Comscore Tracker

5 Jajanan Tradisional Serba Dikukus, Tekstur Lembutnya Lumer di Mulut

Perpaduan rasa legit dan lembut yang tiada duanya #LokalIDN

Ada beragam kue tradisional khas Nusantara yang nikmat. Salah satunya adalah kue tradisional yang dibuat dengan cara dikukus. Teksturnya yang lembut dan bercita rasa legit membuat kue tradisional ini banyak diburu. Apa saja? Yuk, langsung saja simak aneka lima jajanan tradisional di bawah ini yang dibuat serba dikukus. 

1. Putu ayu

5 Jajanan Tradisional Serba Dikukus, Tekstur Lembutnya Lumer di Mulutinstagram.com/resepnyaa_eyang

Putu ayu sendiri dibuat dari tepung beras yang diberi air pandan, gula, telur, dan santan yang kemudian dicetak lalu dikukus serta di atasnya diberi parutan kelapa. Bahan dasar inilah yang membuat putu ayu memiliki cita rasa legit dan tekstur yang lembut berkat kombinasi kelapa parut yang gurih. 

2. Kue talam

5 Jajanan Tradisional Serba Dikukus, Tekstur Lembutnya Lumer di Mulutinstagram.com/mak_reno

Jajanan tradisional yang satu ini mudah ditemui di pasar tradisional dengan beragam warna dan rasa sebab dibuat dari aneka bahan dasar seperti ubi, jagung, dan tepung beras. Kombinasi cita rasa yang unik serta tekstur yang kenyal, membuat kue talam banyak diminati. Tertarik ingin mencicipinya?

Baca Juga: 5 Jajanan Lezat Khas Jogja, Ada Makna Tersembunyi Juga Lho!

3. Nagasari

5 Jajanan Tradisional Serba Dikukus, Tekstur Lembutnya Lumer di Mulutinstagram.com/santi_erviyana

Nagasari memiliki aroma dari daun pisang yang legit. Nagasari terbuat dari adonan tepung beras dan santan yang dimasak sampai mengental. Kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang serta diberi isian pisang lalu dikukus hingga matang. Tekstur kenyal serta aroma rasanya yang khas, membuat nagasari enak disantap selagi hangat ataupun dingin.

4. Kue bugis

5 Jajanan Tradisional Serba Dikukus, Tekstur Lembutnya Lumer di Mulutinstagram.com/jufenrodabukke

Camilan yang satu ini berasal dari Sulawesi Selatan. Ya, kue bugis terbuat dari adonan tepung ketan yang sudah diberi warna dan campuran santan. Setelah itu diisi dengan unti kelapa lalu dibungkus dengan daun pisang selanjutnya dikukus hingga matang.

Aromanya yang khas serta cita rasanya yang legit, dijamin deh bikin kamu gak bakal bisa nolak kue tradisional ini.

5. Kue apem

5 Jajanan Tradisional Serba Dikukus, Tekstur Lembutnya Lumer di Mulutinstagram.com/moona_jingga

Salah satu jenis kue basah ini mudah dijumpai di pasar tradisional. Kue apem terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah yang dimasak bersamaan. Kemudian didiamkan selama beberapa saat hingga mengembang. Selanjutnya tuang adonan ke dalam cetakan dan dikukus hingga matang. Teksturnya yang lembut ditambah sensasi rasanya yang legit, membuat kue apem nikmat disantap sembari minum teh ataupun kopi.

Gimana, menggugah selera bukan kelima jajanan tradisional serba kukus di atas? Jadi, kamu suka jajanan yang mana nih untuk dijadikan teman ngemil di rumah?

Baca Juga: 9 Jajanan Khas Tiongkok yang Populer di Indonesia, Ada Favoritmu? 

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Menyukai hal baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya