Comscore Tracker

Auditor Eksternal: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Penjelasan apa itu auditor eksternal

Agar bisnis dapat berkembang dengan baik perlu dilakukan peningkatan efisiensi dan efektivitas kerja. Salah satunya dengan melakukan audit keuangan untuk mengelola, mengendalikan dan menciptakan sistem keuangan yang sehat. 

Dengan menciptakan sistem keuangan yang sehat, kerja-kerja  baik meliputi pelayanan pelanggan menjadi kian baik, serta meningkatkan kualitas suatu produk yang ditawarkan. Salah satu yang menjadi faktor penting adalah dengan adanya auditor eksternal. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai apa itu auditor eksternal secara lengkap.

Baca Juga: Kalahkan Italia dan Inggris, BPK Terpilih Jadi Auditor Eksternal IMO

1. Pengertian auditor internal dan auditor eksternal

Auditor Eksternal: Pengertian, Fungsi dan JenisnyaIlustrasi rencana keuangan, laporan keuangan, anggaran (IDN Times/Shemi)

Secara umum ada dua jenis auditor berdasarkan yakni auditor internal yakni bagian khusus perusahaan yang membidangi bagian internal audit pada sebuah perusahaan. Kegiatan audit ini dilakukan orang dalam perusahaan baik itu karyawan maupun pegawai khusus yang masih bertugas.

Tujuan audit internal yang dilakukan auditor internal ini bertujuan untuk pemeriksaan internal, mengevaluasi manajerial perusahaan di semua bagian, serta memberikan analisis, saran, serta komentar atau rekomendasi langkah selanjutnya berdasar hasil pemeriksaan selesai dilakukan.

Sedangkan auditor eksternal adalah jasa audit atau pemeriksaan keuangan  yang diberikan jasa akuntan publik. Tidak sembarangan, harus lebih jeli memilih kantor akuntan, harus yang memiliki izin operasi secara legal serta memiliki sertifikat guna jaminan kredibilitasnya sebagai jasa audit.

Jadi dapat terlihat bedanya, audit eksternal dilakukan orang di luar perusahaan bersangkutan. Tujuan audit eksternal ini adalah untuk mendapat penilaian mengenai laporan perusahaan, melakukan evaluasi terkait laporan keuangan yang telah disusun, serta penilaian manajerial yang dilakukan. 

Baca Juga: Rupiah Ditutup Melemah karena Data Eksternal Kurang Bersahabat

2. Keuntungan menggunakan jasa auditor eksternal

Auditor Eksternal: Pengertian, Fungsi dan Jenisnyailustrasi bekerja (Freepik.com)

Jasa auditor eksternal memiliki keuntungan dibanding auditor internal untuk melakukan audit perusahaan. Berikut adalah keuntungan didapat menggunakan jasa eksternal:

  • Dilakukan oleh tim profesional

Perusahaan jasa auditor eksternal menawarkan tim yang terdiri dari profesional untuk bekerja melalukan audit lebih maksimal. Sebagai penyedia jasa setiap auditor eksternal pasti memberikan kerja terbaiknya untuk mendapat data yang benar-benar objektif sesuai kondisi yang ada.

Hasil penilaian objektif tersebut yang dapat digunakan untuk mengevaluasi dan mengambil kebijakan yang baik untuk perusahaan.

  • Lebih efisien

Menggunakan jasa auditor eksternal lebih efisien karena dapat menghemat lebih banyak waktu dan tenaga internal, untuk lebih fokus pada kinerja perusahaan dan pengembangan produk atau jasa. Dengan jasa auditor eksternal untuk mendapat hasil lebih maksimal dengan waktu pengerjaan lebih cepat, hasil laporan lebih rapi, akurat dan mudah dipahami.

Jasa auditor eksternal sangat dibutuhkan, khususnya bagi yang belum memiliki sumber daya manusia yang mumpuni untuk melakukan audit.

  • Tidak memihak 

Karena bukan bagian dari internal perusahaan, auditor eksternal tidak memiliki kepentingan sehingga hasil yang didapat lebih maksimal.  Tenaga audit eksternal merupakan tenaga profesional di bawah instansi independen yang akan memberi hasil objektif berdasar temuan di lapangan tanpa memihak satu pihak pun.

Jika sampai terjadi seorang auditor memihak kepentingan, ia akan kehilangan kredibilitasnya sebagai seorang auditor profesional.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Hard Disk Eksternal Terbaik di Tahun 2021

3. Peran auditor eksternal

Auditor Eksternal: Pengertian, Fungsi dan Jenisnyaunsplash.com/Daria Nepriakhina

Auditor harus menjalankan tugasnya yakni mengaudit laporan keuangan perusahaan sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) sebagai syarat umum. Hasil audit amat penting bagi berbagai pihak untuk mengambil keputusan.

Berikut beberapa peran penting auditor eksternal dalam sebuah perusahaan sebagai berikut:

  • Memberikan informasi kepada pihak perusahaan tentang laporan keuangan dan management letter. Pemberitahuan management letter di sini ditujukan pada ke pihak perusahaan khususnya manager terkait hasil audit terutama tentang kelemahan  yang ditemukan serta memberikan rekomendasi  solusi yang terbaik bagi perusahaan.
  • Sebagai jasa profesional auditor eksternal memberi  jaminan informasi laporan keuangan yang independen, memberikan pendapat atas kewajaran penyajian informasi laporan keuangan untuk menarik investor dan kreditor mengambil sebuah keputusan.
  • Memberi pertimbangan investor, baik investor pasar modal atau pun investor saham yang perlu memahami keadaan laporan keuangan perusahaan sebenarnya. Karenanya peran auditor eksternal memberikan output berupa laporan keuangan perusahaan untuk dapat dipercaya pihak investor guna menekan risiko dalam berinvestasi.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen yang turut membeli produk karena auditor eksternal memberikan informasi kewajaran laporan keuangan juga berdampak pada meningkatnya daya beli masyarakat.
  • Meningkatkan kepercayaan karyawan sebagai orang yang membantu menjalankan setiap aktivitas perusahaan. Hal ini penting bagi karyawan sebagai pandangan jaminan masa depan perusahaan yang juga masa depan karyawan. Jaminan masa depan karyawan akan baik jika hasil audit tidak ada fraud dan memperoleh laba sesuai tujuan perusahaan.
  • Mengendalikan dan mengarahkan sumber daya yang dimiliki perusahaan lebih Efektif yang busa menguntungkan perusahaan.


Itu dia tentang auditor eksternal mulai dari fungsi hingga peranannya dalam sebuah  perusahaan. Dibandingkan auditor internal, auditor eksternal memiliki beberapa keunggulan, seperti independen dan bebas kepentingan.

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya