Comscore Tracker

5 Macam Topping Berbentuk Bubuk untuk Melengkapi Sajian Manis

Bikin rasa dan penampilan makanan semakin memikat

Tahu gak sih, ternyata dalam proses pembuatan makanan manis topping yang dibikin tak harus selalu melibatkan banyak bahan. Itu karena kamu bisa menggunakan topping berbentuk bubuk yang hanya perlu ditaburkan di atas sajian, maka makanan kamu pun akan berubah jadi lebih maksimal dari segi rasa maupun penampilan.

Kali ini terdapat lima macam bubuk populer yang kerap digunakan untuk topping makanan manis. Selain warnanya yang berbeda-beda, kamu akan menemukan sensasi aroma dan rasa yang unik dari setiap bahan tersebut. Yuk, intip bahan apa saja yang dimaksud!

1. Gula halus

5 Macam Topping Berbentuk Bubuk untuk Melengkapi Sajian Manisilustrasi gula bubuk (pexels.com/MART PRODUCTION)

Gula bubuk atau gula halus merupakan salah satu bahan yang paling populer untuk dijadikan topping untuk aneka hidangan manis, termasuk macam-macam kue. Biasanya fungsi utama dari bahan ini adalah memberikan ekstra aroma, rasa, serta penampilan yang ciamik terhadap olahan tersebut.

Namun demikian, ternyata gula bubuk juga cocok sekali untuk dibuat menjadi icing atau frosting karena mudah menyatu serta tidak gampang menggumpal. Untuk dijadikan toping, gula bubuk akan disaring terlebih dahulu supaya lebih halus Dan tidak enak ketika dimakan bersama kue kering maupun kue bolu.

2. Cocoa powder

5 Macam Topping Berbentuk Bubuk untuk Melengkapi Sajian Manisilustrasi cokelat bubuk (pexels.com/samer daboul)

Bubuk cokelat dapat dijadikan alternatif topping untuk aneka makanan manis supaya rasanya seimbang dan tidak legit berlebihan. Karena cocoa powder atau bubuk cokelat terkenal memiliki kombinasi agak pahit dengan sedikit sensasi manis. Warnanya cukup gelap sehingga lebih cocok dipakai untuk kudapan yang berwarna cerah.

Bukan cuma dijadikan topping untuk memberikan keseimbangan rasa, bubuk cokelat juga kerap dipakai supaya penampilan makanan jadi tambah cantik. Selain itu, bubuk cokelat pas sekali digunakan untuk hidangan populer seperti tiramisu, dessert box, serta acapkali dipakai sebagai pelengkap aneka macam minuman biar makin nikmat.

Baca Juga: Resep Peach Panggang Kayu Manis, Dessert Manis dengan Topping Es Krim!

3. Matcha

5 Macam Topping Berbentuk Bubuk untuk Melengkapi Sajian Manisilustrasi matcha bubuk (pexels.com/Eva Bronzini)

Matcha adalah bubuk teh dari Jepang yang saat ini sangat populer dalam memberikan sensasi rasa baru untuk macam-macam sajian. Bahkan kamu bisa menemukan hidangan dengan cita rasa matcha pada kreasi dessert, kue klasik, maupun minuman, dengan ciri khas warna kehijauan serta aroma menyegarkan khas dedaunan teh.

Selain memberikan rasa, rupanya bubuk matcha juga populer untuk dijadikan topping. Warnanya yang kehijauan akan menghasilkan penampilan yang jauh lebih menarik. Sementara itu, rasanya sendiri memiliki sensasi pahit yang unik. Itu membuat kombinasi makanan apapun akan terasa seimbang karenanya. Terlebih jika kamu menggunakan matcha sebagai topping untuk es krim, cheesecake, cookies, dan aneka kue favorit lainnya.

4. Bubuk kayu manis

5 Macam Topping Berbentuk Bubuk untuk Melengkapi Sajian Manisilustrasi kayu manis bubuk (pexels.com/Ruby Sengar)

Beralih pada jenis topping berikutnya, kali ini kamu bisa menggunakan salah satu rempah populer untuk memberikan penampilan maksimal terhadap aneka macam hidangan manis. Bahan itu bukan lain adalah kayu manis berbentuk bubuk yang memiliki sensasi rempah-rempah cukup kuat dan begitu sering dijadikan topping andalan.

Biasanya penggunaan kayu manis bubuk cocok untuk aneka sajian berbentuk makanan atau minuman. Ini karena kayu manis akan menyumbang sensasi hangat dan manis alami yang membuat hidangan tersebut cocok dinikmati sebagai penghangat tubuh. Kamu dapat menggunakan bubuk ini sebagai pelengkap untuk cinnamon roll dan aneka kue lain supaya rasanya tambah memikat.

5. Kopi bubuk

5 Macam Topping Berbentuk Bubuk untuk Melengkapi Sajian Manisilustrasi kopi bubuk (pexels.com/ready made)

Bubuk kopi ternyata tidak cuma cocok diseduh sebagai minuman, melainkan dapat dimanfaatkan sebagai penambah rasa dan pemaksimal penampilan untuk aneka hidangan. Seperti diketahui, bubuk kopi adalah bahan populer serbaguna yang memiliki perpaduan antara aroma intens sekaligus rasa pahit yang khas.

Keunikan tersebut yang dicari untuk menyeimbangkan macam-macam makanan manis supaya terasa tidak terlalu legit. Bahkan aromanya yang intens bakal menjadi nilai tambahan bagi pembuatan makanan tertentu, supaya rasa dan keharumannya jadi naik kelas. Kamu biasanya akan menemukan bahan ini dalam toping aneka dessert dan kue bolu.

Memberi topping seperti bubuk-bubuk di atas adalah cara simpel dalam menghias makanan. Selain membuat penampilan hidangan terasa lebih cantik, biasanya topping tersebut akan membantu memberikan rasa seimbang sekaligus aroma yang makin enak dan nendang.

Baca Juga: 7 Khasiat Bubuk Jahe Kering untuk Tubuh, Mampu Menangkal Pilek

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya