Comscore Tracker

5 Trivia Lapis Legit, Kue dengan Sejuta Kelezatan yang Diakui Dunia

Harganya sebanding dengan rasanya yang lezat

Lapis legit merupakan kue dari Indonesia yang identik dengan banyak layer dan rasa khas. Lapis legit sendiri kerap disajikan pada acara-acara penting maupun dijadikan buah tangan.

Selain rasanya yang spesial, ternyata lapis legit juga memiliki arti mendalam bagi masyarakat keturunan Tionghoa. Pernah didaulat menjadi salah satu kie terenak di dunia, berikut lima trivia lapis legit yang menarik untuk diketahui.

1. Diadaptasi dari kue Belanda

5 Trivia Lapis Legit, Kue dengan Sejuta Kelezatan yang Diakui Duniakue lapis legit (instagram.com/susan0803__)

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kue lapis legit terinpirasi dari kue spekoek khas Belanda. Kue spekoek sendiri mulai dikenal masyarakat saat Belanda masih menjajah Indonesia.

Masyarakat Indonesia pun membuat kue yang sama dengan tambahan rempah-rempah yang membuat rasanya semakin beraroma dan legit. Sebab memiliki banyak layer di dalamnya dan rasanya legit, akhirnya kue ini disebut lapis legit yang bertahan hingga kini. 

2. Harga yang ditawarkan sebanding dengan rasanya

5 Trivia Lapis Legit, Kue dengan Sejuta Kelezatan yang Diakui DuniaKue lapis legit (instagram.com/yinlann)

Lapis legit termasuk kue yang memiliki teknik pembuatan rumit dengan bahan yang tak sedikit. Hal ini karena detail dari kue lezat tersebut yang cukup banyak. Sehingga harga kue lapis legit di pasaran biasa lebih tinggi dibandingkan kudapan lainnya.

Untuk membuat seloyang kue lapis legit biasanya membutuhkan sekitar 20-30 telur. Tak hanya itu, banyak rempah pula yang menjadi bahan kue lapis legit Indonesia ini, seperti kayu manis dan lainnya. Namun, harga yang ditawarkan di pasaran pun sesuai dengan rasanya yang tak lekang oleh waktu.

Baca Juga: Resep Kue Lapis Legit Pandan dengan Tekstur Lembut Banget

3. Peroses pembuatannya rumit dan butuh waktu

5 Trivia Lapis Legit, Kue dengan Sejuta Kelezatan yang Diakui Duniakue lapis legit (instagram.com/doll_ar)

Membuat lapis legit bukanlah hal yang mudah. Banyaknya layer dalam kue lezat ini, membutuhkan ketelitian, keahlian dan kesabaran pembuatnya. Sebab setiap layer dalam kue lapis legit ditumpuk manual, maka dalam pembuatannya pun harus diawasi penuh agar hasilnya maksimal. Selain itu, minimal lapisan di dalam kue lapis legit biasanya berisi 18-24 layer. 

4. Punya makna spesial bagi masyarakat keturunan Tionghoa

5 Trivia Lapis Legit, Kue dengan Sejuta Kelezatan yang Diakui Duniakue lapis legit (instagram.com/myartisan_kitchen)

Dikenal berasal dari Belanda, tapi lapis legit juga memiliki makna tersendiri bagi orang keturunan Tionghoa. Lapis legit kerap disajikan dalam acara keagamaan Tionghoa, salah satunya Imlek.

Ini karena masyarakat keturunan Tionghoa percaya, bahwa lapis legit melambangkan kemakmuran. Bagi masyarakat keturunana Tionghoa, banyaknya layer di dalam lapis legit seperti simbol rezeki yang berlapis dan tak akan pernah habis. 

5. Tersebar di beberapa daerah di Indonesia

5 Trivia Lapis Legit, Kue dengan Sejuta Kelezatan yang Diakui Duniakue lapis legit (instagram.com/lapis_legit_delicate)

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis kue lapis legit yang juga punya ciri khas masing-masing. Salah satunya penambahan kismis di dalam kue yang biasa disebut lapis legit prunes. 

Ada juga kue maksuba dari Palembang yang memiliki bentuk sama seperti lapis legit. Di Surabaya juga terdapat kue lapis yang hanya memiliki tiga layer saja.

Lapis legit menjadi salah satu kue favorit masyarakat Indonesia untuk camilan atau hantaran dalam berbagai acara. Apakah kamu salah satu penggemar kue berlapis ini? 

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kue Putri Mandi Taro, Kue Tradisional Rasa Kekinian

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu dua anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya