Comscore Tracker

4 Jenis Pasar Modal dalam Dunia Bisnis

Pasar modal bukan hanya untuk investasi saja

Jakarta, IDN Times -Pasar modal atau capital market, merupakan tempat memperjualbelikan instrumen investasi jangka panjang. Instrumen investasi yang diperdagangkan dalam pasar modal biasanya berupa saham, surat utang atau obligasi, reksa dana ataupun bentuk lainnya. Disana, investor dan perusahaan yang membutuhkan modal bertemu. 

Dalam pasar modal, terdapat beberapa jenis pasar yang tidak hanya diperuntukkan bagi kegiatan investasi, tetapi juga untuk pendanaan perusahaan ataupun institusi lainnya. Berikut beberapa jenis pasar modal.

Baca Juga: Nabung di Reksa Dana Bisa Bareng Teman dan Keluarga, Begini Caranya

1. Pasar perdana (Initial Public Offering-IPO)

4 Jenis Pasar Modal dalam Dunia BisnisIDN Times/Auriga Agustina

Penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) adalah jenis pasar modal dimana untuk pertama kalinya perusahaan  atau pihak emiten (penerbit surat berharga) menjual saham atau obligasi ke masyarakat umum. Dikatakan pertama kali, karena surat berharga ini belum dicatatkan di Bursa Efek. Namun, harga dan jumlah surat berharga sudah ditentukan terlebih dahulu oleh pihak perusahaan. 

Dalam jenis pasar ini sering terjadi oversubscribed atau kelebihan permintaan karena jumlah permintaan surat berharga jauh lebih banyak dibanding ketersediaannya. 

2. Pasar Sekunder (Secondary Market)

4 Jenis Pasar Modal dalam Dunia BisnisIlustrasi saham (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketika permintaan dalam pasar IPO melebihi jumlah ketersediaan, pihak pembeli atau investor dapat membeli surat berharga lainnya di pasar sekunder. Dalam pasar ini, terdapat aktivitas jual-beli antar investor tanpa pembatasan ketersediaan surat berharga, jadi bisa bebas dalam membelinya. 

Selain itu, untuk harganya pun mengikuti harga saham di pasaran yang fluktuatif dan sewaktu-waktu dapat berubah. Harga surat berharga ini dibentuk oleh investor melalui perantara efek di Bursa Efek.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini 6 Perbedaan Reksadana Saham dan Investasi Saham

3. Pasar ketiga (Third Market)

4 Jenis Pasar Modal dalam Dunia BisnisANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Jenis pasar modal selanjutnya disebut juga sebagai Over The Counter atau OTC. Proses jual-beli yang ada dalam pasar ini terjadi antara anggota bursa dengan investor atau pembeli. 

Persoalan harga pun ditentukan oleh anggota bursa. Jadi, dalam transaksinya anggota bursa akan bersaing satu sama lain untuk menjual surat berharga dengan harga terbaik karena satu surat berharga dapat dijual lebih dari satu anggota bursa.

4. Pasar Keempat (Fourth Market)

4 Jenis Pasar Modal dalam Dunia Bisnispexels.com/Lorenzo

Dalam jenis pasar modal keempat ini, kegiatan jual belinya dilakukan oleh investor jual dengan investor beli dan tidak menggunakan perantara efek. Umumnya, pasar keempat ini hanya bisa dijalankan oleh para investor besar, untuk menghemat biaya transaksi jual beli. 

Jumlah nilai transaksinya juga sangat besar. Biasanya mereka bertransaksi langsung lewat Electronic Communication Network (ECN)

Baca Juga: Populer dalam Dunia Investasi, Ini Perbedaan Forex dan Saham

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya