Comscore Tracker

5 Olahan Daging Kambing Khas Afrika Selatan, Rasanya Paling Favorit!

Bisa jadi ide hidangan istimewa keluarga selama Idul Adha 

Sebentar lagi umat muslim akan segera melaksanakan Idul Adha. Biasanya, Idul Adha dirayakan dengan penyembelihan hewan kurban yang berupa kambing atau pun sapi.

Namun, jika kalian masih bingung untuk mengolah daging kambing, maka kalian bisa mencoba makanan khas Afrika Selatan yang berbahan dasar kambing. 

Tunggu apa lagi, yuk simak beberapa olahan kambing khas Afrika Selatan yang paling favorit berikut ini. 

1. Potjiekos

5 Olahan Daging Kambing Khas Afrika Selatan, Rasanya Paling Favorit!potjiekos (instagram.com/yuppiechef)

Potjiekos merupakan makanan yang terdiri dari daging, sayuran, kentang, nasi atau pasta, dan saus di dalam panci. Makanan ini tidak pernah diaduk selama proses memasak karena hidangan dimasak perlahan agar uapnya menumpuk. 

Makanan ini biasanya disiapkan dalam pot kecil. Hidangan ini berasal dari tahun 1800-an, tetapi masih banyak dikonsumsi hingga sekarang.

2. Bunny Chow

5 Olahan Daging Kambing Khas Afrika Selatan, Rasanya Paling Favorit!bunny chow (instagram.com/sabrinasue_in_love_with_food)

Bunny chow merupakan makanan yang terdiri dari setengah atau seperempat roti yang dilubangi. Roti ini selanjutnya diisi dengan kari yang telah dimasak dengan kacang merah atau daging seperti kambing, ayam, dan domba. 

Saat ini, makanan murah dan cukup mengenyangkan ini telah melintasi perbatasan, sehingga juga cukup populer di Inggris Raya.

Baca Juga: 7 Olahan Daging Kambing Khas Indonesia, Cocok untuk Sajian Idul Adha

3. Waterblommetjiebredie

5 Olahan Daging Kambing Khas Afrika Selatan, Rasanya Paling Favorit!waterblommetjiebredie (instagram.com/ronellebeukes)

Waterblommetjiebredie merupakan rebusan hangat yang disiapkan pada bulan Juni hingga September. Makanan ini terbuat dari kombinasi bunga waterblommetjie, kambing yang terdiri dari buku jari, leher, atau tulang rusuk, bawang, lada putih, dan wild sorrel.

Bahan tambahan, seperti bawang putih, ketumbar, kentang, lemon, minyak zaitun, dan bumbu yang berbeda juga ditambahkan untuk memperkuat rasa

Cara pembuatannya yaitu dengan daging yang terlebih dahulu dicokelatkan, lalu dipadukan dengan bahan lainnya. Kombinasi tersebut direbus perlahan hingga daging menjadi empuk.

Setelah proses tersebut selesai, disarankan untuk menyajikan rebusan dengan nasi putih di sampingnya. 

4. Denningvleis

5 Olahan Daging Kambing Khas Afrika Selatan, Rasanya Paling Favorit!denningvleis (Instagram.com/thedaleyplate)

Denningvleis merupakan sup tradisional yang menjadi favorit penduduk. Makanan ini terbuat dari kombinasi daging kambing atau domba, bawang merah, bawang putih, asam, allspice, daun salam, cengkeh, dan pala.

Sangat penting untuk menggunakan air sesedikit mungkin dalam proses pembuatannya dan merebus daging secara perlahan saat menyiapkan rebusan hangat ini.

Potongan daging yang ideal termasuk potongan bahu, potongan pinggang, iga, betis, atau rak kambing. Setelah semua proses selesai, rebusan secara tradisional disajikan dengan geelrys yang merupakan nasi kuning Afrika Selatan.

5. Sosatie

5 Olahan Daging Kambing Khas Afrika Selatan, Rasanya Paling Favorit!sosatie (instagram.com/we_love_gefluegel)

Sosatie merupakan hidangan yang terdiri dari potongan daging kambing atau domba. Daging tersebut direndam dalam saus yang dibuat dengan bawang bombai, bawang putih, cabai, jus asam, dan daun kari. Dagingnya kemudian ditusuk dan dipanggang di atas braai tradisional Afrika Selatan.

Terkadang bahan-bahan, seperti paprika, aprikot, plum, atau jamur di letakkan di antara setiap potongan daging yang ditusuk untuk rasa terbaik. 

Hidangan olahan daging kambing khas Afrika Selatan ini bisa menjadi menu yang dapat memeriahkan Idul Adha kalian. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Olahan Kambing yang Bisa Dinikmati Sambil Jelajah Kota Lama Semarang

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya