujuan

Terapkan 5 Tips Ini kalau Mau Berhasil Nabung Rp100 Juta dalam Setahunilustrasi menabung (pexels.com/ Joslyn Pickens)

Hal terakhir yang juga hal terpenting untuk bisa mencapai target menabung Rp100 juta dalam setahun adalah komitmen. Dengan fokus menabung dan tetap berkomitmen, kamu pasti bisa mencapai target menabungmu.

Jangan lupa untuk mengubah kebiasaan buruk yang dapat menghambat mu mencapai tujuan.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya