Comscore Tracker

5 Tips Menyimpan Sayuran Agar Awet & Segar Saat Libur Lebaran

Tips yang berguna banget nih!

Bagi ibu-ibu otomatis pasti akan menyiapkan stok sayur dan buah serta bahan masakan lain untuk dimasak selama liburan lebaran. Nah, agar tidak kesulitan belanja sayur dan buah segar, lebih baik menyimpannya dengan baik. Agar daya simpan sayur dan buah lebih lama, berikut lima tips menyimpan sayuran agar awet & segar selama libur lebaran!

1. Sortir sayuran yang akan disimpan

5 Tips Menyimpan Sayuran Agar Awet & Segar Saat Libur Lebaranunsplash.com/S O C I A L . C U T

Daun sayuran yang menguning kerap kali kita temukan pada sayuran hijau. Buanglah bagian sayuran yang sudah menguning sebelum disimpan. Sisihkan sayuran-sayuran yang masih segar untuk disimpan ke dalam kulkas. Buanglah akar pada sayuran (seperti akar pada kangkung) untuk menjaga kualitas sayuran agar tetap fresh dan bersih.

2. Cuci sayuran

5 Tips Menyimpan Sayuran Agar Awet & Segar Saat Libur Lebaranunsplash.com/davide ragusa

Manfaat dari mencuci sayuran sebelum disimpan di lemari es ini adalah untuk menghilangkan bakteri yang dapat mempercepat proses pembusukan sayuran.

Baca Juga: 5 Tips Merebus Sayur Agar Tetap Hijau dan Tidak Rusak

3. Pisahkan sayuran sesuai jenis

5 Tips Menyimpan Sayuran Agar Awet & Segar Saat Libur Lebaranunsplash.com/Sven Scheuermeier

Untuk membuat sayuran tetap segar setiap saat, kamu harus menyimpan sayuran secara terpisah dengan buah. Kalau ingin sayuran bisa bertahan 3 hari di dalam kulkas tanpa membusuk, simpan di rak kulkas tanpa berdampingan langsung dengan buah-buahan. Karena meskipun dalam ruangan dengan suhu rendah, buah tetap dapat memproduksi zat etilen yang akan mempercepat kematangan buah dan sayur sehingga proses pembusukan juga akan terjadi lebih cepat.

4. Bungkus sayuran dengan kertas

5 Tips Menyimpan Sayuran Agar Awet & Segar Saat Libur Lebaranpexels.com/Wendy Wei

Lapisi tempat untuk meletakkan sayuran dengan kertas. Nantinya kertas dapat mencegah suhu lembab dari kulkas untuk masuk ke dalam sayuran. Jika tidak ingin menggunakan kertas, kamu dapat memakai tisu dapur yang biasanya dipakai untuk menyerap minyak pada makanan yang digoreng.

5. Simpanlah sayuran dalam plastik berlubang

5 Tips Menyimpan Sayuran Agar Awet & Segar Saat Libur Lebaranpexels.com/Scott Webb

Sayuran tetap membutuhkan oksigen untuk dapat bertahan dan tidak membusuk dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, simpan sayur di dalam plastik bening seperti plastik pembungkus sayuran di supermarket. Dan plastiknya juga perlu dilubangi agar udara dingin dari kulkas dapat masuk ke dalam sayuran.

Nah, itulah kelima tipsnya. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 7 Sayuran Ini Lebih Bernutrisi Jika Dimasak Terlebih Dahulu

Fika Faot Photo Community Writer Fika Faot

English student in Undana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You