Comscore Tracker

5 Kombinasi Lauk Makan dengan Saus Tomat yang Bikin Kalap

Pencinta ikan dan telur mesti tahu masakan ini

Sebagai alternatif penambah rasa dengan sensasi yang tidak terlalu pedas, saus tomat memang menjadi pendamping yang tidak tergantikan sampai saat ini. Rasanya yang juga segar, membuat suatu hidangan mampu tampil maksimal.

Bahkan kegunaan saus tomat bukan cuma sekadar menjadi saus cocol, tetapi bisa bikin lima lauk makan ini semakin nikmat untuk disantap bareng nasi hangat. Yuk, cari tahu!

1. Gurame saus tomat 

5 Kombinasi Lauk Makan dengan Saus Tomat yang Bikin Kalapilustrasi gurame saus tomat (pixabay.com/YU ZHANG)

Gurame menjadi salah satu ikan favorit masyarakat Indonesia yang sangat sedap walaupun hanya dimasak dengan cara digoreng. Meskipun harga yang ditawarkan terkadang cukup mahal, namun kelezatannya memang tidak bisa dibohongi.

Selain itu, gurame juga bisa banget disajikan bersama saus tomat yang nyegerin. Tinggal campurkan saus tomat kemasan, saus sambal, bawang-bawangan, irisan tomat segar, dan bumbu perasa. Siramkan saus, dan ikan pun siap dijadikan lauk makan.

2. Telur goreng saus tomat 

5 Kombinasi Lauk Makan dengan Saus Tomat yang Bikin Kalapilustrasi telur goreng saus tomat (pixabay.com/Sabine Schulte)

Lauk makan yang satu ini bukan sekadar lezat, melainkan juga sangat ekonomis dan bisa didapatkan di mana saja. Proses pengolahannya pun cukup singkat, yakni dengan cara digoreng menjadi telur mata sapi.

Namun jika disajikan seperti itu saja tentu sudah sangat biasa. Tetapi kini kamu bisa membuat saus tomat untuk melengkapi hidangan tersebut, dengan menambahkan saus kemasan disertai bawang-bawangan, biar rasa dan aromanya pun semakin juara.

Baca Juga: 5 Manfaat Tomat Hijau bagi Kesehatan, Tak Kalah dengan Tomat Merah

3. Ikan kembung saus tomat 

5 Kombinasi Lauk Makan dengan Saus Tomat yang Bikin Kalapilustrasi ikan kembung saus tomat (pixabay.com/Nathan Pratyksh Khanna)

Ikan kembung menjadi salah satu pilihan lauk terbaik yang juga tidak kalah terjangkau, apalagi untuk dijadikan menu makan sehari-hari. Rasa ikan yang gurih dan lembut, membuatnya sangat sukses untuk dimasak dengan cara apapun.

Kali ini ikan kembung bisa dikombinasikan pula bersama saus tomat, untuk menghasilkan lauk yang lebih nendang. Tinggal goreng ikan tersebut, lalu siapkan saus dengan menambahkan saus sambal, saus tomat, bawang bawangan, perasa, dan sedikit air.

4. Ayam goreng saus tomat 

5 Kombinasi Lauk Makan dengan Saus Tomat yang Bikin Kalapilustrasi ayam goreng saus tomat (pixabay.com/jengland)

Ayam goreng sudah menjadi salah satu lauk mainstream yang acapkali hadir di dalam berbagai menu masakan, entah itu untuk siang ataupun malam hari. Namun demikian diperlukan kreasi kreatif agar lauk ini jadi semakin berwarna ketika disantap.

Salah satu cara untuk membuat lauk makan yang singkat, namun tetap juara adalah dengan menggoreng ayam tepung. Lalu nantinya hidangan itu disiram menggunakan campuran antara saus tomat kemasan yang telah dimasak, bersama bawang dan juga kecap manis.

5. Tahu goreng saus tomat

5 Kombinasi Lauk Makan dengan Saus Tomat yang Bikin Kalapilustrasi tahu goreng saus tomat (pixabay.com/Anjelie Khan)

Makanan lain yang juga tidak kalah sedap ketika dikombinasikan bersama saus sambal adalah tahu. Bahan masak tersebut sangat mudah dijumpai dengan macam-macam jenis, dan harga yang bervariasi.

Tahu bisa dimarinasi menggunakan bumbu penyedap untuk kemudian digoreng menjadi lebih garing. Setelah itu, kamu tinggal menyiapkan saus siram dengan mencampurkan saus tomat, bawang putih, bawang bombay, kecap manis, saus tiram, dan juga perasa.

Menciptakan lauk masak sederhana menggunakan saus tomat menjadi salah satu ide baru, untuk membuat waktu makan jadi lebih seru. Nah, di antara lima santapan di atas, kira-kira mana olahan yang paling kamu idamkan untuk disantap dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Camilan dari Ikan Tenggiri yang Mampu Membuatmu Terpikat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya