Comscore Tracker

5 Manfaat Buah Kumquat, si Oranye yang Kaya Antioksidan

Cobalah mengonsumsinya sesekali, yuk!

Si oranye kumquat ini berasal dari Tiongkok, lalu mulai diperkenalkan ke Jepang, Taiwan, dan Asia Tenggara pada beberapa abad yang lalu. Saat ini, kumquat juga sedang dibudidayakan di daerah-daerah hangat di Eropa, Amerika Serikat, Amerika Selatan, Australia, Afrika Selatan, dan India.

Kumquat biasanya dimakan mentah; diolah menjadi acar atau manisan; dan digunakan untuk membuat marmalades, minuman keras, dan saus. Mau tau apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Dilansir laman Healthline dan SelfHacked, berikut penjelasannya!

1. Kaya nutrisi, khususnya vitamin C dan serat

5 Manfaat Buah Kumquat, si Oranye yang Kaya AntioksidanBbcgoodfood.com

Kumquat sangat terkenal dengan vitamin C, bahkan kamu bisa mendapatkan lebih banyak serat dari pada jenis buah yang lain. Kulitnya mengandung sejumlah kecil lemak omega-3 dan 80 persen dari beratnya mengandung air serta tinggi serat.

Sekitar 5 buah kumquat mengandung 71 kalori, 16 gram karbohidrat, 2 gram protein, 1 gram lemak, 6,5 gram serat, dan 6 persen vitamin A. Kebayang betapa segarnya buah ini, kan?

2. Tinggi antioksidan dan bersifat antiinflamasi

5 Manfaat Buah Kumquat, si Oranye yang Kaya AntioksidanConserve-energy-future.com

Kumquat kaya akan senyawa tanaman, seperti flavonoid, fitosterol, dan minyak esensial. Kandungan flavonoidnya lebih tinggi dari buah lainnya dan memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Ini bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker.

Phytosterol yang ada di dalam kumquat memiliki struktur kimia yang mirip dengan kolesterol sehingga dapat membantu menghalangi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Ini bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darahmu, Kawan!

Baca Juga: 5 Manfaat dan Khasiat Buah Pala Ini Bikin Sehat, Sudah Tahu? 

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

5 Manfaat Buah Kumquat, si Oranye yang Kaya AntioksidanPorosilmu.com

Karena kumquat kaya akan vitamin C dan beberapa senyawa lain di dalamnya, ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kumquat juga bermanfaat untuk pengobatan tradisional di beberapa negara Asia, seperti untuk mengobati pilek, batuk, dan radang pada saluran pernapasan.

Studi pada hewan dan tabung uji menunjukkan bahwa senyawa tanaman kumquat dapat membantu mengaktifkan sel-sel kekebalan yang disebut sebagai sel pembunuh alami. Sel-sel pembunuh alami inilah yang akan membantumu terhindar dari infeksi. Ini terbukti menghancurkan sel-sel tumor, lho!

4. Bisa membantu mengatasi obesitas

5 Manfaat Buah Kumquat, si Oranye yang Kaya AntioksidanHellosehat.com

Kumquat dapat membantu melawan obesitas dan penyakit terkait, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Para ilmuwan sedang menguji ini pada tikus dengan menggunakan ekstrak yang kaya akan flavonoid neocriocitin dan poncirin.

Studi menunjukkan bahwa tikus obesitas yang diberi makanan diet tinggi lemak selama 2 minggu memiliki peningkatan berat badan sekitar 12 persen. Hal itu berbeda dengan tikus obesitas yang diberi makanan diet tinggi lemak plus ekstrak kumquat, yang dapat mempertahankan berat badannya.

5. Menjaga kesehatan tulang

5 Manfaat Buah Kumquat, si Oranye yang Kaya AntioksidanGosocio.co.id

Selain kaya akan vitamin C dan tinggi serat, kumquat juga merupakan sumber kalsium. Senyawa poncirin yang terkandung di dalamnya dapat membantu pembentukan sel-sel dan memperbaiki tulang.

Beta-cryptoxanthin adalah karotenoid yang ditemukan di dalam kumquat. Ini dapat digunakan oleh tubuh untuk membangun pertahanan antioksidan dan memproduksi vitamin A. Jus yang diperkaya dengan beta-cryptoxanthin dapat meningkatkan pembentukan tulang dan mengurangi kerusakan.

Dalam studi berbasis sel, hal itu merangsang aktivitas sel pembentuk tulang dan memblokir sel-sel pengurai tulang. Meskipun hasilnya menjanjikan, bukti untuk mengklaim bahwa kumquat meningkatkan kesehatan tulang masih terbatas. Diperlukan lebih banyak uji klinis agar hasilnya lebih meyakinkan.

Nah, itulah lima manfaat buah kumquat bagi kesehatan. Selamat mencoba!

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Nanas yang Menyehatkan, Bisa Cegah Kanker!

Nimah Dia Photo Verified Writer Nimah Dia

Dapetin cookies paling menarik dan uwu di instagram @your.bakeology Koleksi juga barang tulis menulis serba warna kuncing di @heyellow.id Take 'em yours!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya