Comscore Tracker

5 Jenis Bread Pudding Menggugah Selera, Teman Camilan Praktis di Rumah

Ada puding khas Timur Tengah yang mendunia dan jadi kesukaan

Bread pudding atau puding roti merupakan sebuah sajian yang belakangan menjadi alternatif hidangan ringan untuk makanan pembuka atau penutup andalan di rumah. Selain mudah dibuat, puding roti juga sangat enak dinikmati bagi para pencinta makanan manis atau gurih.

Namun tahukah kamu bahwa puding roti ternyata ada banyak jenisnya dan kerapkali datang dengan inovasi berbeda? Nah, berikut ini terdapat lima ide aneka olahan puding roti yang bisa menjadi sajian baru dengan ragam rasa yang khas dan unik. Apa saja?

1. Eggless caramel bread pudding

5 Jenis Bread Pudding Menggugah Selera, Teman Camilan Praktis di Rumahyoutube.com/Flavourd of Food

Bagi kamu yang memiliki stok roti namun bosan jika harus dibuat itu-itu saja, maka berikut ini ada varian bread pudding yang bisa menyelamatkan roti kamu untuk dapat diolah menjadi kudapan sedap bernama eggless caramel bread pudding.

Seperti namanya, pudding ini akan disajikan bersama lelehan karamel yang manis sebagai salah satu penambah rasa. Lelehan karamel tersebut bisa dibuat dengan gula dan campuran air di tempat terpisah untuk nanti disiram ke dalam puding.

Sementara itu adonan puding dapat dibuat dengan menggunakan roti jenis apapun, baik itu roti tawar, roti gandum, dan roti sejenis sesuai selera. Roti kemudian dipotong-potong dan dimasak bersama susu, gula, dan tepung maizena.

2. Bread and butter pudding

5 Jenis Bread Pudding Menggugah Selera, Teman Camilan Praktis di Rumahrealfood.tesco.com

Hidangan bernama bread and butter pudding ini merupakan santapan tradisional yang cukup populer sejak puluhan tahun lalu di Inggris. Rasanya manis dan gurih, dengan tambahan aneka rempah yang membuat pudding ini lebih kaya rasa dibanding beberapa penganan sejenis.

Dalam pengolahan bread and butter pudding, roti yang digunakan biasanya adalah roti tawar dengan pinggiran yang sudah disingkirkan. Roti kemudian dipotong dua atau segitiga di mana salah satu bagiannya akan diolesi mentega. Roti lalu ditumpuk dan berikan kismis serta bubuk kayu manis pada setiap lapisan sampai roti habis.

Di tempat lain, panaskan susu dengan telur dan sedikit gula, siram ke atas roti dan panggang selama beberapa saat sampai roti berubah warna dan semua bahan matang merata. 

Baca Juga: Resep Charcoal Korean Garlic Bread yang Unik dan Nikmat, Cobain Yuk!

3. French toast bread pudding

5 Jenis Bread Pudding Menggugah Selera, Teman Camilan Praktis di Rumahbettycrocker.com

French toast bread pudding merupakan sebuah inovasi dari olahan roti yang paling cocok dimakan untuk sarapan. Hidangan ini sendiri umumnya menggunakan roti Prancis yang dipotong-potong atau dapat juga diolah dengan memakai roti challah.

Setiap roti yang sudah dipotong-potong akan disiram menggunakan campuran sirup maple, susu, telur, dan kayu manis agar rasa puding menjadi lebih kaya dan berempah. Jika sudah, masak dalam oven dan panggang sampai semuanya matang.

Untuk penyajian pun, french toast pudding dapat dimakan secara langsung atau dihidangkan bersama saus vanilla agar semakin manis dan nikmat.

4. Gingerbread pudding

5 Jenis Bread Pudding Menggugah Selera, Teman Camilan Praktis di Rumahfood.com

Gingerbread pudding hadir buat kamu yang senang dengan makanan manis namun mengandung rempah-rempah yang kaya. Sebab hidangan ini tidak cuma terdiri dari rasa jahe saja melainkan aneka rempah seperti kayu manis, pala, sampai cengkeh pun tersedia.

Rempah tersebut biasanya akan dicampurkan dalam kondisi sudah berbentuk bubuk atau powder. Bentuk ini dipilih agar dapat mencegah tekstur yang kurang enak saat puding disantap. 

Roti yang dipakai pun bebas termasuk gingerbread. Kamu cukup menyobek roti menjadi lembaran yang lebih kecil, campurkan aneka rempah termasuk bubuk jahe, tambahkan custard dan panggang sebentar. Puding dapat disajikan pula bersama saus kesukaan seperti toffee atau vanilla.

5. Umm ali

5 Jenis Bread Pudding Menggugah Selera, Teman Camilan Praktis di Rumahthewanderlustkitchen.com

Umm ali merupakan sebuah sajian tradisional khas Timur Tengah berupa puding dengan tekstur lembut dan renyah yang kaya akan topping. Hidangan ini biasanya menjadi makanan yang wajib dicoba apabila kamu melancong ke negara-negara di sana.

Pada umumnya, umm ali sendiri dibuat menggunakan lembaran kulit pastri atau croissant. Beberapa inovasi cenderung memakai roti biasa untuk mempermudah penemuan bahan. Namun dengan kulit pastri, puding akan lebih renyah dan berbeda dibandingkan puding-puding sejenis.

Adonan pastri yang sudah masak tersebut dicampur menggunakan larutan susu dan dihidangkan dengan aneka ragam topping yang terdiri dari kacang pistachio, almond, kelapa, sampai kismis atau sultana.

Nah, itu dia kelima aneka puding roti yang bisa menjadi inspirasi untuk membuat hidangan puding berbeda. Setiap puding roti memiliki keunggulan dan ke-khas-an tersendiri yang dapat disesuaikan dengan lidah kamu. Jadi kira-kira puding roti mana yang hendak kamu sajikan untuk keluarga?

Baca Juga: Resep Bread Pudding, Camilan yang Bisa Dimakan Hangat atau Dingin

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya