TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Kue Tradisional Khas Kalimantan Selatan, Unik dan Lezat!

Jadi, makin tertarik buat berlibur ke Kalimantan Selatan kan?

Kue petah (instagram.com/irma_jacob)

Kue tradisional seringkali menjadi salah satu kuliner yang wajib kamu cicip ketika berlibur ke suatu daerah. Di Kalimantan Selatan misalnya ada berbagai macam kue tradisional yang dikenal punya cita rasa manis legit dengan disajikan berbagai topping maupun tidak.

Tampilannya menggugah selera, cocok banget nih buat snack time saat berada di sana. Daripada penasaran, inilah deretan kue tradisional khas Kalimantan Selatan yang wajib masuk daftar kulineranmu. Dijamin deh kelezatannya bikin rindu!

1. Apam batil

Apam batil (instagram.com/shahrizky)

Apam batil adalah kue tradisional warisan nenek moyang suku Banjar yang identik dimakan tanpa menggunakan sendok alias bakucau. Sekilas, kue ini mirip dengan surabi dari Jawa Barat yang sama-sama berbahan dasar tepung beras lalu dipanggang menggunakan tungku sampai matang.

Memberikan aroma khas, apam batil nantinya disajikan dengan topping saus gula merah. Memadukan antara rasa gurih dan manis membuat kue ini oleh masyarakat setempat dijadikan sebagai menu buka puasa.

2. Bingka barandam

Bingka barandam (instagram.com/megaerlindaa)

Sesuai nama, bingka barandam terdiri dari kue bingka yang disajikan bersama rendaman saus gula merah. Sehingga bingka barandam menawarkan cita rasa manis dan tekstur lembut menggoyang lidah.

Umumnya, bingka barandam hanya bisa ditemui saat bulan Ramadan saja sebagai menu takjil masyarakat Kalimantan Selatan.

3. Puracit

Puracit (instagram.com/diah_difi)

Puracit menjadi salah satu kue tradisional khas Kalimantan Selatan yang memiliki tampilan serupa putu mayang. Namun, bedanya puracit memiliki tampilan polos dan kecokelatan dari gula merah.

Puracit identik disajikan dengan parutan kelapa maupun kuah kinca. Rasanya yang manis dipadu gurih, cocok untuk teman ngemil selama berada di sana.

4. Kokoleh

Kokoleh (instagram.com/idachesco)

Kokoleh merupakan sejenis kudapan yang serupa bubur sumsum, hanya saja warnanya hijau dan teksturnya lebih padat.

Kue ini terbuat dari adonan tepung beras yang diberi campuran air kapur sirih, sari daun pandan, santan, dan garam; kemudian dimasak mengental. Saat akan dihidangkan, kokoleh disantap bersama siraman kuah gula merah cair.

Memadukan tekstur lembut dan rasa manis gurih, kokoleh identik dikonsumsi sebagai menu penutup saat ada acara sakral masyarakat Kalimantan Selatan.

Baca Juga: 6 Makanan Berkuah Santan Khas Kalimantan Selatan, Lezat dan Bergizi!

5. Lupis banjar

Lupis banjar (instagram.com/dewielfaridy148)

Berbeda dengan yang ada di daerah Jawa, kue lapis banjar memiliki bentuk silinder bukan segitiga.

Untuk bahan pembuatannya, lupis banjar terbuat dari beras ketan yang diberi air kapur sirih dan pewarna hijau daun pudak sitagal. Lalu, dibungkus daun pisang berbentuk silinder kemudian direbus matang.

Teksturnya yang lembut dipadu manis legit berkat diberi siraman kuah gula merah cair, membuat kue ini biasa dijadikan sebagai menu sarapan.

6. Kue sarimuka

Kue sarimuka (instagram.com/rumahkuehkakzu)

Kue tradisional khas Kalimantan Selatan yang diberi nama kue sarimuka ini memiliki tampilan berlapis antara ketan dan adonan vla.

Kue sarimuka memiliki perpaduan antara tekstur lembut pulen dan rasa manis legit yang banyak diburu oleh masyarakat untuk menu berbuka puasa.

7. Kue kararaban

Kue kararaban (instagram.com/idasyahranie)

Kue kararaban menjadi salah kue tradisional khas Kalimantan Selatan yang terbilang unik karena memiliki cita rasa manis dipadu aroma rempah.

Kue ini terbuat dari adonan tepung beras, gula merah, santan, bubuk adas, dan kayu manis yang diolah dengan cara dikukus. Sama seperti kue jadul lainnya, kue kararaban seringkali menjadi pilihan menu buka puasa.

8. Kue petah

Kue petah (instagram.com/rinitengmakanmakan)

Kue petah merupakan kue tradisional yang identik disuguhkan pada hari raya Lebaran. Kue petah sendiri terbuat dari tepung beras, air pandan, daun suji, dan kapur sirih.

Bahan-bahan tersebut nantinya dikukus sampai matang. Lalu saat akan disajikan, kue petah dinikmati bareng cocolan saus gurih yang diberi nama tahi lala dan taburan bawang goreng. Perpaduan manis dan gurihnya pas di lidah.

9. Kue lam

Kue lam (instagram.com/wadaibakarat_haji_ida)

Kue lam memiliki tampilan berlapis-lapis yang dulunya menjadi penganan para raja Banjar. Namun, seiring berjalannya waktu, kudapan yang berbahan dasar tepung dan telur bebek ini banyak disuguhkan oleh masyarakat Barabai sebagai jamuan Lebaran.

Manis gurihnya pas banget nih disuguhkan saat acara spesial. Kamu juga harus cobain ya!

Baca Juga: Resep Kue Ka'ak, Kue Kering Khas Timur Tengah yang Lezat

Verified Writer

Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya