Comscore Tracker

5 Olahan Tostada Khas Meksiko yang Beralaskan Tortila Panggang 

Bisa coba dimasak untuk akhir pekan

Tostada merupakan salah satu makanan populer dari tanah Meksiko. Hidanga ini diolah menggunakan bahan baku berupa kulit tortila dan diisi berbagai macam topping menarik nan menggugah selera.

Berbeda dengan taco yang dibuat dengan tortila lembut sehingga mudah untuk dilipa, tostada menggunakan kebalikannya. Tostada menggunakan tortila renyah yang telah melalui proses pemanggangan atau penggorengan.

Nah, berikut ini terdapat 5 olahan tostada yang dapat dijadikan inspirasi bila ingin mengolah makanan khas Meksiko yang enak dan praktis di rumah.

1. Black bean tostada

5 Olahan Tostada Khas Meksiko yang Beralaskan Tortila Panggang ilustrasi black bean tostada (delish.com/Lucy Schaeffer)

Sajian black bean tostada menjadi salah satu versi klasik dan populer yang kerap dimasak untuk camilan ataupun kudapan suatu acara tertentu.

Dalam pilihan ini, isian dibuat menggunakan kacang hitam yang telah diolah sesuai selera. Kemudian dihaluskan dan diletakan di atas tortila panggang.

2. Spicy chicken tostada

5 Olahan Tostada Khas Meksiko yang Beralaskan Tortila Panggang ilustrasi spicy chicken tostada (tasteofhome.com/Taste of Home)

Bagi pencinta hidangan bercita rasa pedas, menambahkan suwiran ayam merupakan salah satu pilihan terbaik dalam mengolah tostada. Suwiran ayam tersebut bisa dimasak terlebih dahulu menggunakan campuran bawang dan aneka cabai, supaya mendapat tingkat kepedasan yang kamu inginkan.

Baca Juga: 5 Kreasi Penyajian Taco yang Menarik, Ada Sup Sampai Lasagna!

3. Shrimp avocado tostada

5 Olahan Tostada Khas Meksiko yang Beralaskan Tortila Panggang ilustrasi shrimp avocado tostada (delish.com/Ethan Calabrese)

Hidangan shrimp avocado tostada ini cenderung memiliki rasa gurih yang dominan akibat penggunaan topping yang diolah dari udang.

Oleh sebab itu, makanan tersebut cocok bila dikolaborasikan dengan irisan alpukat. Ini ditujukan supaya rasa yang dihasilkan semakin enak dan memiliki tekstur bermacam-macam dalam satu gigitan.

4. Ground beef tostada

5 Olahan Tostada Khas Meksiko yang Beralaskan Tortila Panggang ilustrasi ground beef tostada (foodnetwork.com)

Selain black bean, daging cincang juga menjadi alternatif kudapan dari tostada yang banyak digemari di negeri asalnya. Sehingga versi topping ini memiliki banyak inovasi yang mudah untuk ditiru.

Kamu sendiri bisa memasak daging dengan berbagai metode, baik itu dicampur dengan saus tomat ataupun tumisan bawang bombai.

5. Tuna tostada

5 Olahan Tostada Khas Meksiko yang Beralaskan Tortila Panggang ilustrasi tuna tostada (delicious.com.au/Katie Quinn Davies)

Tidak cuma memiliki isian dari sayur hingga daging unggas, tostada pun cukup sering dikolaborasikan bersama hasil tangkapan laut seperti ikan tuna.

Beberapa versi terkenal suka menggunakan tuna sashimi untuk dijadikan topping. Sementara sisanya lebih sering mengolah ikan dengan cara dipanggang atau diasap terlebih dahulu sebelum ditaruh di atas tortila.

Nah, itu dia kelima inspirasi olahan tostada, salah satu makanan dari Meksiko yang berbalut tortila garing nan renyah. Jika dibandingkan dengan taco, kira-kira kamu lebih suka yang mana?

Baca Juga: 5 Keju Khas Meksiko Paling Disukai, Lezatnya Bikin Nagih!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya