Comscore Tracker

5 Kue Khas Kalimantan Terbuat dari Tepung Beras, Manisnya Menggoda!

Tekstur lembutnya ramah di lidah

Rata-rata kue di Indonesia terbuat dari tepung beras. Bukan hanya karena bahan tersebut mudah dijangkau. Tepung beras dapat dikreasikan menjadi kue jenis apa pun. Menikmati kue berbahan tepung beras pun bikin perut cepat kenyang, lho.

Salah satu wilayah di Indonesia yang punya kue dari tepung beras adalah Kalimantan. Berikut lima kue khas Kalimantan yang juga terkenal dengan olahan lautnya yang lezat.

1. Amparan tatak

5 Kue Khas Kalimantan Terbuat dari Tepung Beras, Manisnya Menggoda!amparan tatak (instagram.com/putri_ryuna)

Amparan tatak memiliki tampilan berwarna putih yang terdiri dari dua lapisan. Lapisan pertama atau atas terbuat dari kolaborasi tepung beras dan santan.

Sedangkan lapisan bawah berbahan dasar tepung beras yang diberi tambahan irisan pisang ke dalamnya. Kue bertekstur lembut ini dimasak dengan cara dikukus.

2. Kue putri selat

5 Kue Khas Kalimantan Terbuat dari Tepung Beras, Manisnya Menggoda!kue putri selat (instagram.com/dapoernya_aidaaa)

Kue putri selat terdiri dari tiga lapisan yang biasanya dibedakan dengan pewarna makanan tambahan. Meski masing-masing lapisan memiliki warna yang berbeda, setiap lapisan terbuat dari bahan dasar yang sama yaitu tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula. 

Supaya tampilannya lebih menarik, biasanya kue putri selat dibuat dengan menggunakan cetakan yang dibagian atasnya dihiasi dengan daun pandan hingga irisan buah.

Baca Juga: 9 Fakta Bánh da lợn, Kue Khas Vietnam yang Mirip dengan Kue Lapis  

3. Jorong-jorong

5 Kue Khas Kalimantan Terbuat dari Tepung Beras, Manisnya Menggoda!jorong-jorong (instagram.com/de_icip)

Jorong-jorong sama dengan kue tetu dari Sulawesi dan kue jojorong khas Banten. Kue ini berbahan dasar dari tepung beras dan santan. Kue yang identik dengan wadah anyaman daun pandan ini bisa diberi pemanis berupa gula pasir atau gula merah.

Supaya makin menarik, bagian atas kue jorong-jorong diberi hiasan berupa daun pandan. Kreasi terbaru pun mulai banyak menambahkan topping kekinian seperti meses hingga sprinkle.

4. Kiam ko kwe

5 Kue Khas Kalimantan Terbuat dari Tepung Beras, Manisnya Menggoda!kiam ko kwe (instagram.com/lene.jc75)

Nah, kiam ko kwe ini mudah banget dijumpai sebagai jajanan malam ketika kamu berkunjung ke Pontianak. Kiam ko kwe sendiri merupakan kue talam yang di atasnya identik dengan ebi kering yang dicampur dengan lobak kering.

Selain tepung beras, kiam ko kwe menambahkan tepung tapioka sebagai bahan pembuatannya. Kue berbahan tepung beras ini cenderung bercita rasa gurih.

5. Bobongko

5 Kue Khas Kalimantan Terbuat dari Tepung Beras, Manisnya Menggoda!bobongko (instagram.com/neni_klappertaart2)

Kendati wujudnya berupa kue, bobongko sering dipilih oleh sebagian orang Kalimantan sebagai menu sarapan. Pasalnya, kue bobongko sendiri cepat bikin perut kenyang. Rasa manisnya yang tak berlebihan, cukup untuk memberi tenaga saat memulai hari.

Bobongko terbuat dari perpaduan tepung beras dengan santan dan daun suji. Di dalamya diberi gula merah sebagai pemberi rasa manis. Cara masaknya dibungkus daun pisang dan dikukus.

Apakah kamu sering bikin kue sendiri di rumah sebagai camilan? Jika iya, gak ada salahnya memanfaatkan tepung beras untuk diolah menjadi kue nan lezat asal Kalimantan tadi. Rasanya yang pas bisa memanjakan lidah berbagai kalangan.

Baca Juga: 5 Kue Khas Indonesia yang Punya Banyak Nama, Semuanya Enak!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya