Comscore Tracker

5 Buku Karya Asma Nadia yang Angkat Kisah Kehidupan Rumah Tangga

Patut untuk dibaca!

Wanita bernama lengkap Asmarani Rosalba atau yang lebih dengan sapaan Asma Nadia merupakan seorang penulis cerpen dan novel berkebangsaan Indonesia. Pendiri Forum Lingkar Pena ini sudah aktif menulis sejak masa kuliah, yang mana saat itu ia tidak bisa menyelesaikan kuliahnya karena penyakit yang dideritanya.

Pada tahun 1994 dan 1995, cerpennya yang berjudul Imut dan Koran Gondrong meraih juara satu dalam Lomba Menulis Cerita Pendek Islami tingkat nasional yang diadakan oleh majalah Aninda.

Di awal tahun 2009, ia mulai merintis penerbitan sendiri yang diberi nama Asma Nadia Publishing House. Kisahnya yang menarik membuat beberapa karyanya seperti Emak Ingin Naik Haji, Assalamu'alaikum Beijing, Rumah Tanpa Jendela, dan Surga yang Tak Dirindukan, diangkat jadi sebuah film.

Karya-karyanya ini kental akan kisah cinta, baik dengan pasangan, keluarga, maupun orang terkasih lainnya. Nah, berikut ini adalah beberapa karya Asma Nadia yang mengangkat kisah kehidupan berumah tangga.

1. Surga yang Tak Dirindukan

5 Buku Karya Asma Nadia yang Angkat Kisah Kehidupan Rumah TanggaInstagram.com/rakbukuedel

Surga yang Tak Dirindukan merupakan salah satu novel karya Asma Nadia, yang telah diangkat ke layar lebar dan menjadi film paling sukses pada masa perilisannya di tahun 2015. Novel yang sebelumnya berjudul Istana Kedua ini bercerita tentang kehidupan dua orang perempuan dengan latar belakang berbeda, yang dipertemukan dalam keadaan yang menyakitkan.

Kehidupan rumah tangga Arini dan Pras terancam hancur karena pernikahan kedua Pras, yang selama ini ia sembunyikan. Pras tak pernah sekalipun berpikir untuk menduakan istrinya, tapi ia terpaksa menikahi perempuan lain demi menyelamatkan kehidupan perempuan itu.

Asma Nadia bakal mengaduk-aduk perasaanmu lewat novel yang ditulisnya ini, ditambah dengan akhir cerita yang menyakitkan. Kamu bakal tersedu-sedu dibuatnya.

2. Catatan Hati Seorang Istri

5 Buku Karya Asma Nadia yang Angkat Kisah Kehidupan Rumah TanggaInstagram.com/asmanadia

Catatan Hati Seorang Istri menjadi salah satu novel bestseller karya Asma Nadia, yang telah diangkat menjadi sebuah serial televisi. Novel ini berisi kumpulan cerita dan keluh kesah para istri dalam berkeluarga.

Di antaranya adalah cerita tentang seorang istri yang terjebak dalam dunia malam akibat ulah suami, tentang kesetiaan seorang istri terhadap suami, dan yang gak kalah menarik adalah kisah tentang suami yang gak pengin menikah lagi meski sang istri telah tiada. Bahkan ketika anak-anaknya memberi restu dan sibuk mencari pengganti sang ibu untuk ayah mereka.

Dalam novel ini Asma Nadia menjadikan kegiatan menulis sebagai terapi dan mengekspresikan hiruk-pikuk kehidupan berumah tangga lewat sebuah tulisan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku buat Kamu yang Feminis, Wajib Punya!

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3. Istri Kedua

5 Buku Karya Asma Nadia yang Angkat Kisah Kehidupan Rumah TanggaInstagram.com/asmanadia

Seperti Catatan Hati Seorang Istri, novel Istri Kedua juga menjadi karya Asma Nadia yang diangkat ke serial televisi. Novel ini berisikan ragam rekaman kisah sejati, dari perempuan-perempuan yang berposisi sebagai istri kedua.

Ada harga yang harus dibayar untuk setiap keputusan yang diambil, termasuk menjadi istri kedua. Dalam buku ini kamu bakal menemukan kisah manis, pahit, dan kisah yang mungkin belum pernah kamu bayangkan sebelumnya.

4. Sehidup Sesurga denganmu

5 Buku Karya Asma Nadia yang Angkat Kisah Kehidupan Rumah TanggaInstagram.com/asmanadia

Sehidup Sesurga denganmu menjadi sebuah novel fiksi karya Asma Nadia yang ditulis berdasarkan pengalaman hidup seseorang, yang berjuang dari nol untuk membahagiakan keluarganya tanpa peduli dengan kebahagian dirinya sendiri.

Novel ini bercerita tentang seorang perempuan yang bekerja keras demi kebahagiaan keluarga, hingga suatu hari ia bertemu dengan sosok laki-laki yang kemudian menjadi suaminya. Pernikahan yang awalnya bahagia, terus membawa tangis dan air mata seiring waktu berjalan. Ia tak pernah menyangka jika kehidupan rumah tangganya bagai di neraka.

Gak cuma sekedar novel, cerita di dalamnya benar-benar inspiratif!

5. Jangan Bercerai, Bunda

5 Buku Karya Asma Nadia yang Angkat Kisah Kehidupan Rumah TanggaInstagram.com/michanbook

Jangan Bercerai, Bunda karya Asma Nadia dkk, ditulis untuk menguatkan mereka yang terpaksa harus bercerai sekaligus pembelajaran untuk orang yang sudah menikah maupun belum, agar sebisa mungkin terhindar dari sebuah perceraian. Saat membaca kisah dalam buku ini, kamu bakal menemukan benang merah penyebab perceraian, yang tentunya bisa kamu jadikan pelajaran.

Mengambil kisah dari berbagai sudut pandang, Asma Nadia dkk berharap buku ini bisa membawa semangat saat kamu dihadapkan dengan pernikahan yang sudah terasa gersang.

Dari berbagai karya yang telah diterbitkan, Asma Nadia berharap kamu bisa memetik setiap pelajaran yang ada di dalamnya. Yakin nih, gak tertarik buat baca?

Baca Juga: 6 Buku Self Improvement yang Perlu Dibaca Millennials, Antigalau!

Alfy Suwaima Photo Verified Writer Alfy Suwaima

Perempuan yang suatu hari akan menetap di Adelaide, kota pesisir di Samudra Selatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya