Comscore Tracker

5 Penyebab Kamu Belum Bisa Mulai Menabung hingga Sekarang

Apakah kamu kesulitan untuk mulai menabung?

Tidak semua orang bisa dengan mudah memulai untuk menabung. Terkadang, ada banyak faktor yang membuat seseorang menunda untuk melakukan hal tersebut. Meskipun begitu, menabung merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan sejak dini.

Tanpa menabung, kamu gak akan bisa memenuhi kebutuhan yang ada di masa depan nanti. Ada beberapa penyebab yang membuatmu masih belum bisa untuk menabung. Simak pembahasan ini untuk mempelajarinya.

1. Kamu belum punya tujuan masa depan yang jelas perihal asmara

5 Penyebab Kamu Belum Bisa Mulai Menabung hingga Sekarangilustrasi pasangan (pexels.com/Duong Nhan)

Hubungan asmara merupakan salah satu aspek yang bisa mempengaruhi orang untuk menabung. Jika belum punya pasangan, kamu hanya fokus untuk pemenuhan kebutuhan diri sendiri. Dengan begitu, kamu tidak akan berpikir secara lebih lanjut dalam mengeluarkan uang.

Agar bisa lebih bijak dalam menabung, carilah sosok orang yang bersedia untuk menjadi pasanganmu. Jika sudah memilikinya, kamu pasti akan lebih semangat untuk menabung sebab suatu saat nanti kalian bakal melangkah ke jenjang yang lebih serius.

2. Kamu masih suka menghabiskan gaji demi pemenuhan keinginan

5 Penyebab Kamu Belum Bisa Mulai Menabung hingga Sekarangilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pemenuhan keinginan memang merupakan sesuatu yang wajar bagi setiap orang. Banyak yang menyebut hal tersebut sebagai sebuah self-reward setelah berjuang keras selama satu bulan bekerja. Tetapi, itu akan menjadi buruk jika kamu melakukannya secara membabi buta.

Kamu berpikir bahwa jika uang gaji belum habis, maka masih banyak keinginan yang harus direalisasikan. Mindset tersebut wajib diubah sebab menabung bisa membuatmu bahagia dalam waktu jangka panjang. Berhenti memenuhi keinginanmu secara berlebihan agar kondisi finansialmu sehat.

Baca Juga: Pilih Menabung Dulu atau Beli Saham? Ini Penjelasannya

3. Kamu belum paham mengenai arti penting dari dana darurat

5 Penyebab Kamu Belum Bisa Mulai Menabung hingga Sekarangilustrasi berbelanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dana darurat adalah salah satu aspek finansial yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Ketika ada kondisi yang mendesak, kamu bisa menggunakan hal tersebut sebagai upaya pemecahan masalah. Hal itu juga tidak akan mengganggu kondisi keuanganmu.

Hal itu bisa dilakukan dengan menyisihkan sebagian gaji. Setelah mengenal dana darurat, kamu pasti akan lebih paham bagaimana caranya menghargai isi dompet. Kamu tidak akan semena-mena dalam mengeluarkan uang.

4. Kamu masih terbiasa mengeluarkan uang tanpa pertimbangan

5 Penyebab Kamu Belum Bisa Mulai Menabung hingga Sekarangilustrasi transaksi (pexels.com/Karolina Grabowska)

Siapa yang masih sering mengeluarkan uang tanpa pikir panjang, nih? Jika gajimu masih pas-pasan, cobalah untuk menghentikan kebiasaan semacam ini sebab akan membuat kondisi finansialmu menjadi tidak sehat.

Walaupun harga barang yang akan dibeli cukup murah, kamu tetap harus mempertimbangkan terkait dampak jangka panjang untuk kondisi keuanganmu. Hargailah setiap rupiah yang kamu miliki, sebab itu bakal membuatmu bertahan hidup.

5. Kamu belum bersedia memotong uang jajan bulanan demi menabung

5 Penyebab Kamu Belum Bisa Mulai Menabung hingga Sekarangilustrasi uang (pexels.com/Mikhail Nilov)

Salah satu faktor utama seseorang enggan menabung adalah ketika dia belum bersedia memotong uang jajan bulanannya. Gaya hidup yang dimiliki terlalu tinggi sehingga tidak ingin menurunkan gengsinya. Padahal, kamu sejatinya harus menyesuaikan gaya hidup sesuai isi dompet.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk bergaya hidup mewah sebab itu bakal membuatmu menyesal di kemudian hari. Niatkan diri untuk bersedia memotong uang jajan bulanan demi masa depan. Ingatlah bahwa menabung itu sangat penting.



Apakah kelima penyebab di atas masih kamu rasakan hingga saat ini? Jika iya, cobalah untuk berbenah agar kamu bisa segera menabung demi masa depan.

Baca Juga: Generasi Sandwich, Mulailah Menabung!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya