Comscore Tracker

5 Cara Membersihkan Freezer yang Cepat dan Efektif, Bersih Bersinar!

Jangan congkel bunga esnya, lho

Freezer berfungsi sebagai alat untuk menyimpan makanan dalam jangka waktu yang lama. Gak heran kalau terkadang kita lupa untuk memeriksa atau membersihkan freezer. 

Membersihkan freezer dianggap menghabiskan banyak waktu. Apalagi kalau memiliki jenis freezer yang menghasilkan bunga es. Padahal ada cara yang lebih cepat dan efektif, lho. 

Kalau kamu memiliki freezer yang belum pernah dibersihkan, maka wajib tahu informasi ini. Yuk, simak beberapa tips membersihkan freezer yang cepat dan efektif ini!

1. Keluarkan isi freezer

5 Cara Membersihkan Freezer yang Cepat dan Efektif, Bersih Bersinar!Ilustrasi makanan beku (unsplash.com/bkaraivanov)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengeluarkan isi freezer. Ini bisa menjadi kesempatan untuk memilah makanan. Jadi, kamu bisa mengetahui makanan mana yang masih layak dikonsumsi atau tidak.

2. Matikan arus listrik

5 Cara Membersihkan Freezer yang Cepat dan Efektif, Bersih Bersinar!Ilustrasi mencabut aliran listrik (unsplash.com/kellysikkema)

Selanjutnya, matikan arus listrik dengan mencabut sakelar. Jika ada makanan yang menempel pada bunga es, sebaiknya diamkan saja dulu. Jangan mencongkel apa pun di dalam freezer dengan benda tajam, karena bisa merusak dinding freezer. 

3. Cairkan dan bersihkan bunga es

5 Cara Membersihkan Freezer yang Cepat dan Efektif, Bersih Bersinar!Ilustrasi bunga es (unsplash.com/@dev_irl)

Setelah itu, cairkan dan bersihkan bunga es. Salah satu caranya bisa menggunakan hair dryer. Suhu panas dari hair dryer bisa membantu proses pencairan bunga es. 

Namun, beberapa freezer telah memiliki fitur pencairan bunga es. Jadi, kamu cukup menekan tombol pencairan yang berada di penutup freezer, dan proses akan berjalan secara otomatis. 

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman Ini Gak Boleh Disimpan di Freezer, Bisa Rusak!

4. Bersihkan bagian dalam freezer

5 Cara Membersihkan Freezer yang Cepat dan Efektif, Bersih Bersinar!Ilustrasi bagian dalam freezer (unsplash.com/limpido)

Setelah es mencair, buka saluran pembuangan freezer. Kemudian, bersihkan bagian dalam freezer dengan larutan yang aman.

Kamu bisa menggunakan sabun cuci piring dan air. Setelah selesai, keringkan freezer dengan lap bersih.

5. Beri aroma penyegar

5 Cara Membersihkan Freezer yang Cepat dan Efektif, Bersih Bersinar!Ilustrasi soda kue (mantech-inc.com)

Jika masih ada bau tak sedap, gunakan soda kue. Masukkan ke dalam freezer, lalu tutup dan diamkan selama beberapa jam. Cara ini dinilai ampuh menghilangkan bau. 

Itulah beberapa tips membersihkan freezer yang cepat dan efektif. Setelah dibersihkan, kamu bisa memasukkan kembali stok makanan. Semoga membantu!

Baca Juga: 10 Makanan yang Bisa Disimpan di Dalam Freezer, Jadi Makin Awet

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya