Comscore Tracker

5 Kopi Asli Indonesia yang Unik dan Populer, Bikin Pengin Ngopi Terus

Mana nih yang pernah kamu cobain? #LokalIDN

Apakah kamu seorang coffee lovers? Memang sih, kopi bikin candu dan bisa jadi penolong saat ingin begadang. Eits, tapi tahu gak kalau Indonesia punya kopi asli yang rasa dan aromanya khas dan terkenal unik? 

Di antara banyaknya jenis kopi yang ada, 5 kopi autentik Indonesia ini yang selalu berhasil curi perhatian. Kira-kira, mana nih yang pernah kamu coba?

1. Kopi Tabalek

5 Kopi Asli Indonesia yang Unik dan Populer, Bikin Pengin Ngopi Teruskopi tabalek (instagram.com/t_looping)

Kopi Tabalek atau yang dalam bahasa artinya kopi terbalik adalah khas Aceh. Dinamai seperti itu karena kopi yang diseduh, atasnya diberi piring lebar, dan dibalik. Jangan khawatir tumpah, kopinya aman kok!

Setiap kopi disajikan dengan sedotan yang dipakai untuk meniup ke dalam gelas sehingga air kopinya keluar sedikit demi sedikit ke piring. Enaknya sih kopi ini dinikmati bersama pisang goreng srikaya. 

2. Kopi Joss

5 Kopi Asli Indonesia yang Unik dan Populer, Bikin Pengin Ngopi Teruskopi jos (instagram.com/carikulinersolo)

Kamu yang berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya pasti gak asing sama jenis kopi satu ini. Sekilas mirip kopi biasa, tapi begitu ditambah arang panas ke dalamnya, langsung jadi luar biasa! 

Arang panas yang dimasukkan ke dalam kopi gak cuma menambah sensasi yang gak biasa, tapi dipercaya bisa menetralkan keasaman kopi. Apabila kamu penasaran dan ingin menjajal kopi ini, coba datangi angkringan di sekitar kawasan Malioboro saat malam, ya? Harganya cuma Rp10.000-an kok. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Angkringan Kopi Joss di Jogja, Cara Minum Kopi yang Unik

3. Kopi Luwak

5 Kopi Asli Indonesia yang Unik dan Populer, Bikin Pengin Ngopi Teruskopi luwak (instagram.com/wanders.sam)

Gak lengkap jika bahas kopi asli Indonesia tanpa ada kopi luwak. Seperti yang kamu tahu, kopi luwak adalah kopi termahal di dunia karena terbuat dari biji kopi yang dimakan, dicerna, dan kemudian dikeluarkan lagi oleh luwak.

Dipercaya bahwa ketika biji kopi melewati saluran pencernaan luwak, mereka kehilangan astringennya, membuat kopi lebih lembut, halus, dan gak terlalu pahit. 

4. Kopi Durian

5 Kopi Asli Indonesia yang Unik dan Populer, Bikin Pengin Ngopi Teruskopi durian (instagram.com/awangkitchennyc)

Kopi durian adalah minuman khas Lampung yang dibuat dari kopi robusta dan ditambah dengan ekstrak buah durian. Terdengar aneh memang campuran dua jenis makanan ini, tapi nyatanya saat dicoba langsung rasanya eksotis! Rasa kopi yang pahit ditambah dengan rasa durian yang manis legit banyak disukai.

Nah, kini banyak tersedia kopi rasa durian instan yang dijadikan oleh-oleh khas Lampung. Jadi gak perlu repot ngupas kulit duriannya, deh. 

5. Kopi Talua

5 Kopi Asli Indonesia yang Unik dan Populer, Bikin Pengin Ngopi Teruskopi talua (instagram.com/subhanedi)

Pernah bayangkan minum kopi campur kuning telur? Nah, itu dia kopi talua yang khas Padang. Meski terdengar aneh, tapi perpaduan rasa kopi dan kuning telur ini enak, kok. Rasanya manis, apalagi ada busa lembut di atas yang bikin sensasi ngopi jadi lebih nyenengin. Gak cuma manis, tapi juga timbul rasa gurih karena kuning telurnya.

Penasaran pengin coba? Kalau beruntung, beberapa rumah makan padang menyediakan minuman satu ini juga. Yummy!

Di antara 5 kopi di atas, mana nih yang pernah kamu cobain? Atau, malah belum pernah cobain semua? Wah, jangan sampai nyesel! Kopi di atas rasanya enak semua!

Baca Juga: 7 Varian Kopi yang Paling Populer di Italia, Cocok Buat Penikmat Kopi!

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya