Comscore Tracker

6 Street Food Manis Terenak dari Berbagai Negara, Ada Serabi, Lho!

Kudapan lezat yang bikin ketagihan #IDNTimesFood

Ngomongin soal makanan lezat, memang gak ada habisnya. Apalagi street food dari berbagai negara yang selalu bikin penasaran. Nah, kali ini ada ulasan menarik mengenai enam street food serba manis dari berbagai negara yang diklaim paling enak menurut laman Tasteatlas.com

Setiap makanan ini punya tekstur, rasa, dan bentuk yang unik. Menariknya, salah satunya ada yang dari Indonesia, lho! Apa saja, ya, kira-kira?

1. Cuchuflí

6 Street Food Manis Terenak dari Berbagai Negara, Ada Serabi, Lho!cuchufli (instagram.com/clauvarleta)

Berasal dari Chili, cuchuflí adalah camilan manis yang populer karena kenikmatan rasanya. Bentuknya mirip tabung tapi tipis, memiliki tekstur yang renyah seperti wafer. Umumnya cuchuflí dibuat dari gula, mentega, tepung, perasa vanila, dan putih telur. 


Biasanya cuchuflí diisi dengan dulce de leche atau saos manis dari susu, tapi ada juga yang kemudian dilapisi dengan cokelat. Saat kamu ke Chili, gak sulit buat menemukan cuchuflí ini. Mulai dari supermarket, toko khusus roti, sampai pedagang kaki lima pun ada.

2. Hotteok

6 Street Food Manis Terenak dari Berbagai Negara, Ada Serabi, Lho!hotteok (instagram.com/paulina_przylucka)

Kamu yang sering nonton drama korea, pasti gak asing lagi dengan hotteok. Hotteok adalah panekuk yang biasanya diisi dengan gula merah, kacang-kacangan seperti kenari dan kacang tanah, atau kayu manis. Gak heran, makanan ini selalu punya aroma yang enak dan wangi. 


Variasi hotteok berbeda-beda, ada yang dibuat tebal dan ada yang menjualnya tipis. Walau begitu, hotteok punya isian yang lembut dan kenyal. Kamu gak akan kesulitan menemukan hotteok di pinggir-pinggir jalan, apalagi saat suasanya sedang dingin. 

Baca Juga: 7 Jajanan Khas Bangka Belitung yang Nikmat, Cobain Kuy Biar Gak Kepo

3. Serabi

6 Street Food Manis Terenak dari Berbagai Negara, Ada Serabi, Lho!serabi (instagram.com/pixieflour)

Ini dia jajanan pinggir jalan dari Indonesia yang menurut laman Tasteatlas.com yang terenak, serabi! Orang luar negeri menyebutnya dengan pancake tradisional yang memiliki ukuran kecil, yang dibuat dari tepung beras, santan, ean kelapa parut. 


Serabi sendiri tersedia dengan berbagai varian rasa, ada yang manis dengan taburan pugas seperti nangka, gula, dan pisang, ada juga yang gurih dengan daging dan oncom. Serabi asalnya dari Solo, tapi kini hampir di seluruh wilayah Indonesia, kamu bisa menemukannya. 

4. Kulfi

6 Street Food Manis Terenak dari Berbagai Negara, Ada Serabi, Lho!kulfi (instagram.com/dreamy_food_palace)

Berasal dari India, ada es krim tradisional bernama kulfi yang dibuat dari susu yang direbus lama hingga menghasilkan rasa karamel yang khas. Biasanya sih, bentuk kulfi ini seperti kerucut dan diberi bumbu seperti pistachio, kunyit, dan air mawar. 


Ada juga yang koki yang menambahkan aneka buah beri supaya rasa kulfi jadi manis dan segar. Banyak yang meyakini bahwa kulfi ini ditemukan oleh penduduk Himalaya kuno saat Kekaisaran Mughal. Meski sudah lama, sampai saat ini gak sulit untuk menemukan kulfi di India. 

5. Picarones

6 Street Food Manis Terenak dari Berbagai Negara, Ada Serabi, Lho!picarones (instagram.com/elsenoriodesulco)

Jajanan sekaligus makanan pokok asal Peru ini banyak dibilang seperti donat karena berbentuk seperti cincin. Namanya picarones yang digoreng sampai berwarna kecokelatan dan disiram dengan sirup tebu yang manis. Penduduk Peru biasanya akan menambahkan ubi jalan dan labu ke dalam adonan supaya makin mengenyangkan.


Banyak yang percaya bahwa makanan ini pertama kali ditemukan saat Raja Muda Spanyol ada di Lima dan dijadikan suguhan. Picarones makin terkenal karena para biarawagi di Saint Claire selalu menyuguhkannya saat perayaan keagamaan di bulan Oktober. 

6. Dondurma

6 Street Food Manis Terenak dari Berbagai Negara, Ada Serabi, Lho!dondurma (instagram.com/elmasimdondurma)

Turki punya es krim yang terkenal banget dan banyak dijajakan di pinggir-pinggir jalan, dondurma namanya. Yang bikin es krim ini terkenal adalah, karena penjajanya akan memainkan sedikit atraksi saat ada pembeli. Gak cuma itu, dondurma juga lebih tahan lama dan gak gampang cair seperti es krim biasa. 


Dondurma gak hanya dibuat dari gula, tapi mereka menggunakan susu kambing yang diberi bunga anggrek, dan salep dengan bumbu rahasia. Jika biasanya es krim langsung dilahap begitu saja, berbeda dengan dondurma yang dimakan pakai pisau dan garpu. 


Duh, jadi pengin jajan yang manis-manis, kan, setelah baca ulasan di atas? Yuk, ajak orang tersayang berburu street food terdekat dengan rasa manis. Biar bahagianya sama-sama!

Baca Juga: 5 Jajanan Khas Majalengka yang Ampuh Naikin Mood, Cobain!

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Hai, mari kunjungi saya di instagram.com/dyarayu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya