Comscore Tracker

Mengenal Es Brasil Asli Purwokerto, Es Krim Jadul yang Ngangenin

Bring childhood memories back #LokalIDN

Jauh sebelum es krim kemasan berbagai merek dan gelato menjamur di mana-mana, es lilin adalah minuman favorit yang selalu setia menemani semasa kanak-kanak. Namun kini, bisa dibilang es lilin sudah sangat jarang dijumpai. Hanya segelintir orang yang masih setia menjualnya di warung-warung kecil.

Beda cerita kalau kamu bertandang ke kota Purwokerto. Kamu bakal dengan mudah menjumpai kedai yang menjual es lilin tersebut, tapi dengan sentuhan yang lebih modern. Es Brasil sebutannya. Namanya yang unik sudah pasti membuatmu penasaran, kan?

Berikut ulasan lengkap seputar Es Brasil asli dari Purwokerto yang selalu bikin kangen dengan cita rasanya yang klasik dan autentik.

1. Es krim jadul nan legendaris

Mengenal Es Brasil Asli Purwokerto, Es Krim Jadul yang Ngangenininstagram.com/nananabow

Berusia lebih dari setengah abad, Es Brasil merupakan sebuah brand legendaris dari Purwokerto, Jawa Tengah. Bermula dari hanya jualan keliling, saat ini Es Brasil telah menempati kedai permanen di Jl. Jendral Suprapto No.25, Kauman Lama, Purwokerto. Letaknya cukup strategis, hanya berjarak 2,5 kilometer dari alun-alun kota.

Awal mulanya, produk yang dijual adalah es lilin jadul yang dibuat dari sirup dan dikemas dengan bungkus plastik biasa. Namun seiring berjalannya waktu, tak hanya es lilin saja yang dijual, tapi juga varian es lainnya turut dikembangkan.

Yang menjadi ciri khas, saat ini Es Brasil diproduksi secara homemade menggunakan buah-buahan asli tanpa bahan pengawet dan 100% menggunakan gula tebu. Gak heran kalau rasanya benar-benar alami dan segar.

2. Varian es krim beragam, dari rasa maupun kemasan

Mengenal Es Brasil Asli Purwokerto, Es Krim Jadul yang Ngangenininstagram.com/jogjabikinlaper

Kalau pengin bernostalgia masa kanak-kanak, kamu bisa memesan es lilin atau sering pula disebut es mambo yang punya varian rasa beragam. Sebutlah rasa cokelat, vanila, kacang ijo, kacang merah, kopyor, alpukat, nangka, sirsak, cendol, rujak, oreo, dan masih banyak lagi.

Tapi, jika kamu lebih tertarik varian es krim yang lebih kekinian, kamu bisa cobain Es Brasil dalam kemasan atau bentuk cone, cup, stick, juice, es kotak, atau es cake. Pilihan rasa yang ditawarkan gak kalah banyak dengan es lilin. Hanya tekstur esnya saja yang sedikit berbeda.

Baca Juga: 5 Kuliner Nusantara Gak Jauh dari Alun-alun Purwokerto, Mampir Yuk!

3. Bisa menyantap es puter di kedai

Mengenal Es Brasil Asli Purwokerto, Es Krim Jadul yang Ngangenininstagram.com/astibagusti

Gak hanya bisa membeli es krim untuk disantap di perjalanan atau di rumah, tapi kamu juga bisa menikmati berbagai varian es tersebut langsung di kedai Es Brasil. Biar makin mantap, jangan hanya memesan es krim kemasan saja. Cobalah menjajal varian es puter yang disajikan dalam gelas cup berukuran besar atau menu banana split.

Es puter tersebut menghadirkan varian rasa yang bermacam juga. Kamu bisa request berapa scoop yang diingikan dan memilih rasa es puter, mulai dari anggur, durian, tutty fruty, cokelat, dan masih banyak lagi. Jangan lupa ditambah topping meses, kacang, wafer, atau wafer roll biar makin mantap.

4. Tersedia di beberapa kota di pulau Jawa

Mengenal Es Brasil Asli Purwokerto, Es Krim Jadul yang Ngangenininstagram.com/eskrimbrasil

Kabar baik buat kamu yang belum sempat mampir ke Purwokerto, Es Brasil bisa kamu dapatkan di supermarket dan kedai makan di beberapa kota di pulau Jawa, lho. Sebutlah Wonosobo, Purworejo, Banjarnegara, Majenang, Bumiayu, dan Cirebon. Gak ketinggalan kota-kota besar lain seperti Bandung dan Bogor.

Sementara di Jakarta, Es Brasil telah membuka kedai cabang sejak tahun 1989. Wah, asyik banget, kan? Kamu bisa mampir ke kedai tersebut yang berlokasi di Boulevard Gading Timur NB 1 No. 28 Kelapa Gading, Jakarta Utara. Atmosfernya cukup cozy. Kamu pasti betah nongkrong lama-lama di sini sembari menyantap es krim legendaris.

5. Tips memborong Es Brasil untuk oleh-oleh

Mengenal Es Brasil Asli Purwokerto, Es Krim Jadul yang Ngangenininstagram.com/evy_octaviaa

Kamu bisa juga memborong Es Brasil untuk buah tangan keluarga di rumah. Pembelian dalam jumlah banyak bakal mendapat paper bag plus styrofoam box. Jadi, saat Es Brasil mencair, kondisinya masih tetap aman. Selanjutnya, begitu tiba di rumah, segera masukkan ke dalam freezer supaya lekas membeku kembali.

Duh, langsung penasaran gak sih gimana enaknya Es Brasil yang begitu melegenda ini? Kira-kira kamu pengin cobain varian rasa yang mana dulu, nih?

Baca Juga: Es Krim Ria Medan, Jadi Saksi Perubahan Kota Medan Sejak 1936

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya