Comscore Tracker

5 Fakta dan Asal-usul Kue Nastar, Kudapan Khas Lebaran

Gak hanya tahu cara membuatnya, faktanya pun harus tahu

Kue nastar pasti tidak asing bagi pecinta kue kering. Kue berbentuk bundar dan agak pipih ini sering kali disajikan pada momen hari spesial tertentu, khususnya pada hari raya. Camilan yang nikmat ini tentunya mengundang selera, dan bila sudah sekali mencicipi, maka kamu dijamin akan ketagihan.

Para ibu rumah tangga biasanya berusaha untuk dapat membuat kue ini sendiri, ketimbang membelinya di pasar atau tempat lain. Di balik lezat dan mungilnya kue ini, ada beberapa fakta yang harus kamu tahu nih, tentang nastar.

1. Nama 'nastar' berasal dari Bahasa Belanda

5 Fakta dan Asal-usul Kue Nastar, Kudapan Khas Lebaraninovasee.com

Nama nastar berasal dari Bahasa Belanda, yakni 'ananas' atau nanas dan 'taartjes' atau tart. Pelafalannya pun dipermudah menjadi 'nastar'. Jadi, nastar adalah tart dengan isian selai nanas. Nastar sendiri telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dalam Bahasa Inggris, nastar ini sering disebut Pineapple Tarts atau Pineapple Nastar Roll. Kamu sudah tahu?

2. Terinspirasi dari kue pie

5 Fakta dan Asal-usul Kue Nastar, Kudapan Khas Lebaranalldaytech.com

Resep nastar terinspirasi dari kue pie yang dibuat dalam loyang-loyang besar berisi blueberry, strawberry, maupun apel. Adonan nastar sendiri sama seperti adonan pie, yakni tepung terigu, telur, mentega, dan bahan lainnya. Konon, saat masa penjajahan buah-buah isian pie tersebut sulit didapatkan, sehingga masyarakat kita menggantinya dengan buah nanas yang mudah didapat di Indonesia yang merupakan negara tropis.

3. Gak hanya muncul saat lebaran, perayaan natal dan imlek pun nastar kerap disajikan sebagai kue jamuan

5 Fakta dan Asal-usul Kue Nastar, Kudapan Khas Lebarandeskgram.net

Seiring dengan perkembangan zaman, nastar kemudian memilki variasi isian, seperti selai strawberry, blueberry, durian, dan lain sebagainya. Kue kering satu ini bukan hanya muncul saat lebaran lho, saat Natal dan Imlek pun nastar kerap dijadikan jamuan untuk tamu.

Baca Juga: Resep & Tips Bikin Selai Nanas Anti Gagal untuk Filling Kue Nastar

4. Nastar kerap disebut sebagai kue kering, padahal sebenarnya nastar merupakan kategori 'cake'

5 Fakta dan Asal-usul Kue Nastar, Kudapan Khas Lebaransuratkabar.id

Dilansir dari laman detikFood, pakar pastry terkenal Indonesia yakni Yongki Gunawan menyebut kalau nastar masuk dalam kategori cake karena teksturnya yang lembut dan lembab. Bukan garing atau renyah layaknya kue kering pada umumnya. Masyarakat Indonesia selama ini salah kaprah jika menyebut nastar sebagai kue kering, padahal aslinya nastar berarti kue nanas.

5. Nastar melambangkan kemakmuran

5 Fakta dan Asal-usul Kue Nastar, Kudapan Khas Lebaranphinemo.com

Selain memiliki cita rasa yang unik dilidah, nastar juga memiliki filosofi lho. Etnis Tionghoa menyebut nastar sebagai ong lai yang berarti pir emas. Pir emas dipercaya sebagai simbol dari kemakmuran, rezeki dan dan keberuntungan.

Nah, itulah beberapa fakta tentang nastar yang perlu kamu ketahui. Semoga menambah wawasan, ya!

Baca Juga: Kerap Dilakukan, 6 Kesalahan Sepele Ini Bikin Nastar Homemade Gagal

Devi Latifah Photo Verified Writer Devi Latifah

Menulis adalah cara lain menggapai cita-cita.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You