Comscore Tracker

5 Ragam Bola-bola Ubi Populer yang Bikin Ngemil Jadi Susah Berhenti

Ada yang isinya kopong sampai mengandung keju!

Ubi menjadi bahan baku yang cukup mudah ditemui di Indonesia. Karena itu, komponen ini sering kali dikreasikan sebagai makanan unik, termasuk camilan berbentuk bola-bola yang memanjakan lidah.

Terdapat sekitar lima kreasi bola-bola ubi yang terkenal di dalam negeri dan bisa dijadikan ide makanan untuk teman santai. Yuk, cari tahu biar hari-harimu jadi lebih seru karena camilan yang enak!

1. Bola ubi kopong

5 Ragam Bola-bola Ubi Populer yang Bikin Ngemil Jadi Susah Berhentiilustrasi bola ubi kopong (yummy.co.id)

Bola ubi kopong menjadi salah satu camilan favorit sampai saat ini. Hal tersebut lantaran karakteristik kudapan ini yang lebih ringan, disebabkan memiliki isi yang kosong. Jadi, mau dimakan seberapapun banyaknya, rasanya tetap nikmat dan renyah.

Untuk bisa membuat ubi mengembang dan bagian isinya jadi kosong, umbi tersebut perlu direbus terpisah dan kemudian dihaluskan. Tambahkan gula, tepung tapioka, dan bubuk pengembang. Bulatkan adonan, selanjutnya goreng sampai matang.

2. Bola ubi cokelat krispi

5 Ragam Bola-bola Ubi Populer yang Bikin Ngemil Jadi Susah Berhentiilustrasi bola ubi cokelat krispi (yummy.co.id/Rose Shanty)

Kalau bola ubi yang satu ini sudah menjadi sajian modern yang mempunyai tekstur agak lebih padat. Terasa kekinian, akibat bagian dalam ubi yang dibuat terisi menggunakan cokelat. Makanya makanan pun terasa begitu manis.

Proses pengolahannya tetap mengutamakan ubi yang sudah direbus atau dikukus, lalu haluskan dengan tepung terigu. Bulatkan adonan dan selipkan cokelat di dalamnya. Lumuri menggunakan tepung roti, maka bola ubi pun siap digoreng.

Baca Juga: 5 Jajanan Pasar Berbahan Dasar Ubi Ungu yang Unik, Pas buat Snacktime!

3. Bola ubi ungu

5 Ragam Bola-bola Ubi Populer yang Bikin Ngemil Jadi Susah Berhentiilustrasi bola ubi ungu (yummy.co.id)

Gorengan berikutnya yang diolah menggunakan ubi akan terasa lebih kenyal dan unik, lantaran bahan baku yang dipakai adalah ubi ungu. Biasakan untuk selalu merebus atau mengukus ubi sebelum digunakan.

Setelah itu, ubi perlu dihaluskan dan dicampur bersama gula, susu kental manis, garam, dan tepung ketan untuk menciptakan sensasi kenyal. Uleni sampai kalis, kemudian bulatkan adonan sebelum digoreng dalam minyak.

4. Bubur candil ubi

5 Ragam Bola-bola Ubi Populer yang Bikin Ngemil Jadi Susah Berhentiilustrasi bubur candil ubi (yummy.co.id)

Tidak harus berbentuk gorengan, bola-bola ubi pun dapat ditemukan dalam bentuk makanan manis berkuah. Apalagi kalau bukan bubur candil, suatu masakan favorit masyarakat Indonesia untuk menghangatkan tubuh.

Ubi dalam makanan ini akan direbus lalu dicampur tepung tapioka dan dibulatkan. Lalu, adonan dimasak kembali dengan larutan air, gula palm, serta gula pasir. Begitu siap, maka sajikan ubi dengan kuah santan dan pandan yang telah dimasak terpisah.

5. Bola ubi keju

5 Ragam Bola-bola Ubi Populer yang Bikin Ngemil Jadi Susah Berhentiilustrasi bola ubi keju (pexels.com/Tom Adabi)

Masih seputar olahan ubi kekinian, kreasi selanjutnya yang patut dicicipi adalah bola ubi keju. Seperti namanya, keberadaan keju dalam hidangan ini bisa bikin sensasi makanan jadi lebih meleleh.

Cara pembuatannya pun kurang lebih mirip dengan bola-bola ubi cokelat krispi. Namun, kamu hanya perlu mengganti penggunaan cokelat dengan potongan keju mozarella biar santapan jadi variatif.

Bola-bola ubi sering dijadikan camilan menjanjikan oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Adanya lima santapan di atas, diharap bisa menginspirasi kamu dalam berkreasi menggunakan umbi-umbian bercita rasa manis tersebut.

Baca Juga: Resep Hotteok Ubi ala Korea yang Super Nikmat, Dijamin Nagih!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya