Comscore Tracker

Sejarah Kembang Goyang, Camilan Khas Pulau Jawa

Bentuk kembang goyang terinspirasi dari perhiasan

Kue kembang goyang adalah jajanan kuno yang hingga saat ini masih digemari masyarakat. Bagi orang Jawa yang masih mempertahankan tradisi menyajikan makanan tradisional, pasti sering membuat camilan kembang goyang ini. Tidak hanya di Jawa, kue ini juga telah menjadi suguhan khas tradisional warga Betawi. Mungkin kamu akan bertanya-tanya dari mana sebenarnya asal kembang goyang. Berikut ini sejarah cemilan kembang goyang!

1. Kembang goyang bukan berasal dari Pulau Jawa

Sejarah Kembang Goyang, Camilan Khas Pulau Jawainstagram.com/susan0803_

Ternyata, kembang goyang adalah kue tradisional asal Betawi, meskipun ternyata banyak juga daerah Jawa yang juga membuat camilan ini sebagai camilan tradisional seperti misalnya daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

2. Asal mula nama kembang goyang

Sejarah Kembang Goyang, Camilan Khas Pulau Jawainstagram.com/floragardenmama

Kembang goyang sendiri mendapatkan namanya karena bentuknya yang seperti bunga dan digoreng dengan cara digoyangkan dari cetakannya di dalam minyak panas hingga terlepas dan digoreng matang merata. 

3. Bentuknya terinspirasi dari perhiasan

Sejarah Kembang Goyang, Camilan Khas Pulau Jawapexels.com/walking photographer

Kue renyah ini ternyata terinspirasi dari perhiasan yang dijadikan hiasan sanggul atau konde para pengantin Jawa. Karena bunga yang dipasang di sanggul itu bergerak-gerak atau bergoyang, maka terlihat cantik.

Baca Juga: 9 Oleh-Oleh Camilan Asal Jawa dari yang Pulang Mudik

4. Cara penyajian kembang goyang dan maknanya

Sejarah Kembang Goyang, Camilan Khas Pulau Jawapexels.com/Artem Beliaikin @belart84

Umumnya kembang goyang disajikan sebagai kudapan menyambut para tamu yang berkunjung. Namun untuk beberapa daerah, bukan hanya punya sebutan berbeda tapi juga ada tujuan yang berbeda. Misalnya di Bali, bagi pemeluk agama Hindu, kembang goyang dijadikan salah satu sesaji untuk hari raya keagamaan seperti Nyepi.

Itulah sejarah kembang goyang yang renyah dan manis yang telah menjadi kudapan tradisional di berbagai daerah

5. Variasi rasa kembang goyang

Sejarah Kembang Goyang, Camilan Khas Pulau Jawayoutube.com/MyPassionFruits Journey

Saat ini kue kembang goyang ini telah divariasikan dengan jenis rasa yang telah beredar dipasaran seperti rasa gurih, rasa manis, rasa pandan, rasa keju dan masih banyak lagi rasa yang lainnya. Namun, selain aneka jenis rasa yang mulai divariasikan, kue kembang goyang ini juga telah berubah bentuknya yang dahulu berbentuk bunga namun telah menjadi aneka bentuk yang menarik.

Sebagai kue yang dihidangkan di toples bening, kembang goyang sangat cantik jika ditata dengan apik. Sesuai namanya, kue kembang goyang bentuknya menyerupai bunga atau kembang yang sedang mekar. Kue kembang goyang juga dikenal dengan nama kue kembang loyang atau kue loyang di Sumatra. Nah, itulah sejarah kembang goyang yang renyah dan manis yang telah menjadi kudapan tradisional di berbagai daerah.

Baca Juga: 5 Camilan Khas Aceh yang Wajib Kamu Cicipi Selama Traveling

Fika Faot Photo Verified Writer Fika Faot

English student in Undana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya