7 Fakta Unik tentang Seitan, Makanan Sehat yang Mirip Daging

Serupa tapi tak sama...

Selain shirataki, ada makanan yang cocok buat kamu si vegan dan yang lagi diet. Bentuknya mirip banget sama daging, lho! Namanya seitan. 

Mungkin beberapa di antara kamu masih asing dengan namanya. Untuk itu, yuk kenali dulu beberapa fakta uniknya berikut ini!

1. Berasal dari Jepang

7 Fakta Unik tentang Seitan, Makanan Sehat yang Mirip Dagingjapan-guide.com

Seitan merupakan pengganti daging yang cukup familiar di kalangan vegan dan vegetarian. Kata “seitan” berasal dari bahasa Jepang yang berarti terbuat dari protein. Seitan disebarkan oleh George Ohsawa ke dunia internasional sekitar tahun 1960-an. 

2. Mirip daging, seitan terbuat dari gandum

7 Fakta Unik tentang Seitan, Makanan Sehat yang Mirip Daginghoneyville.com

Seitan terbuat dari gluten yang dapat ditemukan pada gandum. Tekstur yang padat membuat seitan benar-benar mirip daging. Rasanya yang hambar juga membuat seitan ini mampu menyerap bumbu atau saus. Harus dicoba di rumah nih!

3. Kaya protein

7 Fakta Unik tentang Seitan, Makanan Sehat yang Mirip Dagingmenshealth.com

Selain enak, seitan mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Kandungan tertingginya adalah protein yang beratnya mencapai 21 gram, setara dengan protein dari ayam dan sapi. Protein tersebut bagus untuk membantu produksi hormon dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

4. Mudah diolah

7 Fakta Unik tentang Seitan, Makanan Sehat yang Mirip Dagingthatwasvegan.com

Rasa yang hambar membuat seitan ini cocok dicampur dengan bumbu dan rempah apa saja. Kamu juga bisa mengolahnya dengan cara digoreng, dipanggang, dan dikukus. Semuanya enak!

Baca Juga: 7 Makanan Enak yang Bisa Menggantikan Daging, Lebih Sehat Lho!

5. Aman buat kamu yang alergi kedelai

7 Fakta Unik tentang Seitan, Makanan Sehat yang Mirip Dagingentclinicsofsa.com

Buat kamu pengikut vegan dan vegetarian tapi alergi pada kedelai, tahu dan tempe bisa jadi musuh besar. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba seitan ini. Aman banget, enak pula!

6. Ampuh untuk menurunkan berat badan

7 Fakta Unik tentang Seitan, Makanan Sehat yang Mirip Dagingrawpixel.com

Seitan mengandung karbohidrat dan lemak yang sangat rendah, sehingga cocok buat kamu yang lagi diet. Protein yang terkandung dalam seitan bisa membuat kamu kenyang lebih lama, karena adanya penurunan kadar ghrelin. Diet kamu bakal lebih nikmat nih!

7. Tapi terlalu banyak makan seitan juga tidak baik lho!

7 Fakta Unik tentang Seitan, Makanan Sehat yang Mirip Dagingcoachdebbieruns.com

Walaupun sehat, terlalu banyak mengonsumsi seitan juga gak baik, lho. Seitan mengandung natrium yang tinggi. Pencernaan kamu bisa terganggu dan mengalami peradangan.

Apalagi buat kamu yang alergi gluten, tidak diajurkan untuk mengonsumsi seitan. Sebab, bisa menyebabkan mual, diare, perut kembung, dan muntah.

Ada yang sudah pernah nyobain? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya!

Baca Juga: Resep Mudah Bikin Seitan, Steak Enak Pengganti Daging untuk Vegetarian

yummy-banner

Topic:

  • Fina Wahibatun Nisa
  • Dewi Suci R.

Just For You