Comscore Tracker

Gak Melulu Bolong, Ini 7 Varian Donat Khas dari Penjuru Dunia

Gak selamanya donut itu bundar lho guys

Jika kamu mendengar kata donat, mungkin yang lansung terlintas di benakmu adalah kudapan manis berbentuk bulat, dengan bolongan di tengahnya. Namun, tahukah kamu kalau tak semua donat itu bundar dan bolong? Ada lho donat yang dibentuk persegi, bulatan utuh dengan isian di dalamnya, hingga ada yang berbentuk menyerupai rantai, unik kan?

Nah, supaya gak penasaran, ini lho 7 variasi bentuk donat khas dari berbagai penjuru dunia. Walaupun gak bundar dan tanpa bolongan, rasanya dijamin tetap yummy kok!

1. Berliner

Gak Melulu Bolong, Ini 7 Varian Donat Khas dari Penjuru Duniadaszeitung.com

Jika mendengar namanya, mungkin kamu bisa lansung menerka asal dari donat yang satu ini. Berliner memiliki bentuk bulat dengan isian berupa selai di dalamnya. Yang tak boleh lupa ditambahkan adalah taburan gula halus sebagai penambah rasa manis dari donat kebanggaan masyarakat Jerman ini.

2. Kkwabaegi

Gak Melulu Bolong, Ini 7 Varian Donat Khas dari Penjuru Duniakatalogsmakow.pl

Memiliki bentuk seperti rantai, itulah yang membuat Kkwabaegi berbeda dengan bentuk donat kebanyakan. Donat yang bisa dengan mudah dibeli di kedai-kedai pinggir jalan di Korea ini, memiliki tekstur luar yang crunchy, namun lembut di dalam. Bisa lansung disantap tanpa selai, namun bila kamu mau, susu bisa menjadi pendamping paling pas bagi si Kkwabaegi ini.

3. Pączki

Gak Melulu Bolong, Ini 7 Varian Donat Khas dari Penjuru Duniawarsawpoint.com

Bentuknya hampir serupa dengan Berliner, namun yang membedakan donat khas Polandia ini dengan yang lain adalah cita rasa mentega dan susunya yang sangat kentara. Pączki biasanya juga diberi isian berupa selai atau isian manis lain sesuai selera dan kemudian ditaburi dengan gula halus.

 

4. Pa Thong Ko

Gak Melulu Bolong, Ini 7 Varian Donat Khas dari Penjuru Duniaka-nom.com

Anti mainstream banget nih donat yang satu ini, Pa Thong Ko. Donat yang laris dijual di Thailand ini memiliki bentuk seperti huruf X. Katanya sih, bentuk ini melambangkan dua orang yang saling mencintai dan gak bisa dipisahkan. Pa Thong Ko paling lezat jika dicelup ke susu kental ataupun podeng.

5. Castagnole

Gak Melulu Bolong, Ini 7 Varian Donat Khas dari Penjuru Duniacucchiaio.it

Bulatan-bulatan kecil donat dari Italia ini disebut Castagnole. Istimewanya, Castagnole ini merupakan makanan wajib yang harus ada saat waktu Karnaval, perayaan sebelum datangnya Paskah. Tanpa isian di dalamnya, rasa manis dari Castagnole berasal dari lumuran gula halus di permukaannya. Jika tertarik membuatnya di rumah, kamu bisa memadukannya dengan selai yang kamu suka.

6. Crullers

Gak Melulu Bolong, Ini 7 Varian Donat Khas dari Penjuru Duniayelp.com

Donat bertekstur lembut khas Perancis ini memiliki bentuk yang sangat cantik, hampir menyerupai bunga matahari, lengkap dengan kelopak-kelopak bunganya. Yang paling membuatnya terlihat menggiurkan adalah lelehan topping di atasnya yang bisa berupa sekedar sugar glaze atau selai beraneka rasa dan warna.

7. Malasada

Gak Melulu Bolong, Ini 7 Varian Donat Khas dari Penjuru Duniafixfeastflair.com

Malasada, donat khas Portugis ini memiliki warna coklat yang mencolok dengan taburan gula halus di seluruh permukaannya. Berbeda dengan versi tradisionalnya yang tak memiliki lubang maupun isian, di bagian pinggir malasada sekarang, sering terdapat lubang kecil yang membuat kita bisa melihat isian apa yang ditambahkan ke dalam malasada tersebut. Krim beraneka rasa, selai dan podeng merupakan filling paling favorit, yang menambah cita rasa manis dari malasada.

Udah bisa mutusin donat unik mana yang mau kamu coba bikin langsung di rumah?

ghafsari Photo Community Writer ghafsari

Thriller is not my cup of tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You