Comscore Tracker

5 Tempat Makan Masakan Khas Timur Tengah di Kota Batu Paling Enak 

Rasanya lezat dan harganya terjangkau

Kamu sedang ngabuburit atau berlibur di Kota Batu? Jika sudah puas dengan mengunjungi sejumlah destinasi wisata, kamu patut mencicipi kulinernya. Gak hanya kafe maupun tempat makan bernuansa alam serta kuliner lokal, banyak pula pilihan kuliner khas Timur Tengah.

Beberapa tempat makan khas Timur Tengah di Kota Batu dapat kamu temui di dekat pusat kota. Mulai pedagang kaki lima hingga rumah makan. Berikut daftar tempat makan masakan khas Timur Tengah di Kota Batu yang bisa kamu pilih.

1. Nasi Kebuli Daging Sapi

5 Tempat Makan Masakan Khas Timur Tengah di Kota Batu Paling Enak tempat makan nasi kebuli daging sapi (dok. pribadi/Wahyu Eko)

Nasi Kebuli Daging Sapi bukan sebuah rumah makan ataupun pedagang kaki lima dengan tenda. Tempat makan satu ini  menggunakan mobil yang digunakan untuk berdagang.

Gak perlu khawatir, penjual nasi kebuli tersebut berjualan di satu tempat yang mudah ditemukan, gak keliling. Sekalipun cara berjualannya sederhana, tapi rasanya istimewa.

Menu yang ditawarkan selain nasi kebuli sapi dan ayam, ada pula nasi biryani ayam serta roti canai gule setiap hari Minggu. Buat kamu yang takut kehabisan, bisa memesannya lho.

Harga: Rp10 ribu-Rp13 ribu

Jam operasional: Selasa-Minggu pukul 15.00-17.30 WIB

Lokasi: Jalan Dewi Sartika Nomor 28, Kelurahan Temas. Kecamatan Batu.

2. Rumah Makan Al Madinah

5 Tempat Makan Masakan Khas Timur Tengah di Kota Batu Paling Enak Rumah Makan Al Madinah (dok. pribadi/Muhammad Alfarizi)

Seperti namanya, Rumah Makan Al Madinah menyediakan kuliner khas Timur Tengah. Ada nasi kebuli ayam atau kambing dan roti canai. Tersedia pula nasi goreng kambing dan sejumlah menu khas Indonesia yang didominasi olahan kambing dan ayam.

Harga: Rp5.000-Rp50.000

Jam operasional: 08.00-20.00 WIB

Lokasi: Jalan Diponegoro Nomor 18, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.

3. Indian Resto

5 Tempat Makan Masakan Khas Timur Tengah di Kota Batu Paling Enak nasi mandhi dan nasi biryani (instagram.com/indianrestobatu)

Meski namanya Indian Resto, seperti yang kamu tebak, tempat makan ini menyajikan menu khas India. Terdapat pula sejumlah kuliner Timur Tengah yang patut kamu coba. Olahan ayam dan domba menjadi lauk utama di sini.

Kamu dapat menyantap nasi kabsah dan nasi biryani sendirian maupun beramai-ramai. Uniknya, satu nampan dapat dinikmati 5-7 orang, lho.

Harga: Rp6.000-Rp300.000

Jam operasional: 10.00-22.00 WIB

Lokasi: Jalan Pattimura Nomor 3C, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Cwiemie di Malang yang Enaknya Pol, Wajib Dikunjungi!

4. Rumah Makan Cairo

5 Tempat Makan Masakan Khas Timur Tengah di Kota Batu Paling Enak nasi kebuli kambing (instagram.com/rmcairo_batu)

Sedikit berbeda dari sebelumnya, Rumah Makan Caito menyajikan lauk pendamping berupa ayam dan kambing. Ada sate hingga krengsengan. Tidak ketinggalan nasi kebuli dan nasi kabsah.

Buat kamu penggemar olahan kambing, bisa mencicipi kambing oven maupun sayur marak. Sudah pernah dengar?

Sayur marak atau sup marak merupakan olahan kambing dengan tambahan toman dan seledri. Cita rasanya memang kompleks, tapi cukup ringan ketika disantap.

Harga: Rp5.000-Rp60.000

Jam operasional: setiap hari 08.00-22.00 WIB, kecuali Jumat, pukul 13.00-22.00 WIB

Lokasi: Jalan Panglima Sudirman Nomor 62, Ngaglik, Kecamatan Batu.

5. Rumah Makan Mesir

5 Tempat Makan Masakan Khas Timur Tengah di Kota Batu Paling Enak nasi samin (instagram.com/eat.eunhye)

Satu lagi, nih tempat makan hidangan Timur Tengah di Kota Batu, Rumah Makan Mesir. Nasi kebuli, kabsah, hingga nasi mandhi dapat kamu santap di sini. Olahan daging kambing, ayam, dan sapi juga tersedia di sini.

Tempat makan satu ini menjadi salah satu favorit di Kota Batu. Apalagi lokasinya dekat dengan Alun-alun Batu, wisatawan yang ingin mencicipi hidangan khas Timur Tengah wajib mencicipinya.

Harga: Rp5.000-Rp75.000

Jam operasional: 08.00-22.00 WIB, selama Ramadan buka pukul 20.00-03.30 WIB. Cocok nih yang lagi mencari kuliner untuk sahur.

Lokasi: Jalan Diponegoro Nomor 32, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. 

Ternyata banyak juga, kan hidangan khas Timur Tengah di Kota Batu, Jawa Timur? Sekalipun tempatnya sederhana, kamu tetap dapat mencicipi kelezatannya. Mana nih yang pengin kamu cicipi duluan?

Baca Juga: 7 Rumah Makan Keluarga Bernuansa Alam di Kota Batu, Cocok buat Bukber 

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya