Comscore Tracker

10 Jajanan Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipi

Uenake rek!

Saat berkunjung ke beberapa daerah di Indonesia pasti sayang rasanya jika tidak mencoba kuliner atau jajanan khas dari daerah tersebut. Salah satu contohnya ketika berkunjung ke daerah Jawa Timur, karena kamu bisa mencoba beberapa jajanan khas dari beberapa daerah Jawa Timur. Kira-kira apa saja?

Berikut 10 jajanan khas Jawa Timur yang sayang jika tidak dicoba.

1. Madumongso

10 Jajanan Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipiinstagram.com/madumongso_bubinti

Jajanan yang satu ini seringkali dijumpai di berbagai acara daerah Jawa Timur seperti misalnya acara hajatan. Madumongso terbuat dari ketan hitam yang dimasak mirip pembuatan dodol kemudian dibungkus kertas warna-warni atau plastik bening. Ciri khas jajanan madumongso yang bercita rasa legit dengan tekstur empuk membuatnya banyak diburu hingga saat ini.

2. Brem

10 Jajanan Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipiinstagram.com/madiunngemil

Brem jadi jajanan khas Madiun, Jawa Timur yang punya cita rasa lumer manis di mulut. Dibuat dari sari tape ketan hitam yang difermentasi, brem punya tekstur agak lunak. Nah, jadi buat kamu yang akan berkunjung ke Madiun, jangan lupa bawa oleh-oleh brem untuk keluarga di rumah, deh. Dijamin pasti suka!

3. Sale pisang

10 Jajanan Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipiinstagram.com/fridajoincoffee

Ada beragam jajanan khas Jawa Timur yang berbahan dasar pisang, salah satunya sale pisang. Camilan ini tentu saja terbuat dari pisang matang yang dijemur hingga kering kemudian digoreng bersama tepung, cita rasa legit yang asli tanpa pengawet inilah sale pisang cocok dijadikan camilan sehat. Untuk mendapatkan jajanan ini kamu bisa mengujunginya di daerah Pacitan, karena disitulah menjadi kawasan daerah penghasil sale pisang terbanyak.

4. Getuk singkong

10 Jajanan Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipiinstagram.com/siskapoo

Gak hanya sale pisang, ada camilan lain dengan bahan dasar pisang namanya getuk pisang. Ya, camilan ini jadi salah satu jajanan khas Kediri dengan memiliki cita rasa manis serta tekstur empuk yang menggugah selera. Jadi, penasaran nih ingin mencicipinya!

5. Ledre

10 Jajanan Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipiinstagram.com/endyscemilanmurah.bjn

Ledre bisa dibilang mirip kue semprong, namun ledre cenderung memiliki tekstur yang lebih tipis ketimbang kue semprong.
Ledre dibuat dari adonan tepung beras, santan, pisang, telur, gula, dan minyak kacang kemudian diproses seperti pembuatan kue semprong. Cita rasanya manis gurih, ledre sangat cocok dinikmati sambil minum kopi maupun teh.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Klepon, Jajanan Khas Nusantara yang Bercita Rasa Legit

6.Wingko babat

10 Jajanan Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipiinstagram.com/alfinazulfa91

Siapa sih yang gak kenal wingko babat? Camilan berbahan dasar adonan kelapa, tepung ketan, dan gula yang dipanggang ini memang jadi jajanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Jawa Timur. Teksturnya yang lembut serta cita rasa gurih legit, dijamin nagih banget di lidah.

7. Opak gambir

10 Jajanan Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipiinstagram.com/semprongjadul

Ada satu lagi nih camilan yang mirip kue semprong namanya opak gambir, jajanan ini jadi salah satu camilan khas Blitar. Opak gambir dibuat dari tepung terigu, gula, telur, dan sari buah kemudian diolah dengan cara dipanggang. Bentuknya yang unik, opak gambir mudah ditemui dipusat oleh-oleh khas Jawa Timur.

8. Pudak Gresik

10 Jajanan Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipiinstagram.com/avika_citra12

Sesuai namanya jajanan ini berasal dari Gresik dengan bahan dasar tepung beras, jagung manis, dan santan. Kemudian pudak Gresik dibungkus menggunakan daun jagung, pudak gresik cocok banget dijadikan sebagai camilan yang mengenyangkan. Cita rasanya legit banget!

9. Kue geti

10 Jajanan Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipiinstagram.com/dessy_cookies

Jajanan khas Jawa Timur memang identik memiliki cita rasa manis di antaranya kue geti khas Tulungagung ini. Buat kamu pencinta manis, camilan kue geti cocok banget dijadikan pilihan saat berkunjung ke daerah Jawa Timur. Berbahan dasar gula merah yang dimasak bersama kacang tanah, dan wijen kue geti memiliki tekstur agak keras tapi dijamin bikin nagih, deh.

10. Onde-onde Mojokerto

10 Jajanan Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipiinstagram.com/meefangtee

Hampir mayoritas orang Indonesia pasti familiar dengan camilan yang identik diisi kacang hijau ini. Ya, siapa lagi kalau bukan onde-onde, camilan khas Mojokerto ini memang memiliki tekstur lembut dengan bagian kulit luarnya yang dilapisi wijen. Gak heran, deh onde-onde jadi camilan favoritnya masyarakat Indonesia hingga kini. Apalagi onde-onde terbilang mudah ditemukan, jadi bisa menikmatinya kapan saja.

Nah dari kesepuluh jajanan di atas, manakah daftar camilan khas Jawa Timur yang ingin sekali kamu coba?

Baca Juga: 10 Jajanan Tradisional Indonesia yang Disukai Bule, Ada Favoritmu?

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Menyukai hal baru

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya